Kim Isabu: Perbedaan revisi

Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
1 bita ditambahkan ,  7 tahun yang lalu
k
clean up, replaced: Karir → Karier using AWB
k (Bot: Penggantian teks otomatis (-di tahun +pada tahun))
k (clean up, replaced: Karir → Karier using AWB)
{{Infobox Korean name|rr=Gim Isabu|mr=Kim Isabu|hangul=김이사부|hanja=金異斯夫}}
 
'''Kim Isabu''' merupakan seorang jenderal dan politisi [[Silla]] selama abad ke-6. Ia juga dikenal sebagai '''Taejong'''. Ia sangat dikenal dihari ini atas perannya di dalam menundukkan negara pulau [[Usan-guk]] yang dikenal sebagai [[Batu Liancourt]] dihari ini. Meskipun sering dipanggil sebagai "Isabu", nama keluarganya ditulis sebagai Kim di dalam riwayat ''[[Samguk Sagi]]''.<ref>"Isabu" in ''Samguk Sagi'', Yeoljeon 4.</ref> Ia merupakan generasi ke-4 keturunan [[Naemul dari Silla|Raja Naemul]], yang juga menyediakan bukti langsung bahwa nama keluarganya adalah Kim.
 
Namun di dalam Riwayat [[Samguk Yusa]], namanya adalah Park I-Jong(朴伊宗).
 
== KarirKarier ==
 
Selama masa pemerintahan [[Jijeung dari Silla|Jijeung]], pada tahun 505, Isabu ditunjuk sebagai gubernur (''gunju'') propinsi Siljik, yang sekarang adalah [[Samcheok]]. Pada saat menjadi gubernur di daerah yang lebih luas [[Aseulla]] (kemudian dikenal sebagai [[Gangwon]]) ia melancarkan ekspedisi melawan Usan-guk tujuh tahun kemudian.
 
Kemudian di dalam hidup, Isabu naik ke kueasaan militer tingkat tinggi di Silla, menjabat posisi ini dari tahun 541 sampai dengan tahun 562. Selama masa tersebut, ia melihat ekspansi wilayah Silla ke bekas wilayah kekuasaan [[Baekje]] dan [[Goguryeo]], sejauh bagian utara sampai [[Hamgyong]]. Sebagai tambahan, ia memerintahkan penaklukan [[Daegaya]], secara efektif menghapuskan [[Konfederasi Gaya]] dan terus mengkonsolidasikan Silla di Korea tenggara.

Menu navigasi