Magasin: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
Thijs!bot (bicara | kontrib)
k robot Adding: fr:Magasin (arme)
Aibot (bicara | kontrib)
k robot Adding: cs:Zásobník nábojů
Baris 28: Baris 28:
[[Kategori:Artikel kelas-B bertopik militer]]
[[Kategori:Artikel kelas-B bertopik militer]]


[[cs:Zásobník nábojů]]
[[da:Magasin (våben)]]
[[da:Magasin (våben)]]
[[de:Magazin (Waffentechnik)]]
[[de:Magazin (Waffentechnik)]]

Revisi per 26 April 2007 17.13

Magazen box SIG 550 yang transparan.

Magazen adalah alat penyimpanan dan pengisian amunisi yang menyatu atau dipasang pada senjata api. Magazen bisa terintegrasi dengan sebuah senjata api (fixed) atau dapat dicopot (dettachable).

Peluru didalam magazen masuk kedalam senjata api secara otomatis atau manual, tergantung jenis senjata, tetapi selalu terdapat sebuah per. Magazen dapat diisi dengan sebuah klip, dan istilah klip ini tidak sama dengan magazen, walau secara tidak tepat sering disamakan. Amunisi sabuk yang digunakan oleh senapan mesin bukan magazen, karena cara kerjanya tidak mengambil amunisi dari kontainer tertutup.

Jenis-jenis magazen

Magazen pada senapan SKS adalah magazen box internal.
Magazen drum yang terpasang pada RPK.

Box

Magazen box adalah magazen paling populer untuk pistol dan senapan modern. Peluru di dalam magazen ini ditumpuk dalam sebuah kolom paralel. Peluru ini kemudian didorong ke atas dengan menggunakan per. Magazen box dapat menyatu di dalam senjata api (internal atau fixed), atau terpisah (eksternal atau dettachable).

  • Magazen box internal menyatu dengan senjata dan sulit untuk dibongkar. Magazen seperti ini sering ditemukan pada senapan sebelum Perang Dunia II, dan senapan berburu modern. Magazen ini biasanya diisi dengan menggunakan klip, yang dapat mengisi banyak peluru sekaligus.
  • Magazen box eksternal adalah magazen yang berdiri sendiri, dan diisi atau dikosongkan ketika sedang dilepas dari senjata api. Ketika peluru di dalam magazen ini habis, magazen ini dapat dilepas dan diganti dengan magazen yang terisi penuh. Ini mempercepat pengisian senjata api. Dan pada situasi tertentu, dua magazen box dapat diselotip dan ditempelkan jadi satu untuk semakin mempercepat pengisian peluru, namun magazen senapan modern G36 dan SIG 550 memiliki alat khusus untuk menempelkan dua magazen.

Drum

Berkas:Mitraillette-bizon.jpg
PP-19 Bizon adalah senapan submesin yang menggunakan magazen helix.
Magazen panci pada senapan mesin ringan era Perang Dunia II, Degtyarev.

Magazen drum digunakan oleh beberapa senapan mesin, senapan submesin, dan shotgun. Magazen ini berbentuk silinder, dan tetap mendorong peluru dengan menggunakan per atau alat sejenisnya. Magazen drum dapat menyimpan lebih banyak peluru dari magazen box, tetapi berat dan mekanismenya dapat menimbulkan masalah kehandalan.

Helix

Magazen helix merupakan pengembangan dari magazen drum, yang membuat peluru mengikuti sebuah alur spiral. Mekanisme ini membuatnya dapat menyimpan amunisi dalam jumlah yang sangat banyak, dengan ukutan magazen yang relatif kecil. Senjata api yang menggunakan magazen ini antara lain senapan submesin Calico 960 dan Bizon.

Panci

Magazen panci sering disamakan dengan magazen drum, perbedaannya adalah bahwa magazen ini menyimpan peluru dengan pusat perputaran yang jauh berbeda dengan magazen drum, serta magazen ini biasanya terletak di bagian atas senapan. Magazen jenis ini antara lain digunakan pada senapan submesin American 180, Lewis Gun, dan senapan mesin ringan Degtyarev.