Cartoon Network: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
Andri.h (bicara | kontrib)
Tidak ada ringkasan suntingan
CarsracBot (bicara | kontrib)
k Robot: automatisch tekst vervangen (-pl:Cartoon Network (Polska) +pl:Cartoon Network)
Baris 181: Baris 181:
[[Kategori:Stasiun televisi Amerika Serikat]]
[[Kategori:Stasiun televisi Amerika Serikat]]


[[pl:Cartoon Network (Polska)]]
[[pl:Cartoon Network]]

Revisi per 4 Agustus 2013 15.10

Cartoon Network

Cartoon Network adalah sebuah jaringan televisi kabel yang didirikan Turner Broadcasting dengan tayangan utama berupa film-film animasi. Saluran ini pertama kali memulai siaran di Amerika Serikat pada 1 Oktober 1992.

Sejarah

Di akhir tahun 1980-an, konglomerat TV kabel Ted Turner mengambil alih koleksi film MGM (termasuk film kartun berwarna Warner Bros. pra-1948), dan menayangkan koleksi film animasi tersebut melalui TV kabel Turner Network Television yang dimilikinya. Tayangan tersebut ternyata disenangi penonton, dan dilanjutkan Ted Turner dengan membeli studio animasi Hanna-Barbera Productions pada tahun 1991. Dengan akuisisi ini berarti koleksi film Hanna Barbera dan sebagian besar koleksi film produksi Ruby-Spears Productions menjadi milik Ted Turner. Koleksi film animasi Ted Turner yang menjadi semakin banyak sehingga Cartoon Network didirikan untuk menayangkannya. Tayangan-tayangan awal saluran ini berupa pemutaran film-film kartun klasik produksi Warner Bros., MGM, dan Hanna-Barbera, seperti The Jetsons, dan The Flinstones, serta Wally Gator yang dipakai sebagai tayangan selingan. Kebanyakan film animasi yang ditayangkan dalam paket tayangan berdurasi setengah jam atau satu jam, seperti Down With Droopy D yang menampilkan Droopy Dog, Tom and Jerry Show berisi kejar-kejaran kucing dan tikus, dan paket Bugs and Daffy Tonight yang mengetengahkan karakterLooney Tunes. Saat ini tinggal Tom and Jerry yang masih diputar.

Pada 1994, Hanna-Barbera mulai memproduksi The What-A-Cartoon!Show (dikenal juga sebagai World-Premier Toons) dengan penayangan perdana di Cartoon Network tahun 1995. Film kartun tersebut adalah serial produksi sendiri yang ketiga (setelah The Moxy Show dan Space Ghost: Coast to Coast yang merupakan produksi mereka yang pertama dan kedua). Proyek ini dipimpin beberapa eksekutif dari Cartoon Network, ditambah pencipta kartun Ren and Stimpy, John Kricfalusi (saat itu bekerja sebagai konsultan di Cartoon Network), serta Fred Seibert (mantan Nicktoons).

Pada 1996, Time Warner membeli Turner Broadcasting, termasuk Cartoon Network. Cartoon Network akhirnya berhasil memiliki seluruh koleksi animasi Warner Bros. secara lengkap yang sejak tahun 1957 dimiliki oleh beberapa orang pemilik. Koleksi ini mencakup kartun WB dari tahun 1950-an hingga 1980-an, dan kartun-kartun terbaru seperti Road Rovers, Animaniacs, Freakazoid, dan Pinky and the Brain.

Time Warner mengubah arah Hanna-Barbera Productions (studio ini sekarang dikenal dengan Cartoon Network Studios), dan berfokus hanya pada produksi materi-materi baru untuk Cartoon Network, seperti Dexter's Laboratory (1996), Johnny Bravo (1997), Cow and Chicken (1997),
I Am Weasel (1997), dan The Powerpuff Girls (1998), serta yang lebih baru: Codename: Kids Next Door (2003), Foster's Home for Imaginary Friends (2004), dan Camp Lazlo (2005). Program-program baru ini memerlukan jam tayang, dan jam tayang diambil dengan tidak menayangkan lagi film-film kartun lama.

Penampilan baru pada tahun 1997

Logo pertama Cartoon Network (dipakai tahun 1992 hingga 2004)

Mulai 7 Juli 1997, Cartoon Network memulai tayangan perdana Johnny Bravo, Cow and Chicken
dan I Am Weasel yang nantinya berhasil menjadi klasik. Pada hari itu juga, saluran ini mengubah ciri khas tayangannya secara drastis. Cartoon Network mulai menggunakan identitas baru dan meninggalkan motif hitam-putih "papan catur" yang sudah dipakainya sejak hari pertama siaran.

Cartoon Network juga menyiarkan kartun-kartun dari studio lain, seperti Ed, Edd n Eddy (1999, produksi a.k.a. cartoon), Courage the Cowardly Dog (1999, Stretch Films), Mike, Lu & Og (1999, Kinofilm Studios), Sheep in the Big City (2000, Curios Pictures) dan Codename: Kids Next Door (2002, Curios Pictures).

Pemutaran film-film kartun lama sekarang sudah dipindahkan ke Boomerang, saluran kembar Cartoon Network yang mengangkat tema nostalgia. Boomerang khusus memutar kartun Hanna-Barbera, berikut seluruh koleksi Looney Tunes dan Merrie Melodies karya Warner Bros., seluruh kartun MGM (kecuali Tom and Jerry) dan kartun karya Tex Avery.

