Desiderata dari Lombardia: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
k Bot: Penggantian teks otomatis (-[[Category: +[[Kategori:)
Addbot (bicara | kontrib)
k Bot: Migrasi pranala interwiki, karena telah disediakan oleh Wikidata pada item d:q263474
Baris 25: Baris 25:
[[Kategori:Lombardia]]
[[Kategori:Lombardia]]


[[br:Desiderata]]
[[bg:Герперга]]
[[bg:Герперга]]
[[da:Desiderata]]
[[de:Desiderata (Langobardin)]]
[[fr:Désirée de Lombardie]]
[[it:Ermengarda (Carlo Magno)]]
[[hu:Gerperga]]
[[nl:Desiderata van Lombardije]]
[[pl:Gerperga]]
[[pt:Desiderata]]
[[sv:Desiderata av Lombardiet]]

Revisi per 16 Agustus 2013 01.11

Desiderata merupakan salah satu putri Desiderius, Raja Lombardia, dan ratunya, Ansa. Ia menikah dengan Charlemagne, Raja Franka, pada tahun 770, kemungkinan untuk membentuk suatu ikatan di antara negara-negara Francia dan Lombardia. Pernikahan tersebut dibatalkan pada tahun 771 dan hal ini melukai hubungan dengan Lombardia, memicu perang tahun 774. Ia tidak memiliki keturunan dan nasib akhirnya tidak diketahui.

Meskipun ia dikenal dengan nama Desiderata, sekarang diteorikan nama tersebut diambil dari kesalahan edit pada salinan abad ke-19 Monumenta Germaniae Historica yang mengeja D di dalam desideratam filiam (Latin untuk putri yang diinginkan). Bahkan kesalahan ini kadang diperparah dengan pembentukan kembali Desideria, nama pertama yang lebih mungkin (bentuk femina Desiderius, nama ayahnya), atau diterjemahkan (ke dalam bahasa Perancis, Désirée).

Sejarawan Carolingia terkemuka, Janet Nelson, menghipotesakan di dalam karya tahun 1998 "Setelah Keruntuhan Roma" bahwa puteri Desiderius sebenarnya bernama Gerperga. Alasan yang digunakan oleh Nelson Hinges tampaknya memiliki banyak kekacauan antara dirinya dan Gerberga, istri bangsa Franka Carloman I yang merupakan saudara Charlemagne dan rekan-penguasa tahun 768-771. Bahkan Paus Stefanus III tampaknya bingung pada dua dan para penulis sejarah dan analis tampaknya percaya bahwa Gerberga melarikan diri ketika suaminya meninggal, ke istana ayahnya (ia lari ke Desiderius, yang jelas bukan ayahnya).

Apa yang pasti adalah bahwa Desiderius dan Ansa memiliki tiga anak perempuan lainnya yang bernama Anselperga, Adelperga, dan Liutperga. Kesamaan dalam nama putri mereka berakhir "-Perga". Berdasarkan hal ini, penulis percaya kebingungan ini disebabkan karena kedua ratu (istri-istri dari dua bersaudara Charles dan Carloman) memiliki nama yang sama, yaitu Gerberga atau Gerperga, yang masing-masing bangsa Franka dan Lombardia dari nama modern Perancis Gerberge.

Sumber

  • Riché, Pierre. The Carolingians.
  • Murray, Archibald Callander, and Goffart, Walter A. After Rome's Fall: Narrators and Sources of Early Medieval History. University of Toronto Press: Toronto, 1998.

Lihat pula

Didahului oleh:
Bertrada dari Laon
Ratu Franka
770–771
dengan Gerberga (768–771)
Diteruskan oleh:
Hildegarde