Anti Corruption Film Festival: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
Monsieur Tz (bicara | kontrib)
←Membuat halaman berisi '{{Infobox film festival | name = Anti Corruption Film Festival (ACFFest) | date = Desember | location = Indonesia | website = {{url|http://ww...'
 
Monsieur Tz (bicara | kontrib)
kTidak ada ringkasan suntingan
Baris 4: Baris 4:
| location = [[Indonesia]]
| location = [[Indonesia]]
| website = {{url|http://www.acffest.org/}}
| website = {{url|http://www.acffest.org/}}
|image = Logo ACFFEST.png}}
}}


'''Anti Corruption Film Festival''' (ACFFest) adalah sebuah ajang apresiasi terhadap bakat-bakat baru di dunia industri kreatif. ACFFest digagas oleh [[Komisi Anti Korupsi]] ([[KPK]]), USAID dan Management Systems International (MSI) bertujuan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat mengenai anti korupsi. Kegiatan ini diharapkan menggugah kesadaran masyarakat akan dampak korupsi, meningkatkan gerakan anti-korupsi, menanamkan perilaku anti korupsi, mendorong partisipasi masyarakat untuk turut serta dalam pemberantasan korupsi, serta dalam rangka membangun kampanye,pendidikan dan gerakan anti korupsi melalui industri kreatif, khususnya media film.
'''Anti Corruption Film Festival''' (ACFFest) adalah sebuah ajang apresiasi terhadap bakat-bakat baru di dunia industri kreatif. ACFFest digagas oleh [[Komisi Anti Korupsi]] ([[KPK]]), USAID dan Management Systems International (MSI) bertujuan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat mengenai anti korupsi. Kegiatan ini diharapkan menggugah kesadaran masyarakat akan dampak korupsi, meningkatkan gerakan anti-korupsi, menanamkan perilaku anti korupsi, mendorong partisipasi masyarakat untuk turut serta dalam pemberantasan korupsi, serta dalam rangka membangun kampanye,pendidikan dan gerakan anti korupsi melalui industri kreatif, khususnya media film.

Revisi per 11 Juli 2014 03.27

Anti Corruption Film Festival (ACFFest)
Berkas:Logo ACFFEST.png
LokasiIndonesia
Tanggal festivalDesember
[www.acffest.org Situs web resmi]

Anti Corruption Film Festival (ACFFest) adalah sebuah ajang apresiasi terhadap bakat-bakat baru di dunia industri kreatif. ACFFest digagas oleh Komisi Anti Korupsi (KPK), USAID dan Management Systems International (MSI) bertujuan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat mengenai anti korupsi. Kegiatan ini diharapkan menggugah kesadaran masyarakat akan dampak korupsi, meningkatkan gerakan anti-korupsi, menanamkan perilaku anti korupsi, mendorong partisipasi masyarakat untuk turut serta dalam pemberantasan korupsi, serta dalam rangka membangun kampanye,pendidikan dan gerakan anti korupsi melalui industri kreatif, khususnya media film.

Penyelenggaraan ACFFest pertama kali diadakan pada tahun 2013, serta memiliki konsep yang menggabungkan antara kompetisi dan pemutaran.

ACFFest 2013 diselenggarakan oleh KPK bekerja sama dengan Management Systems International (MSI) akan dilaksanakan secara serempak pada sejumlah kota di Indonesia, antara lain Jakarta, Padang Panjang, Malang, Balikpapan dan Palu. Pada tahun pertama pelaksanaannya, ACFFest 2013 akan diadakan pada tanggal 9 – 12 Desember 2013 dalam rangka memperingati Hari Anti Korupsi Internasional (International Anti-corruption Day). Ajang ini ideal bagi filmmakers, pelajar, komunitas dan masyarakat umum untuk menyebarluaskan pesan anti korupsi yang kuat melalui karya mereka.[1]

ACCFest rencananya akan menjadi ajang tahunan. Penyelenggaraan ACFFest tahun kedua mulai digelar pada bulan Mei 2014, yang ditandai dengan dibukanya pendaftaran terhadap karya-karya yang ingin berpartisipasi.