Pada tahun-tahun belakangan ini, Cartoon Network juga mencoba memperluas kalangan pemirsa dari luar kalangan pemirsa tradisionalnya. Di Sabtu malam, blok siaran Toonami menyiarkan animasi dari Jepang ditambah beberapa film animasi Amerika yang ditargetkan bagi pemirsa usia praremaja dan remaja. Di larut malam, blok siaran Adult Swim menyiarkan animasi untuk usia remaja yang lebih matang hingga dewasa, seperti Futurama dan Family Guy. Pada 17 April 2004, Toonami dipindahkan menjadi Sabtu sore, sedangkan petangnya diisi dengan Miguzi yang menayangkan animasi asal Amerika, Perancis, dan Jepang untuk kelompok pemirsa yang lebih muda daripada Toonami.

Logo kedua Cartoon Network (dipakai di Amerika Serikat tahun 2004 hingga 2010)

Pada 2004, Cartoon Network meluncurkan logo dan slogan baru "This is Cartoon Network". Selingan antaracara (disebut bumps) diisi dengan potongan kartun yang dicampur dengan set latar belakang hasil CGI yang lebih baru. Hampir seluruh program lama diganti dengan program yang baru, kecuali Tom and Jerry yang terus dipertahankan. Beberapa bulan kemudian, Cartoon Network mulai menayangkan lebih banyak program produksi tahun 1990-an seperti Dexter's Laboratory, dan Courage the Cowardly Dog yang dimasukkan dalam blok siaran The Cartoon Cartoon Show. Beberapa acara seperti Mike, Lu, and Og dan Sheep in the Big City dihentikan penayangannya sama sekali. Pada musim panas 2006, slogan Cartoon Network disederhanakan menjadi "Cartoon Network - Yes!", seperti yang suka diucapkan Fred Fredburger, karakter dalam kartun The Grim Adventures of Billy and Mandy.

Mulai tahun 2007, Cartoon Network tidak lagi memiliki slogan, tetapi meneruskan ciri khas yang sudah dimulai tahun 2006. Jim Samples mengundurkan diri dari jabatannya sebagai presiden Cartoon Network pada tanggal 9 Februari tahun tersebut, karena adanya masalah di Boston, [1] setelah 13 tahun. Keesokan harinya, ia digantikan oleh Stuart Snyder.[2]

Pada musim gugur 2007, saluran ini mengubah kembali tampilannya, tepatnya pada tanggal 1 September 2007. Ident dan selingan antaracara diubah dengan tema lagu dari The Hives, dengan lagu tema, "Fall is Just Something That Grown-Ups Invented" dan ditayangkan selama beberapa bulan. Selingan antaracara lainnya berupa acara pendek yang seolah-olah berlangsung lima atau 10 detik. Sebulan kemudian, pada tanggal 15 Oktober, saluran ini mulai menyiarkan secara resmi dalam format High Definition.[3]

Pada bulan April 2008, Cartoon Network mulai menayangkan video klip khusus off-air, setelah menunggu selama 7 tahun. Selingan ini menggambarkan kegiatan sehari-hari seorang anak dari matahari terbit hingga malam hari dan diakhiri dengan "Good Night. See you tomorrow!", dalam hitungan detik sebelum acara dari Adult Swim mulai ditayangan.

Pada bulan Juni 2009, sebuah blok reality show mulai ditayangkan di blok siaran Cartoon Network, dipromosikan sebagai CN Real. Sejak itu Cartoon Network juga terlibat dalam banyak acara game show. Mulai 8 Februari 2010, Cartoon Network mulai menggunakan selingan antaracara yang menampilkan Noods yang digambar dengan cat, rumput, dsb. Logo masa kini Cartoon Network, yang diperkenalkan pada bulan Maret 2010, mulai digunakan pada bulan Mei tahun tersebut.[4] Selingan antaracara terbaru digunakan, dan video klip off-air juga diperbaharui. Klip off-air terbaru saat ini cukup menunjukkan jam waktu akhir siaran (23:00) dan dieruskan dengan kata "Check Ya Later" dan logo Cartoon Network (skema warna menggunakan warna skala kebiruan yang menunjukkan malam hari). Mulai tahun 2010, Cartoon Network juga menayangkan video on-air.

Acara TV Cartoon Network

Kartun klasik

Anime

Pahlawan super

Dari DC Comics

Acara Pahlawan super lain

Serial Scooby-Doo

Serial Pink Panther

Serial Tom and Jerry

Serial Looney Tunes

Acara produksi Cartoon Network Studios

Acara lain

Studio

Referensi

  1. ^ "Cartoon Network Boss Quits Over Bomb Scare". CNN. February 9, 2007. Diakses tanggal 2009-05-03. 
  2. ^ Stuart Snyder: The Perfect Combination, Broadcasting & Cable, Minggu, 21 Oktober 2007
  3. ^ Hibberd, James. "NBCU, Turner, CNN to Launch HD Networks". TVweek.com. Diakses tanggal 27 Februari. 
  4. ^ http://www.trademarkia.com/cn-cartoon-network-77964726.html

Pranala luar