Baja nirkarat: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
Hanamanteo (bicara | kontrib)
k Membatalkan 2 suntingan oleh 118.96.171.125 (pembicaraan). (TW)
Hanamanteo (bicara | kontrib)
Tidak ada ringkasan suntingan
Baris 1: Baris 1:
'''Baja tahan karat''' atau lebih dikenal dengan '''''Stainless Steel''''' adalah senyawa [[besi]] yang mengandung setidaknya 10,5% [[Kromium]] untuk mencegah proses '''[[korosi]]''' (pengkaratan logam). Kemampuan tahan karat diperoleh dari terbentuknya lapisan film [[oksida]] Kromium, dimana lapisan oksida ini menghalangi proses oksidasi besi (Ferum).
'''Baja tahan karat''' atau lebih dikenal dengan ''stainless steel'' adalah senyawa [[besi]] yang mengandung setidaknya 10,5% [[Kromium]] untuk mencegah proses [[korosi]] (pengkaratan logam). Kemampuan tahan karat diperoleh dari terbentuknya lapisan film [[oksida]] Kromium, dimana lapisan oksida ini menghalangi proses oksidasi besi (Ferum).


== Klasifikasi ==
== Klasifikasi ==
# '''12-14% Kromium(Cr)''', dimana sifat mekanik bajanya sangat tergantung dari kandungan unsur karbon (C).
# 12-14% kromium(Cr), dimana sifat mekanik bajanya sangat tergantung dari kandungan unsur karbon (C).
# '''Baja dengan pengerasan lanjut''', 10-12% Kromium(Cr), 0.12% Karbon (C) dengan sedikit tambahan unsur-unsur Mo, V, Nb, Ni dengan kekuatan tekanan mencapai 927 Mpa dipergunakan untuk bilah [[turbin gas]].
# Baja dengan pengerasan lanjut, 10-12% Kromium(Cr), 0.12% Karbon (C) dengan sedikit tambahan unsur-unsur Mo, V, Nb, Ni dengan kekuatan tekanan mencapai 927 Mpa dipergunakan untuk bilah [[turbin gas]].
# '''[http://www.karyasteel.com/portfolio.html Baja Kromium] tinggi''', 17%Cr, 2,5% Ni. Memiliki ketahanan korosi yang sangat tinggi. Dipergunakan untuk poros [[pompa]], katup dan fitting yang bekerja pada tekanan dan temperatur tinggi tetapi tidak cocok untuk kondisi asam.
# Baja kromium tinggi, 17%Cr, 2,5% Ni. Memiliki ketahanan korosi yang sangat tinggi. Dipergunakan untuk poros [[pompa]], katup dan fitting yang bekerja pada tekanan dan temperatur tinggi tetapi tidak cocok untuk kondisi asam.
# '''magnet tidak dapat menempel pada bahan stainless steel
# Magnet tidak dapat menempel pada bahan ''stainless steel''.

{{kimia-stub}}
{{kimia-stub}}



Revisi per 27 Juni 2014 07.11

Baja tahan karat atau lebih dikenal dengan stainless steel adalah senyawa besi yang mengandung setidaknya 10,5% Kromium untuk mencegah proses korosi (pengkaratan logam). Kemampuan tahan karat diperoleh dari terbentuknya lapisan film oksida Kromium, dimana lapisan oksida ini menghalangi proses oksidasi besi (Ferum).

Klasifikasi

  1. 12-14% kromium(Cr), dimana sifat mekanik bajanya sangat tergantung dari kandungan unsur karbon (C).
  2. Baja dengan pengerasan lanjut, 10-12% Kromium(Cr), 0.12% Karbon (C) dengan sedikit tambahan unsur-unsur Mo, V, Nb, Ni dengan kekuatan tekanan mencapai 927 Mpa dipergunakan untuk bilah turbin gas.
  3. Baja kromium tinggi, 17%Cr, 2,5% Ni. Memiliki ketahanan korosi yang sangat tinggi. Dipergunakan untuk poros pompa, katup dan fitting yang bekerja pada tekanan dan temperatur tinggi tetapi tidak cocok untuk kondisi asam.
  4. Magnet tidak dapat menempel pada bahan stainless steel.