Teater Garasi: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
Semaun (bicara | kontrib)
Semaun (bicara | kontrib)
Baris 6: Baris 6:


==Masa awal (1993-2001)==
==Masa awal (1993-2001)==
Teater Garasi mendapat perhatian penonton di tingkat nasional dengan pertunjukan ''Empat Penggal Kisah Cinta'' (1997) yang menyegarkan kembali diskusi tentang realisme dan teater. Pada tahun 1998 dan 1999, berturut-turut mereka mementaskan ''''Endgame'''' (Samuel Beckett) dan ''''Les Paravents'''' (Jean Genet) yang membuat banyak kalangan mengira mereka mendukung style teater absurd. Di paruh 2000-2001, mereka memulai proses produksi yang dekat dengan bentuk ''physical-theatre'' dan ''visual-theater'', terutama melalui Repertoir Hujan (Sutradara: Gunawan Maryanto, 2000) dan Waktu Batu (Sutradara: Yudi Ahmad Tajudin, 2001). Proses produksi kedua karya inilah yang memengaruhi formulasi bentuk Laboratorium Penciptaan Teater.
Teater Garasi mendapat perhatian penonton di tingkat nasional dengan pertunjukan ''Empat Penggal Kisah Cinta'' (1997) yang menyegarkan kembali diskusi tentang realisme dan teater. Pada tahun 1998 dan 1999, berturut-turut mereka mementaskan ''Endgame'' (Samuel Beckett) dan ''Les Paravents'' (Jean Genet) yang membuat banyak kalangan mengira mereka mendukung style teater absurd. Di paruh 2000-2001, mereka memulai proses produksi yang dekat dengan bentuk ''physical-theatre'' dan ''visual-theater'', terutama melalui Repertoir Hujan (Sutradara: Gunawan Maryanto, 2000) dan Waktu Batu (Sutradara: Yudi Ahmad Tajudin, 2001). Proses produksi kedua karya inilah yang memengaruhi formulasi bentuk Laboratorium Penciptaan Teater.


==Laboratorium penciptaan teater==
==Laboratorium penciptaan teater==

Revisi per 3 Juli 2013 07.28

Teater Garasi (didirikan di Yogyakarta, 4 Desember 1993). Kelompok ini dikenal menghasilkan beragam karya teater dan pertunjukan eksperimental. Sebagai artist-collective kelompok ini beranggotakan belasan seniman kontemporer, diantaranya: Yudi Ahmad Tajudin (sutradara, Direktur Artistik Teater Garasi), Gunawan Maryanto (penyair, sutradara), Jompet Kuswidananto (perupa), Ugoran Prasad (pengarang, dramaturg), Risky Sasono (musisi, anggota Risky Summerbee and The Honeythief), Kusworo Bayu Aji (produser, aktor), Yenu Ariendra (musisi, kelompok musik Melancholic Bitch), Sri Qadariatin (aktor/performer), dan Theodorus Christanto (aktor/performer).

Latar belakang

Kelompok ini semula adalah suatu lembaga mahasiswa di kampus Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Universitas Gadjah Mada yang didirikan oleh Yudi Ahmad Tajudin, Kusworo Bayu Aji, dan Puthut Yulianto. Pada rentang 1993-1998, kelompok ini beroperasi sebagai teater kampus. Sejak 1999, Teater Garasi mengubah statusnya menjadi teater independen nirlaba. Pada tahun 2001, mereka mengambil bentuk Laboratorium Penciptaan Teater, untuk berkonsetrasi mengembangkan disiplin penciptaan pertunjukan dari berbagai sumber inspirasi, baik dari khasanah teater modern maupun teater non-Barat. Sejak tahun 2013, Teater Garasi mengubah bentuknya lagi menjadi Garasi Performance Institute.

Masa awal (1993-2001)

Teater Garasi mendapat perhatian penonton di tingkat nasional dengan pertunjukan Empat Penggal Kisah Cinta (1997) yang menyegarkan kembali diskusi tentang realisme dan teater. Pada tahun 1998 dan 1999, berturut-turut mereka mementaskan Endgame (Samuel Beckett) dan Les Paravents (Jean Genet) yang membuat banyak kalangan mengira mereka mendukung style teater absurd. Di paruh 2000-2001, mereka memulai proses produksi yang dekat dengan bentuk physical-theatre dan visual-theater, terutama melalui Repertoir Hujan (Sutradara: Gunawan Maryanto, 2000) dan Waktu Batu (Sutradara: Yudi Ahmad Tajudin, 2001). Proses produksi kedua karya inilah yang memengaruhi formulasi bentuk Laboratorium Penciptaan Teater.

Laboratorium penciptaan teater

Garasi Performance Institute

Pranata luar

(1) www.teatergarasi.org