Hanns Eisler: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
BP62Stevanus (bicara | kontrib)
Tidak ada ringkasan suntingan
Tag: BP2014
BP62Stevanus (bicara | kontrib)
Tidak ada ringkasan suntingan
Tag: BP2014
Baris 1: Baris 1:
'''Hanns Eisler''' (1898-1962) adalah sebuah komponis [[Jerman]] yang menganut paham [[Komunisme]]. Eisler adalah salah satu dari sedikit musisi yang aktif berkarya di [[Jerman Timur]], pasca [[Perang Dunia II]]. Eisler juga berkontribusi sebagai komponis lagu kebangsaan Jerman Timur. Pada tahun [[1920]] dia merupakan seorang murid dari musisi [[Arnold Schoenberg]]. Kemudian, setelah berpisah dari gurunya, dia berkelana dari [[Vienna]] hingga [[Berlin]] sembari menciptakan karya seni terpolitisasi. Pada tahun [[1930]], Eisler memulai kolaborasi dengan pujangga berhaluan [[Marxisme]], [[Bertolt Brecht]]. Pada tahun [[1933]], ketika partai [[Nazi]] berkuasa, musik Eisler dilarang dan beliau dipaksa untuk mengasingkan diri. Dalam masa pegasingan, Eisler berkelana ke [[Denmark]], [[Spanyol]], dan [[Meksiko]], sebelum akhirnya menetap bersama rekannya (Bertolt Brecht) di [[Hollywood]], [[Amerika Serikat]]. Pada tahun [[1950]], Eisler dan Brecht di[[deportasi]] ke Jerman Timur, dan disana ia terus berkarya sebagai musisi sambil menghabiskan sisa hidupnya.
'''Hanns Eisler''' (1898-1962) adalah sebuah komponis [[Jerman]] yang menganut paham [[Komunisme]]. Eisler mempunyai karya musik yang terkenal berbau ideologi Komunisme. Eisler adalah salah satu dari sedikit musisi yang aktif berkarya di [[Jerman Timur]], pasca [[Perang Dunia II]]. Lebih jauh lagi, Eisler juga berkontribusi sebagai komponis lagu kebangsaan Jerman Timur. Pada tahun [[1920]] dia merupakan seorang murid dari musisi [[Arnold Schoenberg]]. Kemudian, setelah berpisah dari gurunya, dia berkelana dari [[Vienna]] hingga [[Berlin]] sembari menciptakan karya seni terpolitisasi. Pada tahun [[1930]], Eisler memulai kolaborasi dengan pujangga berhaluan [[Marxisme]], [[Bertolt Brecht]]. Pada tahun [[1933]], ketika partai [[Nazi]] berkuasa, musik Eisler dilarang dan beliau dipaksa untuk mengasingkan diri. Dalam masa pegasingan, Eisler berkelana ke [[Denmark]], [[Spanyol]], dan [[Meksiko]], sebelum akhirnya menetap bersama rekannya (Bertolt Brecht) di [[Hollywood]], [[Amerika Serikat]]. Pada tahun [[1950]], Eisler dan Brecht di[[deportasi]] ke Jerman Timur, dan disana ia terus berkarya sebagai musisi sambil menghabiskan sisa hidupnya.

Revisi per 29 Mei 2014 13.54

Hanns Eisler (1898-1962) adalah sebuah komponis Jerman yang menganut paham Komunisme. Eisler mempunyai karya musik yang terkenal berbau ideologi Komunisme. Eisler adalah salah satu dari sedikit musisi yang aktif berkarya di Jerman Timur, pasca Perang Dunia II. Lebih jauh lagi, Eisler juga berkontribusi sebagai komponis lagu kebangsaan Jerman Timur. Pada tahun 1920 dia merupakan seorang murid dari musisi Arnold Schoenberg. Kemudian, setelah berpisah dari gurunya, dia berkelana dari Vienna hingga Berlin sembari menciptakan karya seni terpolitisasi. Pada tahun 1930, Eisler memulai kolaborasi dengan pujangga berhaluan Marxisme, Bertolt Brecht. Pada tahun 1933, ketika partai Nazi berkuasa, musik Eisler dilarang dan beliau dipaksa untuk mengasingkan diri. Dalam masa pegasingan, Eisler berkelana ke Denmark, Spanyol, dan Meksiko, sebelum akhirnya menetap bersama rekannya (Bertolt Brecht) di Hollywood, Amerika Serikat. Pada tahun 1950, Eisler dan Brecht dideportasi ke Jerman Timur, dan disana ia terus berkarya sebagai musisi sambil menghabiskan sisa hidupnya.