Air France–KLM: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
EmausBot (bicara | kontrib)
k Bot: Migrasi 23 pranala interwiki, karena telah disediakan oleh Wikidata pada item d:Q407237
Baris 26: Baris 26:
[[Kategori:Maskapai penerbangan Perancis]]
[[Kategori:Maskapai penerbangan Perancis]]
[[Kategori:Maskapai penerbangan Belanda]]
[[Kategori:Maskapai penerbangan Belanda]]
[[Kategori:Perusahaan yang didirikan tahun 2004]]

Revisi per 17 Agustus 2014 09.06

Air France-KLM Logo
Air France Airbus A320

Armada KLM di Bandar Udara Schiphol, Amsterdam.

Air France-KLM (EuronextAF, OTCQXAFLYY) adalah sebuah perusahaan maskapai penerbangan yang dibentuk di bawah hukum Perancis dan dengan kantor pusat di Bandar Udara Roissy-Charles de Gaulle dekat Paris. Perusahaan ini merupakan perusahaan airline terbesar di dunia dalam pendapatan operasi total, dan ketiga-terbesar dunia dalam penumpang-kilometer. Air France-KLM dibentuk pada 5 Mei 2004 dengan penggabungan antara Air France dan KLM Belanda (pengambilalihan damai KLM oleh Air France). Pada 2005 CEO-nya adalah Jean-Cyril Spinetta, bekas CEO Air France.

Baik Air France dan KLM tetap beroperasi dengan nama mereka masing-masing, berupa anak perusahaan dari Air France-KLM. Namun situasi ini akan berubah pada masa depan.

Pada tahun 2005 total pendapatan operasi Air France-KLM mencapai 19,08 miliar euro (AS$23,98 miliar), dengan keuntungan bersih 351 juta eura (AS$441 juta), sebuah peningkata 20,2% dibanding tahun sebelumnya.[1] Air France-KLM merupakan perusahaan dengan keuntungan terbesar di Eropa, sebagai perbandingan American Airlines mimiliki pendapatan operasi sebesar AS$18,64 miliar, namun mengalami kerugian bersih AS$761 juta [2].


Pranala luar