R. Soewondo Ranoewidjojo: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
Kia 80 (bicara | kontrib)
k WikiCleaner 0.99 - ProyekWiki disambiguasi - Mari bergabung!
k clean up, replaced: propinsi → provinsi using AWB
Baris 1: Baris 1:
[[Berkas:R-Soewondo-Ranoewidjojo.jpg|right|thumb|S. Ranuwidjojo]]
[[Berkas:R-Soewondo-Ranoewidjojo.jpg|right|thumb|S. Ranuwidjojo]]
'''R. Soewondo Ranoewidjojo''' adalah [[Gubernur Jawa Timur]] periode [[1959]] - [[1963]] menggantikan [[R. T. A. Milono]] pada tanggal [[3 Desember]] [[1959]] di [[Surabaya]], [[Jawa Timur]]. Pada masa pemerintahannya kondisi sosial politik dan keamanan di Jawa Timur sudah membaik. Kasus yang tampak banyak mencuat pada masa itu adalah penyelewengan dan dugaan [[korupsi]] yang dilakukan oleh beberapa pejabat pemerintah, baik di tingkat [[propinsi]] maupun daerah. Diawali dengan dugaan penyelewengan uang tunjangan oleh Camat Donomulyo. Masalah ini akhirnya sampai ke Badan Pengawas Kegiatan Aparatur Negara (BAPEKAN) yang kemudian melakukan pemeriksaan intesif. Masalah serupa juga muncul di Kabupaten [[Sampang]], [[Pulau Madura|Madura]] ketika Bupati Sampang dituduh menyelewengkan berbagai kebutuhan pokok, seperti beras, gula dan kain sehingga harga-harga kebutuhan tersebut melambung tinggi dan langka. Masalah ini terselesaikan berkat campur tangan gubernur Sowondo, Ketua BAPEKAN, [[Selo Soemardjan]].
'''R. Soewondo Ranoewidjojo''' adalah [[Gubernur Jawa Timur]] periode [[1959]] - [[1963]] menggantikan [[R. T. A. Milono]] pada tanggal [[3 Desember]] [[1959]] di [[Surabaya]], [[Jawa Timur]]. Pada masa pemerintahannya kondisi sosial politik dan keamanan di Jawa Timur sudah membaik. Kasus yang tampak banyak mencuat pada masa itu adalah penyelewengan dan dugaan [[korupsi]] yang dilakukan oleh beberapa pejabat pemerintah, baik di tingkat [[provinsi]] maupun daerah. Diawali dengan dugaan penyelewengan uang tunjangan oleh Camat Donomulyo. Masalah ini akhirnya sampai ke Badan Pengawas Kegiatan Aparatur Negara (BAPEKAN) yang kemudian melakukan pemeriksaan intesif. Masalah serupa juga muncul di Kabupaten [[Sampang]], [[Pulau Madura|Madura]] ketika Bupati Sampang dituduh menyelewengkan berbagai kebutuhan pokok, seperti beras, gula dan kain sehingga harga-harga kebutuhan tersebut melambung tinggi dan langka. Masalah ini terselesaikan berkat campur tangan gubernur Sowondo, Ketua BAPEKAN, [[Selo Soemardjan]].


== Pranala luar ==
== Pranala luar ==

Revisi per 20 Juli 2013 20.36

S. Ranuwidjojo

R. Soewondo Ranoewidjojo adalah Gubernur Jawa Timur periode 1959 - 1963 menggantikan R. T. A. Milono pada tanggal 3 Desember 1959 di Surabaya, Jawa Timur. Pada masa pemerintahannya kondisi sosial politik dan keamanan di Jawa Timur sudah membaik. Kasus yang tampak banyak mencuat pada masa itu adalah penyelewengan dan dugaan korupsi yang dilakukan oleh beberapa pejabat pemerintah, baik di tingkat provinsi maupun daerah. Diawali dengan dugaan penyelewengan uang tunjangan oleh Camat Donomulyo. Masalah ini akhirnya sampai ke Badan Pengawas Kegiatan Aparatur Negara (BAPEKAN) yang kemudian melakukan pemeriksaan intesif. Masalah serupa juga muncul di Kabupaten Sampang, Madura ketika Bupati Sampang dituduh menyelewengkan berbagai kebutuhan pokok, seperti beras, gula dan kain sehingga harga-harga kebutuhan tersebut melambung tinggi dan langka. Masalah ini terselesaikan berkat campur tangan gubernur Sowondo, Ketua BAPEKAN, Selo Soemardjan.

Pranala luar

Didahului oleh:
R. T. A. Milono
Gubernur Jawa Timur
1959 - 1963
Diteruskan oleh:
Moch. Wijono