Blink: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
Baris 141: Baris 141:
* ''BLINKstar'' (2013)
* ''BLINKstar'' (2013)
* ''Ini Cinta (2013)''
* ''Ini Cinta (2013)''
* ''Twitter Dunia (2013)''
* ''Twitter Dunia (2013)
* ''Seindah Biasa (2014) Cipt. Pongki Barata dari album kompilasi [[Pongki Meet the Stars]] (Music Factory Indonesia)
* ''Seindah Biasanya (2014)''
* ''Allahu Akbar (2014)''
* ''Allahu Akbar (2014)


=== Album ===
=== Album ===

Revisi per 27 Juli 2014 04.11

Blink Indonesia
Blink dengan formasi baru (dari kiri: Sivia, Pricilla, Ify, Febby)
Blink dengan formasi baru (dari kiri: Sivia, Pricilla, Ify, Febby)
Informasi latar belakang
Nama lahirBlink
Nama lainBlink Indonesia
Lahir23 Juli 2011 (umur 12)
Indonesia Jakarta, Indonesia
GenrePop, Jazz
PekerjaanPenyanyi, Aktris, Model, Pembicara
InstrumenGitar, Piano
Tahun aktif2011–sekarang
LabelEntri Rajawali Indonesia

Blink atau Blink Indonesia adalah sebuah grup musik yang berbentuk girl band asal Jakarta, Indonesia. Girl band ini beraliran pop (elektro) yang dibentuk pada 23 Juli 2011. Blink kemudian melambung ke puncak kesuksesan setelah membintangi sinetron Putih Abu-Abu pada 2012. Mereka memulai karier dengan mengusung aliran pop dan akhirnya bercampur dengan pop (elektro).

Grup musik ini beranggotakan 4 orang yaitu Agatha Pricilla (Pricilla/Prissy), Alyssa Saufika Umari (Ify), Febby Rastanty (Febby), Sivia Azizah (Sivia/Via) yang berkonsep girl band.[1] Awalnya Blink beranggotakan 5 personel. Namun, saat ini mereka sudah berpisah dengan mantan personilnya yakni Ashilla Zahrantiara (Shilla).

Perjalanan karier

Awal terbentuk

Grup musik ini direncanakan sejak awal 2011 oleh Ibu Yani, ibunda dari Umay, karena melihat banyaknya girl band yang bermunculan pasca serbuan gelombang musik korea. Maka dicarilah relasi terdekat, anak-anak yang punya kualitas diatas rata-rata dan kriteria yang baik, meskipun tetap melalui tahapan audisi. Pada awalnya hanya Ify, Via, dan Shilla yang ditawari untuk membentuk grup musik girl band. Awalnya mereka hanya bertiga, yaitu Shilla, Via dan Ify saja. Namun, karena ingin menambah anggota baru, kemudian diadakan audisi. Masuklah Febby dan Pricilla. Tercatat masing-masing personel memiliki latar belakang menyanyi yang cukup kuat. Shilla, Sivia, dan Ify alumni Idola Cilik Musim Pertama. Febby, yang sempat berolah vokal di Pranajaya. Dan Pricilla, Gadis yang sudah aktif bernyanyi dari panggung ke panggung sejak kecil ini merupakan salah satu dari pemain dari sebuah proyek Musikal Laskar Pelangi .Selain itu, Pricilla juga pernah menjadi juara 1 dalam festival vocal group yang diadakan di San Remo Italia tahun 2008[2][3]

