Homofon: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
EmausBot (bicara | kontrib)
k Bot: Migrasi 31 pranala interwiki, karena telah disediakan oleh Wikidata pada item d:Q221079
Akuindo (bicara | kontrib)
Tidak ada ringkasan suntingan
Baris 1: Baris 1:
[[Berkas:Homograph homophone venn diagram.png|thumb|Diagram Venn ini menunjukkan perbedaan dan persamaan beberapa konsep serupa.]]
[[Berkas:Homograph homophone venn diagram.png|thumb|Diagram Venn ini menunjukkan perbedaan dan persamaan beberapa konsep serupa.]]


'''Homofon''' ([[bahasa Yunani]]: ὁμός, homós, "sama" dan φωνή, phōnḗ , "bunyi") adalah [[kata]] yang diucapkan sama dengan kata lain tetapi berbeda dari segi [[maksud]]. Perkataan-perkataan yang homofon mungkin dieja dengan serupa atau berbeda; "buku" (bahan bacaan) dan "buku" (bagian di antara dua ruas); "massa" (dalam perkataan media massa) dan "masa" (waktu). Perkataan-perkataan ini adalah serupa dari segi sebutan tetapi mempunyai arti yang berbeda, atau merujuk kepada perkara yang tidak sama. Homofon merupakan sejenis [[homonim]], meskipun kadang-kala homonim digunakan untuk merujuk hanya kepada homofon yang mempunyai [[ejaan]] yang sama tetapi arti yang berlainan. Istilah ini juga digunakan untuk unit-unit yang lebih singkat daripada perkataan, seperti [[huruf]] atau beberapa huruf yang disebut sama dengan huruf lain atau kumpulan huruf yang lain.
'''Homofon''' ([[bahasa Yunani]]: ὁμός, homós, "sama" dan φωνή, phōnḗ , "bunyi") adalah [[kata]] yang diucapkan sama dengan kata lain tetapi berbeda dari segi [[maksud]]. contoh homofon antara lain:
* "buku" (bahan bacaan) dan "buku" (bagian di antara dua ruas)
* "massa" (dalam perkataan media massa) dan "masa" (waktu)
* "bank" (tempat menyimpan uang) atau "bang" (panggilan untuk kakak)
Perkataan-perkataan ini adalah serupa dari segi sebutan tetapi mempunyai arti yang berbeda, atau merujuk kepada perkara yang tidak sama. Homofon merupakan sejenis [[homonim]], meskipun kadang-kala homonim digunakan untuk merujuk hanya kepada homofon yang mempunyai [[ejaan]] yang sama tetapi arti yang berlainan. Istilah ini juga digunakan untuk unit-unit yang lebih singkat daripada perkataan, seperti [[huruf]] atau beberapa huruf yang disebut sama dengan huruf lain atau kumpulan huruf yang lain.


Homofon adalah istilah yang berlawanan dengan [[homograf]].
Homofon adalah istilah yang berlawanan dengan [[homograf]].

Revisi per 27 Agustus 2013 05.32

Diagram Venn ini menunjukkan perbedaan dan persamaan beberapa konsep serupa.

Homofon (bahasa Yunani: ὁμός, homós, "sama" dan φωνή, phōnḗ , "bunyi") adalah kata yang diucapkan sama dengan kata lain tetapi berbeda dari segi maksud. contoh homofon antara lain:

  • "buku" (bahan bacaan) dan "buku" (bagian di antara dua ruas)
  • "massa" (dalam perkataan media massa) dan "masa" (waktu)
  • "bank" (tempat menyimpan uang) atau "bang" (panggilan untuk kakak)

Perkataan-perkataan ini adalah serupa dari segi sebutan tetapi mempunyai arti yang berbeda, atau merujuk kepada perkara yang tidak sama. Homofon merupakan sejenis homonim, meskipun kadang-kala homonim digunakan untuk merujuk hanya kepada homofon yang mempunyai ejaan yang sama tetapi arti yang berlainan. Istilah ini juga digunakan untuk unit-unit yang lebih singkat daripada perkataan, seperti huruf atau beberapa huruf yang disebut sama dengan huruf lain atau kumpulan huruf yang lain.

Homofon adalah istilah yang berlawanan dengan homograf.

Lihat pula