Wiracarita: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
Masgatotkaca (bicara | kontrib)
Tidak ada ringkasan suntingan
Masgatotkaca (bicara | kontrib)
kTidak ada ringkasan suntingan
Baris 1: Baris 1:
'''Wiracarita''' ([[Bahasa Sansekerta|Sansekerta]]: वीरचरित) atau disebut pula '''epos''' adalah sejenis karya sastra tradisional yang menceritakan kisah kepahlawanan. Epos seringkali dinyatakan dalam bentuk syair.
'''Wiracarita''' ([[Bahasa Sansekerta|Sansekerta]]: वीरचरित) atau disebut pula '''epos''' adalah sejenis karya sastra tradisional yang menceritakan kisah kepahlawanan (''wira'' berarti pahlawan dan ''carita'' adalah cerita). Epos ini seringkali dinyatakan dalam bentuk syair.


Beberapa epos terkenal adalah [[Ramayana]], [[Mahabharata]], [[Illiad], [[Odysseus]], [[La Chanson de Roland]], [[La Galigo]], dan [[Hikayat Hang Tuah]].
Beberapa contoh epos terkenal adalah [[Ramayana]], [[Mahabharata]], [[Illiad], [[Odysseus]], [[La Chanson de Roland]], [[La Galigo]], dan [[Hikayat Hang Tuah]].


{{sastra-stub}}
{{sastra-stub}}

Revisi per 17 Juni 2007 22.21

Wiracarita (Sansekerta: वीरचरित) atau disebut pula epos adalah sejenis karya sastra tradisional yang menceritakan kisah kepahlawanan (wira berarti pahlawan dan carita adalah cerita). Epos ini seringkali dinyatakan dalam bentuk syair.

Beberapa contoh epos terkenal adalah Ramayana, Mahabharata, [[Illiad], Odysseus, La Chanson de Roland, La Galigo, dan Hikayat Hang Tuah.