Pengelenggaraan puncak ACFFest tahun 2014 diadakan bertepatan dengan peringatan Hari Anti Korupsi Internasional (HAKI) yang diadakan di Yogyakarta pada 9-11 Desember 2012. Pengumuman pemenang dan malam penganugerahan ACFFest 2014 akan diadakan pada tanggal 11 Desember 2014 di Yogyakarta.

ACCFest 2013

Anti-Corruption Film Festival (ACFFest) 2013 adalah festival film di Indonesia yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat mengenai anti korupsi. Kegiatan ini diharapkan menggugah kesadaran masyarakat akan dampak korupsi, meningkatkan gerakan anti-korupsi, menanamkan perilaku anti korupsi, mendorong partisipasi masyarakat untuk turut serta dalam pemberantasan korupsi, serta dalam rangka membangun kampanye, pendidikan dan gerakan anti korupsi melalui media film.

ACFFest 2013 diselenggarakan oleh KPK bekerja sama dengan Management Systems International (MSI) akan dilaksanakan secara serempak pada sejumlah kota di Indonesia, antara lain Jakarta, Padang Panjang, Malang, Balikpapan dan Palu. Pada tahun pertama pelaksanaannya, ACFFest 2013 akan diadakan pada tanggal 9 – 12 Desember 2013 dalam rangka memperingati Hari Anti Korupsi Internasional (International Anti-corruption Day). Ajang ini ideal bagi filmmakers, pelajar, komunitas dan masyarakat umum untuk menyebarluaskan pesan anti korupsi yang kuat melalui karya mereka.

Pada penyelenggaraan edisi pertama ini, panitia ACFFest menerima total 181 film dari tujuh kategori film yang dilombakan, yaitu film fiksi panjang, film fiksi pendek, film dokumenter panjang, film dokumenter pendek, film animasi, games animasi dan kategori khusus/citizen journalism.

Tim juri sendiri berjumalah 13 orang yang terdiri atas perwakilan KPK, para sineas dan pekerja seni lainnya, di antaranya adalah Tino Saroenggalo, Jajang C. Noer, Ine Febriyanti, Lola Amaria, Wahyu Aditya, Tenten Masduki, Emil Heradi, Hanitianto Joedo dan Gustaf Hariman Iskandar. Mereka telah melakukan seleksi tahap pertama sejak ditutupnya pendaftaran film yang berlangsung dari 23 November hingga 2 Desember 2013.

Hasilnya, sebanyak 45 film dinyatakan lolos penjurian tahap pertama, terdiri dari 6 film untuk kategori film fiksi pendek umum, 4 film fiksi pendek pelajar, 3 film fiksi panjang umum, 5 film dokumenter pendek pelajar, 4 film dokumenter pendek umum, 4 film dokumenter panjang umum, 5 film pendek animasi pelajar, 6 film pendek animasi umum, 4 games animasi umum dan 4 games animasi pelajar. Seluruh film tersebut akan diputar di lima kota, yaitu Jakarta, Malang, Palu, Balikpapan dan Padang Panjang, dimulai tepat pada hari antikorupsi sedunia, 9 Desember hingga 13 Desember 2013. Sebagai puncak acara, akan diadakan malam penganugrahan (awarding night) yang diadakan di Jakarta pada 14 Desember 2013.[2]

ACCFest 2014

ACFFest 2014 hadir dengan taglineFace Fact, Act Today”, yang menjadiruhdansemangat festival. “Face Fact, Act Today” ditujukan sebagai jargon baru bagi anak muda agar berani menghadapi berbagai fakta dan beraksi menanganinya dengan bertanggungjawab, tanpa mengesampingkan sisi kreatif.

ACFFest akan menggelar roadshow di 10 kota mulai tanggal 27 Agustus hingga 23 September 201, yang meliputi Jakarta, Bandung, Palembang, Yogyakarta, Purbalingga, Malang, Denpasar, Mataram, Makassar dan Manado.

