Imam (Islam): Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
EmausBot (bicara | kontrib)
k Bot: Migrasi 59 pranala interwiki, karena telah disediakan oleh Wikidata pada item d:Q125482
SkullSplitter (bicara | kontrib)
Tidak ada ringkasan suntingan
Baris 1: Baris 1:
{{Ushul fiqih}}
{{Ushul fiqih}}
'''Imam''' ([[Bahasa Arab]] <big><big> إمام </big></big> '''Imām''') adalah [[pemimpin]] komunitas agama Islam. Pemimpin [[Islam]] dan [[hirarki]] kepemimpinannya disebut [[Imamah]]. Dalam Islam adanya ''Imam'' dan ''Imamah'' adalah suatu keharusan. Dikalangan [[Sunni]], kalimat imam sinonim dengan kalimat [[Khalifah|Khalīfah]].<Ref>[http://www.britannica.com/EBchecked/topic/283354/imam]</ref> Dalam berbagai keadaan kalimat Imam juga bisa berarti pemimpin Salat berjamaah sehari-hari.
'''Imam''' ([[Bahasa Arab]] <big><big> إمام </big></big> '''Imām''') adalah sebuah posisi [[kepemimpinan|pemimpin]] dalam agama [[Islam]]. Dikalangan [[Sunni]], kalimat imam sinonim dengan kalimat [[Khalifah|Khalīfah]].<Ref>[http://www.britannica.com/EBchecked/topic/283354/imam]</ref> Dalam berbagai keadaan kalimat imam juga bisa berarti pemimpin [[salat]] berjamaah dan kalimat imam juga bisa digunakan untuk gelar para [[ilmuwan]] agama Islam terkenal.


==Sunni==
Tanpa hal itu Islam tidak dapat disebut sebagai sebuah [[agama]], karena agama mutlak harus memiliki imamah. {{fact}} Dalam Islam juga dikenal [[Khalifah|Khilafah]] {{fact}} di mana umat islam secara keseluruhan harus berada di dalam suatu kepemimpinan tunggal{{fact}}. Dan inilah juga salah satu aplikasi dari [[Tauhid]].
{{Sect-stub}}
<!-- ******
{{Main|Khalifah}}
* [[Imam Abu Hanifah]]
* [[Imam Malik]]
* [[Imam Syafi'i]]
* [[Imam Ahmad bin Hanbal]]
-->


==Syi'ah==
Istilah Imam yang berkaitan dengan kepemimpinan [[umat]] pertama kali disandang oleh Imam Ali, menurut kepercayaan Syi'ah. Ali adalah putra [[Abu Thalib]], paman Rasulullah Muhammad SAW. Selanjutnya, imamah dipegang oleh para putra Ali seperti dibawah ini. Golongan yang mengimani 12 imam ini disebut Syi'ah Rafidhah/Syi'ah Itsna 'Asyariyah.
{{Main|Imamah}}
Istilah Imam yang berkaitan dengan kepemimpinan umat pertama kali disandang oleh Imam Ali, menurut kepercayaan Syi'ah. Ali adalah putra [[Abu Thalib]], paman Rasulullah Muhammad SAW. Selanjutnya, imamah dipegang oleh para putra Ali seperti dibawah ini. Golongan yang mengimani 12 imam ini disebut Syi'ah Rafidhah/Syi'ah Itsna 'Asyariyah.
* [[Hasan bin Ali]]
* [[Hasan bin Ali]]
* [[Husain bin Ali]]
* [[Husain bin Ali]]
Baris 16: Baris 26:
* [[Hasan bin Ali]]
* [[Hasan bin Ali]]
* [[Muhammad bin Hasan]]
* [[Muhammad bin Hasan]]

==Lihat pula==
[[Imam Mahdi]]


== Referensi ==
== Referensi ==
Baris 21: Baris 34:


== Pranala Luar ==
== Pranala Luar ==
* [http://kabarislamia.com/2012/02/11/mengenal-imam-hanafi-imam-malik-imam-syafii-dan-imam-hambali/ Mengenal Imam Hanafi, Imam Malik, Imam Syafi'i dan Imam Hambali di KabarIslam.com]
* [http://www.britannica.com/EBchecked/topic/283354/imam Pengertian Imam di Britannica]
* [http://www.britannica.com/EBchecked/topic/283354/imam Pengertian Imam di Britannica]



Revisi per 27 Juni 2014 07.30

Imam (Bahasa Arab إمام Imām) adalah sebuah posisi pemimpin dalam agama Islam. Dikalangan Sunni, kalimat imam sinonim dengan kalimat Khalīfah.[1] Dalam berbagai keadaan kalimat imam juga bisa berarti pemimpin salat berjamaah dan kalimat imam juga bisa digunakan untuk gelar para ilmuwan agama Islam terkenal.

Sunni


Syi'ah

Istilah Imam yang berkaitan dengan kepemimpinan umat pertama kali disandang oleh Imam Ali, menurut kepercayaan Syi'ah. Ali adalah putra Abu Thalib, paman Rasulullah Muhammad SAW. Selanjutnya, imamah dipegang oleh para putra Ali seperti dibawah ini. Golongan yang mengimani 12 imam ini disebut Syi'ah Rafidhah/Syi'ah Itsna 'Asyariyah.

Lihat pula

Imam Mahdi

Referensi

  1. ^ [1]

Pranala Luar