Proyek mereka dalam sinetron Putih Abu-Abu di SCTV bersama Derby Romero, Eza Gionino, Ratna Kharisma Adzana, dan lain-lain. Dalam sinetron tersebut Blink merilis lagu-lagu mereka satu persatu bergantung jalan cerita yang ada, dengan minimal 3 versi pada setiap lagunya, yaitu akustik (live), pop dan pop (elektro)/ Remix, seperti pada lagu About You terdapat beberapa versi termasuk versi akustik gitar (live) yang dibawakan Shilla.[butuh rujukan] Selain itu, Blink juga terlibat penuh sebagai tokoh utama dalam Konser Istimewa Putih Abu-Abu (versi musikal dari sinetron Putih Abu-Abu). Pada Konser Istimewa Putih Abu-Abu Chapter 1, Blink didukung oleh bintang tamu 7icons, SM*SH, Super 9 Boyz, dan lain-lain. Yang mana ditutup dengan lagu pamungkas waktu itu adalah Dag Dig Dug versi Remix. Kemudian pada gelaran Konser Istimewa Putih Abu-Abu Chapter 2, Blink didukung oleh bintang tamu 7icons, Vierra, Dragon Boyz, Cherry Belle, dll dengan lagu penutup konser Sejuta Rasanya. [4]

Pertengahan Karier

Awalnya Blink berada dalam satu manajemen yaitu My Stars Management dengan sub-manajemen yaitu StarSeven Studio & Management yang juga bertindak sebagai komposer lagu-lagu Blink. Sepeninggal Shilla , Blink lebih memilih vocal group style seperti awal kemunculannya. Dan sebagai dedikasi untuk Shilla, Blink pun merilis Best Friend pada episode 144 Putih Abu-Abu Meskipun Shilla hengkang dari Blink dikarenakan dia tidak punya pilihan lain setelah sebelumnya dikeluarkan serta sudah lepas ikatan dari Blink Management (My Stars Management).

Karakteristik dan jenis musik

Pada awal pembentukannya, Blink beraliran pop. Bahkan sampai rilis Dag Dig Dug pun tetap mengusung aliran tersebut. Akan tetapi, setelah Blink masuk dalam proyek Putih Abu-Abu dirasakan satu aliran tidak cukup untuk mengangkat tema yang ada. Maka terjadilah aransemen ulang terhadap Dag Dig Dug atau biasa disebut Dag Dig Du boong itu versi akustik dari lagu-lagu juga dirilis. Dari lagu Andaikan misalnya, versi akustiknya mengadopsi gaya piano ballad-oriented, sedangkan versi pop dikemas lebih ringan. Contoh lainnya versi akustik Takut. Sejuta Rasanya pun demikian, versi akustik piano nya dikemas lebih melodis. Dalam lagu Jatuh Cinta dan Cinta Pertama, Blink mengeksplorasi penggabungan yang menampilkan vokal melodis dan power ballad dengan iringan pop (elektro) yang lebih ringan.

Personel

Berikut adalah para personel Blink: Twitter @NuBlinkOfficial.[5]

Nama Panggung Nama Lahir Posisi Alat Musik
Febby Blink Febriani Rastanty vocal, dancer, actress
Pricilla Blink Agatha Pricilla vocal, dancer, actress Gitar
Sivia Blink Sivia Azizah Special vocal, dancer, actress
Ify Blink' Alyssa Saufika Umari Vocal, Dancer, actress Piano, Keyboard

Alyssa Saufika Umari

Alyssa Saufika Umari atau biasa disebut Ify (lahir 6 Desember 1996) adalah penyanyi Indonesia. Ify dikenal khalayak setelah mengikuti acara pencarian bakat Idola Cilik Musim Pertama.

Pada tahun 2008 ia menjadi finalis program pencarian bakat Idola Cilik Musim Pertama di stasiun televisi RCTI. Ia bertahan hingga 12 besar. Ify adalah anak kedua dari tiga bersaudara, yaikni 1 kakak laki-laki yaitu Eizel Mauldy Muhammad dan 1 adik yaitu Khalif Ali Husain, Awalnya, Ify mulai belajar piano sudah dari usia Taman kanak-kanak. Kemudian menyanyi di Sekolah Musik Farabi (milik Dwiki Dharmawan) dan Elfa's Music School. Sekarang dia menyukai keduanya dan sering tampil bernyanyi sambil bermain piano. Saat ini Ify sudah menginjak bangku Sekolah Menengah Atas di SMA Al-Izhar, Pondok Labu kelas XII.[6]

Sebelum bergabung dengan Blink,

Ify telah memiliki berbagai pengalaman dalam dunia musik seperti mengikuti kontes di idola cilik 1 dan ikut tampil dalam acara java jazz. Selain itu Ify juga pernah terlibat dalam pembuatan sebuah film musikal berjudul "Melody" sebagai pengisi suara bersama dua temannya.

