Bushido: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
Tidak ada ringkasan suntingan
Bthohar (bicara | kontrib)
k added citation from En WP
Baris 1: Baris 1:
{{untuk|rapper Jerman|Bushido (rapper)}}
{{untuk|rapper Jerman|Bushido (rapper)}}
'''Bushido''' ([[Kanji]]: 武士道 "tatacara ksatria") adalah sebuah [[kode etik]] kepahlawanan golongan [[Samurai]] dalam [[feodalisme]] [[Jepang]]. Samurai sendiri adalah sebuah strata sosial penting dalam tatanan masyarakat feodalisme Jepang. Secara resmi, Bushido dikumandangkan dalam bentuk etika sejak zaman [[Shogun Tokugawa]].Makna bushido itu sendiri adalah sikap rela mati demi negara/kerajaan dan kaisar. Biasanya para samurai dan Shogun rela mempartaruhkan nyawa demi itu,jika ia gagal,ia akan melakukan seppuku (harakiri).Bushido sudah dilakukan pada saat perang dunia II, yaitu menjadi prajurit berani mati.
'''Bushido''' ([[Kanji]]: 武士道 "tatacara ksatria") adalah sebuah [[kode etik]] keksatriaan golongan [[Samurai]] dalam [[feodalisme]] [[Jepang]]. Samurai sendiri adalah sebuah strata sosial penting dalam tatanan masyarakat feodalisme Jepang. Secara resmi, Bushido dikumandangkan dalam bentuk etika sejak zaman [[Shogun Tokugawa]].<ref>"Japanese Feudal Laws." John Carey Hall, ''The Tokugawa Legislation'', (Yokohama, 1910), hal. 286-319.</ref> Makna bushido itu sendiri adalah sikap rela mati demi negara/kerajaan dan kaisar. Biasanya para samurai dan Shogun rela mempartaruhkan nyawa demi itu, Jika gagal, ia akan melakukan seppuku (harakiri). Bushido sudah dilakukan pada saat perang dunia II, yaitu menjadi prajurit berani mati.


== Rujukan ==
<references />
{{jepang-stub}}
{{jepang-stub}}



Revisi per 25 Juni 2014 06.37

Bushido (Kanji: 武士道 "tatacara ksatria") adalah sebuah kode etik keksatriaan golongan Samurai dalam feodalisme Jepang. Samurai sendiri adalah sebuah strata sosial penting dalam tatanan masyarakat feodalisme Jepang. Secara resmi, Bushido dikumandangkan dalam bentuk etika sejak zaman Shogun Tokugawa.[1] Makna bushido itu sendiri adalah sikap rela mati demi negara/kerajaan dan kaisar. Biasanya para samurai dan Shogun rela mempartaruhkan nyawa demi itu, Jika gagal, ia akan melakukan seppuku (harakiri). Bushido sudah dilakukan pada saat perang dunia II, yaitu menjadi prajurit berani mati.

Rujukan

  1. ^ "Japanese Feudal Laws." John Carey Hall, The Tokugawa Legislation, (Yokohama, 1910), hal. 286-319.