Sungai Musi: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
Baris 4: Baris 4:


== Geografi ==
== Geografi ==
Sungai Musi membelah [[Kota Palembang]] menjadi dua bagian kawasan: [[Seberang Ilir]] di bagian utara dan [[Seberang Ulu]] di bagian selatan. Sungai Musi, bersama dengan sungai lainnya, membentuk sebuah [[delta]] di dekat [[Kota Sungsang]].
Sungai Musi membelah [[Kota Palembang]] menjadi dua bagian kawasan: [[Seberang Ilir]] di bagian utara dan [[Seberang Ulu]] di bagian selatan. [[Sungai Musi]], bersama dengan sungai lainnya, membentuk sebuah [[delta]] di dekat [[Kota Sungsang]].


Mata airnya bersumber di daerah [[Kabupaten Kepahiang|Kepahiang]], [[Bengkulu]]. Sungai Musi disebut juga Batanghari Sembilan yang berarti sembilan sungai besar, pengertian sembilan sungai besar adalah Sungai Musi beserta delapan sungai besar yang bermuara di sungai Musi. Adapun delapan sungai tersebut adalah :
Mata airnya bersumber di daerah [[Kabupaten Kepahiang|Kepahiang]], [[Bengkulu]]. [[Sungai Musi]] disebut juga [[Batanghari Sembilan]] yang berarti sembilan sungai besar, pengertian sembilan sungai besar adalah [[Sungai Musi]] beserta delapan sungai besar yang bermuara di sungai [[Musi]]. Adapun delapan sungai tersebut adalah :
# Sungai Komering
# [[Sungai Komering]]
# Sungai Rawas
# [[Sungai Rawas]]
# Sungai Leko
# [[Sungai Leko]]
# Sungai Lakitan
# [[Sungai Lakitan]]
# Sungai Kelingi
# [[Sungai Kelingi]]
# [[Sungai Lematang]]
# [[Sungai Lematang]]
# Sungai Semangus
# [[Sungai Semangus]]
# Sungai Ogan
# [[Sungai Ogan]]


Lahan seluas 3 juta [[ha]] di [[daerah aliran sungai]] (DAS) Musi dianggap kritis akibat maraknya penebangan liar. Kondisi ini dapat memicu [[banjir bandang]] dan [[tanah longsor]].
Lahan seluas 3 juta [[ha]] di [[daerah aliran sungai]] (DAS) Musi dianggap kritis akibat maraknya penebangan liar. Kondisi ini dapat memicu [[banjir bandang]] dan [[tanah longsor]].

Revisi per 7 Januari 2014 08.06

Sungai Musi dengan Jembatan Ampera sebagai latar belakang

Sungai Musi adalah sebuah sungai yang terletak di provinsi Sumatera Selatan, Indonesia. Dengan panjang 750 km, sungai ini merupakan yang terpanjang di pulau Sumatera dan membelah Kota Palembang menjadi dua bagian. Jembatan Ampera yang menjadi ikon Kota Palembang pun melintas di atas sungai ini. Sejak zaman Kerajaan Sriwijaya hingga sekarang, sungai ini terkenal sebagai sarana transportasi utama bagi masyarakat.

Geografi

Sungai Musi membelah Kota Palembang menjadi dua bagian kawasan: Seberang Ilir di bagian utara dan Seberang Ulu di bagian selatan. Sungai Musi, bersama dengan sungai lainnya, membentuk sebuah delta di dekat Kota Sungsang.

Mata airnya bersumber di daerah Kepahiang, Bengkulu. Sungai Musi disebut juga Batanghari Sembilan yang berarti sembilan sungai besar, pengertian sembilan sungai besar adalah Sungai Musi beserta delapan sungai besar yang bermuara di sungai Musi. Adapun delapan sungai tersebut adalah :

  1. Sungai Komering
  2. Sungai Rawas
  3. Sungai Leko
  4. Sungai Lakitan
  5. Sungai Kelingi
  6. Sungai Lematang
  7. Sungai Semangus
  8. Sungai Ogan

Lahan seluas 3 juta ha di daerah aliran sungai (DAS) Musi dianggap kritis akibat maraknya penebangan liar. Kondisi ini dapat memicu banjir bandang dan tanah longsor.

Obyek wisata di tepi Sungai Musi

  • Jembatan Ampera
  • Benteng Kuto Besak
  • Restoran terapung Riverside
  • Restoran terapung Warung Legenda
  • Rumah Rakit
  • Pulau Kemaro
  • Bagus Kuning
  • Sungai Gerong
  • Pasar 16
  • Kampung Kapitan
  • Kampung Arab

Pranala luar