Karnivor: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
Mhaekalakbar (bicara | kontrib)
Tidak ada ringkasan suntingan
Baris 1: Baris 1:
[[Berkas:Puz-muz 050206 078 ed.jpg|thumb|Kucing kampung memangsa seekor tikus rumah (''Rattus rattus diardii'')]]
[[Berkas:Puz-muz 050206 078 ed.jpg|thumb|Kucing kampung memangsa seekor tikus rumah (''Rattus rattus diardii'')]]
'''Karnivora''' ('''satwaboga'''<ref name="satwaboga">[http://books.google.com/books?hl=id&id=hVo2ZDYbL6gC&q=antiseptic#v=snippet&q=satwaboga&f=false Kamus Lengkap Indonesia Inggris]. Diambil pada tanggal 1 Juni 2011.</ref>, atau '''maging'''<ref>Istilah ini umum digunakan di Malaysia dan merupakan singkatan dari "pemakan daging"</ref>) adalah hewan yang makanannya kebanyakan adalah daging, baik yang dimakan hidup-hidup atau berasal dari daging hewan yang sudah mati. Kata karnivora berasal dari [[bahasa Latin]] ''carne'' yang berarti [[daging]] dan ''vorare'' yang berarti "memakan"). Kata ini juga dapat digunakan untuk menyebut [[mamalia]] dalam ordo [[Carnivora]] yang pada umumnya sesuai dengan definisi pertama. Karnivora yang memakan [[serangga]] sebagai makanan utamanya disebut [[insektivora]] contonya [[bunglon]] dan [[laba-laba]], sedangkan karnivora yang memakan [[ikan]] sebagai makanan utamanya disebut [[piskivora]] contohnya [[pinguin]],[[anjing laut]],dan [[lumba-lumba]].
'''Karnivor''' ('''satwaboga'''<ref name="satwaboga">[http://books.google.com/books?hl=id&id=hVo2ZDYbL6gC&q=antiseptic#v=snippet&q=satwaboga&f=false Kamus Lengkap Indonesia Inggris]. Diambil pada tanggal 1 Juni 2011.</ref>, atau '''maging'''<ref>Istilah ini umum digunakan di Malaysia dan merupakan singkatan dari "pemakan daging"</ref>) adalah hewan yang makanannya kebanyakan adalah daging, baik yang dimakan hidup-hidup atau berasal dari daging hewan yang sudah mati. Kata karnivor berasal dari [[bahasa Latin]] ''carne'' yang berarti [[daging]] dan ''vorare'' yang berarti "memakan"). Kata ini juga dapat digunakan untuk menyebut [[mamalia]] dalam ordo [[Carnivora]] yang pada umumnya sesuai dengan definisi pertama. Karnivor yang memakan [[serangga]] sebagai makanan utamanya disebut [[insektivora|insektivor]] contonya [[bunglon]] dan [[laba-laba]], sedangkan karnivor yang memakan [[ikan]] sebagai makanan utamanya disebut [[piskivora]] contohnya [[pinguin]],[[anjing laut]],dan [[lumba-lumba]].
Dalam pengertian singkat, Karnivora ialah Organisme yang memakan daging(Pemakan Daging)
Dalam pengertian singkat, Karnivor ialah Organisme yang memakan daging(Pemakan Daging)




== Lihat pula ==
== Lihat pula ==
* [[Herbivora]]
* [[Herbivora|Herbivor]]
* [[Insektivora]]
* [[Insektivora|Insektivor]]
* [[Omnivora]]
* [[Omnivora|Omnivor]]
* [[Daftar genus karnivora]]
* [[Daftar genus karnivora|Daftar genus karnivor]]


{{wikispecies|Carnivora}}
{{wikispecies|Carnivora}}

Revisi per 23 Oktober 2014 07.22

Kucing kampung memangsa seekor tikus rumah (Rattus rattus diardii)

Karnivor (satwaboga[1], atau maging[2]) adalah hewan yang makanannya kebanyakan adalah daging, baik yang dimakan hidup-hidup atau berasal dari daging hewan yang sudah mati. Kata karnivor berasal dari bahasa Latin carne yang berarti daging dan vorare yang berarti "memakan"). Kata ini juga dapat digunakan untuk menyebut mamalia dalam ordo Carnivora yang pada umumnya sesuai dengan definisi pertama. Karnivor yang memakan serangga sebagai makanan utamanya disebut insektivor contonya bunglon dan laba-laba, sedangkan karnivor yang memakan ikan sebagai makanan utamanya disebut piskivora contohnya pinguin,anjing laut,dan lumba-lumba. Dalam pengertian singkat, Karnivor ialah Organisme yang memakan daging(Pemakan Daging)


Lihat pula

Catatan kaki

  1. ^ Kamus Lengkap Indonesia Inggris. Diambil pada tanggal 1 Juni 2011.
  2. ^ Istilah ini umum digunakan di Malaysia dan merupakan singkatan dari "pemakan daging"