Kurcaci: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
Serenity (bicara | kontrib)
belah
Baris 26: Baris 26:
[[fr:Nain (mythologie)]]
[[fr:Nain (mythologie)]]
[[he:גמד (פנטסיה)]]
[[he:גמד (פנטסיה)]]
[[ko:드워프]]
[[lt:Nykštukai]]
[[lt:Nykštukai]]
[[nl:Dwerg (fictieve soort)]]
[[nl:Dwerg (fictieve soort)]]

Revisi per 5 Mei 2007 03.03

Ilustrasi kurcaci
Berkas:Disney-dwarf.jpg
Ilustrasi salah satu dari ketujuh kurcaci oleh Disney dalam cerita Putih Salju.

Kurcaci (bahasa Inggris: dwarf) adalah manusia kerdil dalam dongeng-dongeng Nordik dan Jerman. Kurcaci juga diadopsi dan sering muncul dalam kisah-kisah fiksi fantasi, film, dan games.

Ciri-ciri fisik

Dalam mitologi, Kurcaci seperti manusia, namun berukuran lebih kecil dan pendek. Mereka berjanggut panjang dan tampak lebih tua dari ukuran tubuhnya. Mereka hidup di gua-gua di daerah pegunungan atau di bawah tanah. Mereka mampu beradaptasi di lingkungan bawah tanah dan mampu melihat dengan baik di dalam kegelapan. Di sana mereka menggali barang-barang tambang seperti emas, perak, besi, dan sebagainya. Mereka juga merupakan pembuat senjata dan tukang besi yang mahir. Mereka biasanya memperdagangkan barang-barang dari logam.

Meskipun lari mereka lambat dan tidak mahir menunggang kuda, mereka mampu mempertahankan daerah kekuasaan dengan baik. Beberapa legenda menyebutkan bahwa mereka mahir dalam menciptakan barang-barang pusaka. Dalam mitologi Nordik, mereka menciptakan rantai pusaka yang mampu mengikat srigala ganas, Fenris.

Kurcaci dalam kisah dongeng

Dalam kisah dongeng Putih Salju, Kurcaci digambarkan sebagai bangsa pekerja keras, polos, sedikit serakah, dan penggerutu.

Dalam kisah-kisah The Lord of the Rings, Kurcaci adalah salah satu ras yang menghuni Bumi tengah. Mereka tinggal di kedalaman gua-gua dan merupakan pengrajin logam yang baik. Mereka memiliki sifat keras kepala dan selalu bersaing dengan Peri.