Anyaman: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
Membatalkan 2 suntingan oleh Munawar trisono (pembicaraan). (TW)
Baris 5: Baris 5:
== Catatan kaki ==
== Catatan kaki ==
{{reflist}}
{{reflist}}
pengertian anyaman adalah suatu usaha atau kegiatan keterampilan masyarakat dalam permbuatan barang - barang kerajinan dengan cara atau tehnik silang - menyilang dan susup- menyusup, antara lungsi dan pakan.
a. pengertian lungsi, lungsi adalah:pita atau daun anyaman yang tegak lurus dengan Si Penganyam, Dan pita atau daun anyaman yang berhadapan dengan Si Penganyam.
b. pengertian pakan, pakan adalah:pita atau daun anyaman yang disusupkan pada lungsi, dan pita atau daun anyaman yang dilintaskan pada lungsi.[[Pengguna:Munawar trisono|Munawar trisono]] ([[Pembicaraan Pengguna:Munawar trisono|bicara]]) 24 Agustus 2013 02.42 (UTC)


== Pranala luar ==
== Pranala luar ==

Revisi per 24 Agustus 2013 06.37

Pohon kucing anyaman.

Anyaman adalah serat yang dirangkaikan hingga membentuk benda yang kaku, biasanya untuk membuat keranjang atau perabot. Anyaman seringkali dibuat dari bahan yang berasal dari tumbuhan, namun serat plastik juga dapat digunakan. Bahan yang digunakan bisa bagian apapun dari tanaman, misalnya inti batang tebu atau rotan atau keseluruhan ketebalan tanaman, seperti misalnya dedalu. Bahan lainnya yang terkenal digunakan sebagai anyaman adalah gelagah dan bambu. Biasanya rangkanya dibuat dari bahan yang lebih kaku, setelah itu bahan yang lebih lentur digunakan untuk mengisi rangka. Anyaman bersifat ringan tapi kuat, menjadikannya cocok sebagai perabot yang sering dipindah-pindah. Anyaman sering digunakan untuk perabot di beranda dan teras.[1]

Catatan kaki

Pranala luar