Sistem peredaran darah: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
←Mengganti halaman dengan 'sistem peredaran darah itu.... alah kepo amet lu -_- hacked by uud :v'
Baris 1: Baris 1:
sistem peredaran darah itu....
[[Berkas:Grafik blutkreislauf.jpg|thumb|Sistem peredaran darah manusia, pembuluh nadi (arteri) berwarna merah dan pembuluh balik (vena) berwarna biru.]]
alah kepo amet lu -_-
'''Sistem peredaran darah''' atau '''sistem kardiovaskular''' adalah suatu sistem [[organ (anatomi)|organ]] yang berfungsi memindahkan zat ke dan dari [[sel]]. Sistem ini juga menolong stabilisasi suhu dan pH tubuh (bagian dari [[homeostasis]]).


hacked by uud :v
Ada dua jenis sistem peredaran darah: sistem peredaran darah terbuka, dan sistem peredaran darah tertutup. sistem peredaran darah, yang merupakan juga bagian dari kinerja [[jantung]] dan jaringan pembuluh darah (sistem kardiovaskuler) dibentuk.
Sistem ini menjamin kelangsungan hidup organisme, didukung oleh metabolisme setiap [[sel]] dalam tubuh dan mempertahankan sifat [[kimia]] dan [[fisiologis]] cairan tubuh.
# Pertama, darah mengangkut oksigen dari paru-paru ke sel dan karbon dioksida dalam arah yang berlawanan (lihat [[respirasi]]).
# Kedua, yang diangkut dari nutrisi yang berasal pencernaan seperti lemak, gula dan protein dari saluran pencernaan dalam jaringan masing-masing untuk mengonsumsi, sesuai dengan kebutuhan mereka, diproses atau disimpan.

Metabolit yang dihasilkan atau produk limbah (seperti [[urea]] atau [[asam urat]]) yang kemudian diangkut ke jaringan lain atau organ-organ ekskresi ([[ginjal]] dan usus besar). Juga mendistribusikan darah seperti hormon, sel-sel kekebalan tubuh dan bagian-bagian dari sistem pembekuan dalam tubuh.

== Lihat pula ==
# [[Arteri]]
# [[Vena]]
# [[Kapiler]]
# [[Sistem limfatik|Saluran limfa]]
# [[Jantung]]
# [[Darah]]

== Pranala luar ==

* {{en}} [http://cardiovascular.on-topic.net/ Cardiovascular Topics].
* {{en}} [http://www.ncvc.go.jp/english/res/Car_Dyn_A.html Studies on Hemodynamics and Coronary Circulation].
* {{en}} [http://www.emc.maricopa.edu/faculty/farabee/BIOBK/BioBookcircSYS.html The Circulatory System, a comprehensive overview].
* {{en}} [http://www.invisionguide.com/heart The InVision Guide to a Healthy Heart - An interactive website].
* {{en}} [http://www.islamset.com/isc/nafis/iskandar.html Iskandar, Albert Z., "Comprehensive Book on the Art of Medicine by Ibn al-Nafis"].

{{sistem kardiovaskular}}
{{sistem organ}}
{{anatomi-stub}}

[[Kategori:Sistem kardiovaskular| ]]

{{Link FA|de}}

Revisi per 15 Januari 2014 15.57

sistem peredaran darah itu.... alah kepo amet lu -_-

hacked by uud :v