Batalyon Kavaleri 2: Perbedaan revisi

Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
7 bita dihapus ,  6 tahun yang lalu
tidak ada ringkasan suntingan
 
== Sejarah ==
Sejarah terbentuknya [[Batalyon Kavaleri]] 2/Turangga Ceta diawali peristiwa [[31 Desember]] [[1949]], yakni persitiwa penyerahan kedaulatan RI dari Pemerintah Belanda, semua peralatan tempur seperti tank dan panser yang ada di [[Jawa Tengah]] diserahkan kepada Panglima Divisi III Teritorium IV [[Kolonel]] [[Gatot Subroto]]. Pada Februari 1950, Lettu A [[Hasan S.]] ditunjuk untuk menyusun Pasukan Berlapis Baja yang berada di bawah komando dan terbentuk pada [[4 April]] [[1950]], yang kemudian diperingati sebagai HUT [[Yonkav 2/Turangga Ceta]].
 
Sejarah kelahiran Yonkav 2/Tank yang sekarang berdislokasiberlokasi di Ambarawa Jawa Tengah, tidak terlepas dari sejarah Bangsa Indonesia khususnya sejarah perjuangan TNI AD melawan penjajah di Jawa Tengah dan di Yogyakarta serta merupakan bagian dari sejarah kelahiran Korps Kavaleri TNI AD dan sejarah kelahiran Kodam IV/Diponegoro.
 
Markas Batalyon di [[Ambarawa, Semarang|Ambarawa]] terdiri atas 1 Kompi Markas (Kima) dan 3 Kompi Penyerbu (Kibu 21, 22, 23), serta Ton 3 dan Ton Pandu Kiser 24. Satu kompi panser (Kiser 24) berkedudukan di Demak Ijo, Gamping, Sleman, Yogyakarta.<ref name="Sejarah Satuan">[http://www.yonkav2tank.mil.id/statis-16-sejarah-satuan.html Sejarah Satuan Yonkav 2/Tank] yonkav2tank.mil.id</ref>
1.340

suntingan

Menu navigasi