Brest-Litovsk: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
Aibot (bicara | kontrib)
k robot Adding: cs:Brest (Bělorusko)
Loveless (bicara | kontrib)
k robot Adding: be-x-old:Брэст
Baris 32: Baris 32:


[[be:Горад Брэст]]
[[be:Горад Брэст]]
[[be-x-old:Брэст]]
[[bg:Брест (Беларус)]]
[[bg:Брест (Беларус)]]
[[ca:Brest-Litovsk]]
[[ca:Brest-Litovsk]]

Revisi per 6 Mei 2007 16.55

Brest (bahasa Belorusia: Бе́расьце, Брэст; juga dikenal sebagai Brest-Litovsk dan dalam bahasa Polandia sebagai Brześć Litewski, Brześć nad Bugiem atau Brześć Białoruski; bahasa Rusia: Брест) ialah kota (penduduk 290,000 pada 2004) di Belarus dekat perbatasan Polandia di mana Sungai Bug Barat dan Sungai Mukhavets bertemu. Merupakan ibu kota Brest voblast dan berlokasi pada 52°08'N 23°40'E.

Merupakan titik pemindahan jalur KA utama selama masa Uni Soviet dan menyisakan titik perpindahan rel dan pos pemeriksaan pabean/imigrasi pada jalur KA Berlin/Moscow. Beberapa tanah di langsiran kereta terkontaminasi disebabkan karena bahan radioaktif semasa rezim Uni Soviet. Di Brest gerbong kereta harus berganti antara rel lebar Rusia dan rel standar Eropa.

Sejarah

Kota ini didirikan bangsa Slavia sebagai Bereste pada 1017 namun ditaklukkan Kekaisaran Mongol pada 1241 dan Lithuania pada 1319. Dinamai kembali sebagai Brest-Litovsk di abad 14 dan menjadi bagian kerajaan gabungan Polandia dan Lithuania pada 1569. Pada 1596 menjadi tuan rumah dewan yang mendirikan Katolik Timur atau Gereja Persatuan.

Brest diberikan pada Rusia saat Polandia-Lithuania dibagi buat ketiga kalinya 1795. Dicaplok Kekaisaran Jerman pada 1915, selama PD I. Pada Maret 1918, dalam benteng di pinggiran barat Brest pada pertemuan Sungai Bug Barat dan Sungai Mukhavets, Persetujuan Brest-Litovsk ditandatangani, mengakhiri perang antara Rusia dan Kekuatan Tengah dan menyerahterimakan kota ini dan wilayah lingkungannya pada lingkungan pengaruh Kekaisaran Jerman. Lalu perjanjian ini dibatalkan perjanjian yang mengakhiri perang.

Yang terbaru menyusun kembali Polandia mengambil kendali Brest pada 1919, pengembangan yang secara resmi diakui pada Perjanjian Riga pada 1921. Benteng Brest, yang rusak berat selama PD I, kembali ke dalam gudang senjata peralatan perang dan bagian tengahnya pada penjara. Pada 1930 penahanan Wincenty Witos mengambil tempat di sini. Selama Kampanye September Polandia kota ini dipertahankan sejumlah angkatan kecil dari 4 batalion infantri dipimpin Jend. Konstanty Plisowski melawan Korps Panser XIX Jend. Heinz Guderian. Setelah 4 hari peperangan hebat angkatan Polandia menarik diri ke selatan pada 17 September.

Kota ini diserang dan dianeksasi Uni Soviet pada 1939 menurut pakta Ribbentrop-Molotov yang membagi Polandia ditandatangani Nazi Jerman pada Agustus 1939. Kebanyakan orang Belorusia menganggapnya sebagai penyatuan kembali bangsa Belorusia di bawah 1 konstituen (BSSR saat itu).

Pada 22 Juni 1941 kota ini diserang Nazi Jerman di awal Operasi Barbarossa, dengan benteng yang pada persetujuan 1918 telah ditandatangani buat berlaku sebagai titik fokus perlawanan. Bertahan sebulan, mendirikan status kota hanya sebagai Benteng Pahlawan di antara Kota Pahlawan Uni Soviet. Komunitas Yahudi Brest dibantai di bawah kekuasaan Nazi. Kota ini direbut kembali angkatan Uni Soviet pada 1944.

Menurut persetujuan Konferensi Yalta Februari 1945, Brest belum berganti tangan lagi, diserahkan kepada Republik Sosialis Soviet Belorusia. Kini merupakan bagian negara merdeka Belarus.

Pemandangan di dalam dan sekeliling Brest

Bangunan peringatan gaya Uni Soviet yang megah sekali dibangun di sini pada peperangan 1941 buat mengingat kembali pembela benteng yang dikenal maupun yang tak dikenal. Bangunan peringatan perang ini ialah daya tarik wisata terbesar di kota ini. Selain itu, museum arkeologi kota tua terletak dekat situs benteng. Menawarkan obyek dan pondok yang berasal dari abad 13 yang ditemukan selama penggalian pada 1970an.

Taman Nasional Belavezhskaya Pushcha, 70 km utara Brest, ialah cadangan biosfer kehormatan dunia dan bisa dicapai dengan mobil atau bus. Hutan asli ini ialah rumah bagi bison Eropa liar (wisent). Ada museum dan kebun binatang buat wisatawan di hutan bersama dengan sebuah hotel dan RM kecil. Hewan-hewan bisa disaksikan juga sepanjang tahun. Darma wisata bisa juga dilakukan dengan kuda dan kereta ke dalam hutan.

Desa Kosava, di mana Tadeusz Kosciuszko lahir, ialah juga di daerah Brest dan menonjolkan istana abad 19 dan Gereja Katolik Roma. Brest juga menjadi tuan rumah museum rel di luar Belorusia pertama. Bangutan peringatan Holocaust didirikan buat peringatan atas kematian penduduk Yahudi di ghetto Brest.

Kini bandara lokal (kode BQT), yang telah ditutup sejak berpisah dengan Uni Soviet telah mulai menjalankan penerbangan ke ibu kota Minsk, Moscow dan Novgorod di Russia secara mingguan.

Orang-orang asal Brest

ru-sib:Брес