Di edisi keduanya tahun ini, ACFFest kembali membuka kompetisi bagi para insan kreatif, yang terbagi dalam beberapa kategori :

1. Film FiksiPendek( berdurasi maksimum 30 menit), terbagi atas dua kategori :

         -   Pelajar
         -   Umum

2. Film DokumenterPendek (berdurasi maksimum 30 menit), terbagi atas dua kategori

         -   Pelajar
         -   Umum

3. Video JurnalismeWarga (Citizen Journalism) berdurasimaksimum 5 menit, untuk kategori:

         -  Umum

4. Film AnimasiPendekberdurasimaksimum 30 menit, untuk kategori

         -  Umum

Regulasi Kompetisi ACFFest 2014

1. Pendaftaran dibuka mulai anggal 20 Mei – 31 Oktober 2014. 2. Kompetisi ACFFest 2014 diperuntukkan bagi Warga Negara Indonesia (WNI). 3. Karya yang dapat diikutsertakan dalam ACFFest 2014 mengandung nilai-nilai tentang ;Kepedulian, Keadilan, Kemandirian, Tanggungjawab, KerjaKeras, Kesederhanaan, Keberanian dan memiliki muatan pesan anti-korupsi yang kuat.

4. Film Fiksi Pendek, Dokumenter Pendek, dan Animasi Pendek yang diikutsertakan dalam kompetisi ACFFest 2014 diproduksi mulai 1 Januari 2013 sampai dengan 31 Oktober 2014 dengan durasi maksimal 30 menit, sudah termasuk credit title.

5. Video Citizen Journalism yang diikutsertakan dalam kompetisi ACFFest 2014 diproduksi mulai 1 Januari 2013 sampai dengan 31 Oktober 2014 dengan durasi maksimal 5 menit.

6. Film dan video yang diikutsertakan dalam Kompetisi ACFFest 2014 wajib menyertakan subtitle Bahasa Indonesia bila terdapat muatan dialog bahasa daerah.

7. Formulir pendaftaran Kompetisi ACFFest 2014 dapat diunduh melalui website www.acffest.org

8. Peserta wajib mengisi dan mengirimkan hardcopy formulir endaftaran, fotokopi Tanda Pengenal yang berlaku (KTP/SIM/KartuPelajar/KartuMahasiswa), foto cuplikan film/video (still photo) minimal 3 buah pada CD (setiap still photo beresolusi minimal 300 dpi), 2 buah DVD file film/video dengan format (.mp4, .aviatau .mov), serta menyertakan sinopsis film ke alamat:

Panitia Anti-Corruption Film Festival (ACFFest) 2014 MSI – Strengthening Integrity and Accountability Program (SIAP – 1) Wirausaha Building 6th Floor Suite 602 Jl. H. R. Rasuna Said, Kav. C – 5, Jakarta, 12940 Phone: +62 21 5213110 Fax: +62 21 5213109

9. Film dan video yang lolos seleksi akan dihubungi oleh panitia pelaksana ACFFest 2014, serta diumumkan pada website www.acffest.org, twitter @ACFFest ,fan page Facebook www.facebook/com/ACFFest dan Konferensi Pers ACFFest 2014.

10. Peserta akan mendapat konfirmasi melalui e-mail apabila materi film dan berkas telah diterima oleh panitia ACFFest.

11. Pendaftaran tidak dipungut biaya. Peserta ACFFest 2014 bertanggung jawab sepenuhnya dengan pengiriman. ACFFest tidak menyediakan biaya pengganti pengiriman film ataupun screening fee. DVD yang telah dikirimkan tidak dikembalikan lagi, melainkan menjadi milik panitia. Panitia penyelenggara tidak bertanggung jawab atas keterlambatan, kehilangan ataupun kerusakan berkas yang dikirim oleh peserta.

12. Batas waktu penerimaan pendaftaran materi film adalah sampai tanggal 31 Oktober 2014 pukul 18.00 WIB (cap pos).

Informasi lebih lengkap mengenai ACFFest 2014 dapat menghubungi panitia via e-mail di info@acffest.org.[3]

Referensi