Ia juga bergabung dalam Icil diva dan Super Idola Band, Kelompok musik yang digarap oleh pihak Idola Cilik RCTI.

Pengalaman ify sendiri dalam bermusik sudah tidak bisa diragukan lagi. Bersama Sivia, Bahkan ia tampil bernyanyi dalam acara Ulang Tahun Cucu kesayangan sultan Brunei Darussalam. Dan Berkali - kali tampil di dalam berbagai acara Ke Presidenan.

Kecerdasannya sendiri telah ia buktikan dengan menggarap berbagai lagu karyanya, Dan beberapanya ia nyanyikan bersama Blink seperti Andaikan dan Blinkin.

Selain itu, Ia juga merupakan siswa yang baik dan cerdas karena tetap bisa mempertahankan prestasinya di sekolah walau dengan aktifitasnya yang padat.

Ia juga pernah mengikuti Pertukaran pelajar di Singapura

Sivia Azizah

Sivia Azizah biasa di panggil Sivia/Via adalah seorang penyanyi Indonesia. Ia lahir pada pada (lahir 14 Februari 1997), di Rumah Sakit Ibu Anak Hermina, Jakarta. Sivia awalnya dikenal khalayak setelah membintangi beberapa iklan dan sinetron seperti Bawang Merah Bawang Putih di RCTI.

Sivia Azizah adalah Anak ketiga dari tiga bersaudara yang mempunyai kakak laki-laki bernama Tuhdil Haqiqi dan kakak perempuan bernama Talita Amilia. Saat SMP bersekolah di SMPIT Global Islamic School dan saat ini Sivia sudah menginjak bangku Sekolah Menengah Atas di Global Islamic School kelas XI. Anak dari pasangan suami istri Azwir Anwar dan Desminar Kamal ini pernah mengikuti ajang Idola Cilik Musim Pertama RCTI. Sivia mulai mengenal dunia entertaintment dan dunia tarik suara sejak umur 5 tahun. Sivia kecil yang pemalu di masukan ke Elfa’s Music School oleh Ibundanya. Dalam Elfa’s Music School bakat kemampuan menyanyi Sivia diasah dan juga disanalah Sivia membentuk grup vokal bersama kawan-kawannya yang di beri nama Fortunate Kids dalam Bahasa Indonesia yang berarti Anak-anak Beruntung (arahan Sondang Simarmata) yang beranggotakan dirinya dan juga KIKI Coboy Junior ini pernah memenangkan AMI Awards tahun 2011. Tahun 2006 Sivia bersama teman-temannya di Elfa's Music School mengisi Amway Voices.

Iklan
Filmografi

Agatha Pricilla

Agatha Pricilla atau biasa disapa Pricilla/Pricill adalah personel Blink yang (lahir 30 September 1997). Ia adalah anak dari pasangan Adriana Elisabeth dan Soekamto. Pricilla yang berdarah Manado, Jawa dan Belanda juga memiliki seorang saudara perempuan yang bernama Alexandra Ancilla yang biasa ia sapa Kak Sandra. Saat ini, Pricill sudah menginjak Sekolah Menengah Atas SMA Pangudi Luhur 1 Jakarta kelas XI.

Pricilla pernah meraih juara 1 vokal grup di Sanremo Italia tahun 2008. Dia juga sempat berpartisipasi dalam operet Bobo dan main drama Musikal Laskar Pelangi. Pricilla juga aktif di marching band sekolahnya sebagai mayoret (sekarang berhenti). Saat ini, Pricill bermain dalam Sinetron Diam Diam Suka di SCTV bersama Dimas Anggara, Audi Marissa, Naomi Zaskia, Derby Romero, juga Blink, dan lain-lain. Ia berperan dengan nama Princess, ketua geng The Johitz.

