Augustus: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
k Bennylin memindahkan halaman Octavianus ke Augustus
kTidak ada ringkasan suntingan
Baris 21: Baris 21:
| place of burial = [[Musoleum Augustus]], [[Roma]]
| place of burial = [[Musoleum Augustus]], [[Roma]]
}}
}}
'''Gaius Julius Caesar Augustus''' ([[23 September]] [[63 SM]]–[[19 Agustus]] [[14]]), yang bergelar '''Kaisar Oktavianus Augustus''' atau '''Kaisar Agustus''' ([[bahasa Latin]]: '''Imperator Caesar Divi Filivs Avgvtvs'''), adalah [[Kaisar Romawi]] pertama dan salah satu yang paling berpengaruh. Ia mengakhiri perang saudara berkepanjangan dan menciptakan kedamaian, kesejahteraan, dan kemegahan di [[Kekaisaran Romawi]], yang dikenal dengan sebutan ''[[Pax Romana]]'' atau kedamaian [[Romawi]]. Memerintah sebagai penguasa tunggal mulai tahun [[27 SM]] sampai matinya tahun [[14|14 M]].
'''Gaius Julius Caesar Augustus''' ([[23 September]] [[63 SM]]–[[19 Agustus]] [[14]]), yang bergelar '''Kaisar Octavianus Augustus''' atau '''Kaisar Augustus''' ([[bahasa Latin]]: '''Imperator Caesar Divi Filivs Avgvtvs'''), adalah [[Kaisar Romawi]] pertama dan salah satu yang paling berpengaruh. Ia mengakhiri perang saudara berkepanjangan dan menciptakan kedamaian, kesejahteraan, dan kemegahan di [[Kekaisaran Romawi]], yang dikenal dengan sebutan ''[[Pax Romana]]'' atau kedamaian [[Romawi]]. Memerintah sebagai penguasa tunggal mulai tahun [[27 SM]] sampai matinya tahun [[14|14 M]].

Ia menikah dengan [[Livia Drusilla]] dan langgeng hingga lebih dari 51 tahun. Setelah mati, [[Tiberius]] menggantikannya sebagai [[kaisar Romawi]].
Ia menikah dengan [[Livia Drusilla]] dan langgeng hingga lebih dari 51 tahun. Setelah mati, [[Tiberius]] menggantikannya sebagai [[kaisar Romawi]].



Revisi per 27 November 2013 12.59

Octavianus Augustus
Kaisar ke-1 dari Kekaisaran Romawi
Patung yang dikenal sebagai Augustus dari Prima Porta, abad ke-1
Berkuasa16 Januari 27 SM – 19 Agustus 14 M
PendahuluTidak ada (Kekaisaran didirikan)
PenerusTiberius
Kelahiran23 September 63 SM
Roma, Republik Romawi
Kematian19 Agustus 14 M (umur 75)
Nola, Italia, Kekaisaran Romawi
Pemakaman
WangsaDinasti Julio-Claudian
Nama lengkap
Imperator Gaius Julius Caesar Octavianus Divi Filius Augustus
AyahGaius Octavius
IbuAtia Balba Caesonia
PasanganClodia Pulchra (42 SM - 40 SM)
Scribonia (40 SM - 38 SM)
Livia Drusilla (37 SM - 14 M)
AnakJulia the Elder
Gaius Caesar (adoptif)
Lucius Caesar (adoptif)
Agrippa Postumus (adoptif)
Tiberius (adoptif)

Gaius Julius Caesar Augustus (23 September 63 SM19 Agustus 14), yang bergelar Kaisar Octavianus Augustus atau Kaisar Augustus (bahasa Latin: Imperator Caesar Divi Filivs Avgvtvs), adalah Kaisar Romawi pertama dan salah satu yang paling berpengaruh. Ia mengakhiri perang saudara berkepanjangan dan menciptakan kedamaian, kesejahteraan, dan kemegahan di Kekaisaran Romawi, yang dikenal dengan sebutan Pax Romana atau kedamaian Romawi. Memerintah sebagai penguasa tunggal mulai tahun 27 SM sampai matinya tahun 14 M.

Ia menikah dengan Livia Drusilla dan langgeng hingga lebih dari 51 tahun. Setelah mati, Tiberius menggantikannya sebagai kaisar Romawi.

Pemerintahan

Agustus memerintah mulai tanggal 16 Januari 27 SM sampai kematiannya, tanggal 19 Agustus 14 M Pada zaman pemerintahannya:

Pranala luar

Referensi

Templat:Link FA Templat:Link FA Templat:Link FA Templat:Link FA Templat:Link FA Templat:Link FA Templat:Link FA Templat:Link FA Templat:Link FA Templat:Link FA Templat:Link FA Templat:Link FA Templat:Link FA Templat:Link GA Templat:Link FA