Politik kiri tengah: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
Stephensuleeman (bicara | kontrib)
←Membuat halaman berisi '{{Politics}} Istilah '''kiri tengah''' mempunyai dua makna yang berbeda. Dalam politik: *Kiri tengah dapat digunakan untuk menggambarkan partai atau organisasi politi...'
 
Stephensuleeman (bicara | kontrib)
kTidak ada ringkasan suntingan
Baris 1: Baris 1:
{{Politics}}
{{Politics}}
Istilah '''kiri tengah''' mempunyai dua makna yang berbeda. Dalam [[politik]]:
Istilah '''kiri tengah''' mempunyai dua makna yang berbeda. Dalam [[politik]]:
*Kiri tengah dapat digunakan untuk menggambarkan partai atau organisasi politik yang merentang dari tengah ke kiri atau [[sayap kiri]] yang moderat, berbeda dengan keyakinan-keyakinan sayap kiri yang 'ekstrem' seperti misalnya [[komunisme]]. Kiri tengah lebih kurang terdiri atas partai-partai [[demorat sosial]], [[sosialis demokratis]], [[sosial liberal]] dan [[partai hijau|hijau]] di Eropa. Para pendukung kiri tengah secara moderat menerima alokasi pasar atas sumber-sumber dalam sebuah [[ekonomi campuran]] dengan [[sektor publik]] yang penting dan [[sektor swasta]] yang berkembang. Kebijakan-kebijakan kiri tengah cenderung mendukung [[campur tangan negara]] yang terbatas dalam [[ekonomi]] dalam masalah-masalah yang berkaitan dengan [[kepentingan masyarakat]]. Selain itu, kiri tengah seringkali mendukung kebijakan-kebijakan [[lingkungan hidup]] yang moderat .
*Kiri tengah dapat digunakan untuk menggambarkan partai atau organisasi politik yang merentang dari tengah ke kiri atau [[sayap kiri]] yang moderat, berbeda dengan keyakinan-keyakinan sayap kiri yang 'ekstrem' seperti misalnya [[komunisme]]. Kiri tengah lebih kurang terdiri atas partai-partai [[demokrat sosial]], [[sosialis demokratis]], [[sosial liberal]] dan [[partai hijau|hijau]] di Eropa. Para pendukung kiri tengah secara moderat menerima alokasi pasar atas sumber-sumber dalam sebuah [[ekonomi campuran]] dengan [[sektor publik]] yang penting dan [[sektor swasta]] yang berkembang. Kebijakan-kebijakan kiri tengah cenderung mendukung [[campur tangan negara]] yang terbatas dalam [[ekonomi]] dalam masalah-masalah yang berkaitan dengan [[kepentingan masyarakat]]. Selain itu, kiri tengah seringkali mendukung kebijakan-kebijakan [[lingkungan hidup]] yang moderat.


*Kiri tengah juga dapat digambarkan sebagai [[koalisi]] antara partai sayap kiri dengan partai [[sentrisme|sentris]].
*Kiri tengah juga dapat digambarkan sebagai [[koalisi]] antara partai sayap kiri dengan partai [[sentrisme|sentris]].

Revisi per 7 Mei 2007 16.54

Templat:Politics Istilah kiri tengah mempunyai dua makna yang berbeda. Dalam politik:

  • Kiri tengah juga dapat digambarkan sebagai koalisi antara partai sayap kiri dengan partai sentris.

Contoh-contoh partai kiri tengah

Lihat pula