Pulp: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
EmausBot (bicara | kontrib)
k Bot: Migrasi 19 pranala interwiki, karena telah disediakan oleh Wikidata pada item d:Q672506
kTidak ada ringkasan suntingan
Baris 1: Baris 1:
'''Pulp''' adalah hasil pemisahan [[serat]] dari bahan baku bererat ([[kayu]] maupun non kayu)melalui berbagai proses pembuatannya ( mekanis, semikimia, kimia).
'''Pulp''' adalah hasil pemisahan [[serat]] dari bahan baku berserat ([[kayu]] maupun non kayu) melalui berbagai proses pembuatannya (mekanis, semikimia, kimia).


Pulp terdiri dari serat - serat ([[selulosa]] dan hemiselulosa) sebagai bahan baku [[kertas]].
Pulp terdiri dari serat - serat ([[selulosa]] dan hemiselulosa) sebagai bahan baku [[kertas]].


Proses pembuatan pulp di antaranya dilakukan dengan proses [[mekanis]], [[kimia]], dan semikimia. Prinsip pembuatan pulp secara mekanis yakni dengan pengikisan dengan menggunakan alat seperti gerinda. Proses mekanis yang biasa dikenal di antaranya PGW (Pine Groundwood), SGW (Semi Groundwood). Proses semi kimia merupakan kombinasi antara mekanis dan kimia. Yang termasuk ke dalam proses ini di antaranya CTMP (Chemi Thermo Mechanical Pulping) dengan memanfaatkan suhu untuk mendegradasi [[lignin]] sehingga diperoleh pulp yang memiliki [[rendemen]] yang lebih rendah dengan kualitas yang lebih baik daripada pulp dengan proses mekanis.
Proses pembuatan pulp diantaranya dilakukan dengan proses [[mekanis]], [[kimia]], dan semikimia. Prinsip pembuatan pulp secara mekanis yakni dengan pengikisan dengan menggunakan alat seperti gerinda. Proses mekanis yang biasa dikenal di antaranya PGW (Pine Groundwood), SGW (Semi Groundwood). Proses semi kimia merupakan kombinasi antara mekanis dan kimia. Yang termasuk ke dalam proses ini di antaranya CTMP (Chemi Thermo Mechanical Pulping) dengan memanfaatkan suhu untuk mendegradasi [[lignin]] sehingga diperoleh pulp yang memiliki [[rendemen]] yang lebih rendah dengan kualitas yang lebih baik daripada pulp dengan proses mekanis.


proses pembuatan pulp dengan proses kimia dikenal dengan sebutan proses [[kraft]]. Disebut kraft karena pulp yang dihasilkan dari proses ini memiliki kekuatan lebih tinggi daripada proses mekanis dan semikimia, akan tetapi rendemen yang dihasilkan lebih kecil di antara keduanya karena komponen yang ter[[degradasi]] lebih banyak (lignin, [[ekstraktif]], dan [[mineral]])
Proses pembuatan pulp dengan proses kimia dikenal dengan sebutan [[proses kraft]]. Disebut kraft karena pulp yang dihasilkan dari proses ini memiliki kekuatan lebih tinggi daripada proses mekanis dan semikimia, akan tetapi rendemen yang dihasilkan lebih kecil di antara keduanya karena komponen yang ter[[degradasi]] lebih banyak (lignin, [[ekstraktif]], dan [[mineral]])

== Lihat pula ==
* [[Industri pulp dan kertas]]


{{stub}}
{{stub}}

Revisi per 31 Agustus 2013 23.30

Pulp adalah hasil pemisahan serat dari bahan baku berserat (kayu maupun non kayu) melalui berbagai proses pembuatannya (mekanis, semikimia, kimia).

Pulp terdiri dari serat - serat (selulosa dan hemiselulosa) sebagai bahan baku kertas.

Proses pembuatan pulp diantaranya dilakukan dengan proses mekanis, kimia, dan semikimia. Prinsip pembuatan pulp secara mekanis yakni dengan pengikisan dengan menggunakan alat seperti gerinda. Proses mekanis yang biasa dikenal di antaranya PGW (Pine Groundwood), SGW (Semi Groundwood). Proses semi kimia merupakan kombinasi antara mekanis dan kimia. Yang termasuk ke dalam proses ini di antaranya CTMP (Chemi Thermo Mechanical Pulping) dengan memanfaatkan suhu untuk mendegradasi lignin sehingga diperoleh pulp yang memiliki rendemen yang lebih rendah dengan kualitas yang lebih baik daripada pulp dengan proses mekanis.

Proses pembuatan pulp dengan proses kimia dikenal dengan sebutan proses kraft. Disebut kraft karena pulp yang dihasilkan dari proses ini memiliki kekuatan lebih tinggi daripada proses mekanis dan semikimia, akan tetapi rendemen yang dihasilkan lebih kecil di antara keduanya karena komponen yang terdegradasi lebih banyak (lignin, ekstraktif, dan mineral)

Lihat pula