Febby Rastanty

Febby Rastanty atau biasa disapa Febby merupakan salah satu personel Blink yang (lahir 1 Februari 1996). Untuk soal menyanyi, Febby memang kurang berpengalaman di grup dibandingkan yang lain. Dia lebih dikenal sebagai aktris yang seringkali menghiasi layar kaca TV Indonesia dengan bermain di berbagai FTV dan juga sinetron, seperti Eneng dan Kaos Kaki Ajaib, Putri Simelekete, dan lain-lain.

Diskografi

Singel

  • Sendiri Lagi (2011) - Cipt. Andi/Alosh Beage
  • Dag Dig Dug/Putih Abu Abu (2011) / OST. Sinetron Putih Abu-Abu - Cipt. Shelly Puspita
  • About You (2012) - Cipt. Shelly Puspita
  • Andaikan (2012) - Cipt. Ify Blink (Alyssa Saufika Umari)
  • Takut (2012) - Cipt. Shelly Puspita
  • Sejuta Rasanya (2012) - Cipt. Willy 'Bonus' dari album Life Bonus
  • Jatuh Cinta (2012) - Cipt. Pika 'Airplay' (Pika Andharu)
  • Cinta Pertama (2012) - Cipt. Pika 'Airplay' (Pika Andharu)
  • Best Friend (2012) - Cipt. Pika 'Airplay' (Pika Andharu), didedikasikan khusus untuk Shilla
  • Blinkin (2012) - Cipt. Ify Blink (Alyssa Saufika Umari)
  • Salamun Alaik (2012) - Cipt. Tendy Yanuarman
  • Oh My God(OMG) (2012) - Cipt. Meltho (Pasto)
  • Hellow Mellow (2012) - Cipt. Meltho (Pasto)
  • Ga Tahan Lagi (2012) - Cipt. Tendy Yanuarman
  • Semakin Gila (2012) - Cipt. Meltho (Pasto)
  • Pacar Pertama (2012)
  • Jatuh Cinta Lagi (2012)
  • Love You Kamu (2013)
  • That's My Boy (2013)
  • CLBK (2013)
  • Rindu (2013)
  • Setia (2013)
  • BLINKstar (2013)
  • Ini Cinta (2013)
  • Twitter Dunia (2013)
  • Seindah Biasa (2014) Cipt. Pongki Barata dari album kompilasi Pongki Meet the Stars (Music Factory Indonesia)
  • Allahu Akbar (2014)

Album

Videografi

Video musik

  • Sendiri Lagi (2011)
  • Hellow Mellow (2013)

Drama & Filmografi

Sinetron/Serial

Tahun Judul Episode Produksi
2012 Putih Abu-Abu 231 episodes Screenplay Productions (SCTV)
2013 Putih Abu-Abu 2 38 episodes Screenplay Productions (SCTV)
2013-2014 Diam-Diam Suka (sinetron) 200 episode s/d 8 Juni 2014 & Masih Tayang Screenplay Productions (SCTV)

FTV/Drama pendek

Tahun Judul Bersama Produksi
2013 Pacarku SuperStar Derby Romero Screenplay Productions (SCTV)
2013 Indahnya Cinta Pertama Boy William Screenplay Productions (SCTV)

Nominasi dan Penghargaan

Tahun Penghargaan Kategori Hasil
2011 Inbox Awards 2011 Girl band Pendatang Baru Paling Inbox (Ter-Inbox) Nominasi
2012 Dahsyatnya Awards 2012 Girl band Terdahsyat Nominasi
Indonesia Kids' Choice Awards 2012 Girl band Terfavorit Nominasi
2012 Inbox Awards 2012 Pendatang Baru Paling Inbox (Ter-Inbox) Menang

Referensi

Pranala luar