Pippin I dari Aquitaine: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
EmausBot (bicara | kontrib)
k Bot: Migrasi 22 pranala interwiki, karena telah disediakan oleh Wikidata pada item d:Q333356
k Bot: Penggantian teks otomatis (-[[Category: +[[Kategori:)
Baris 90: Baris 90:
{{end}}
{{end}}


[[Category:Raja Franka]]
[[Kategori:Raja Franka]]
[[Category:Dinasti Carolingia]]
[[Kategori:Dinasti Carolingia]]
[[Category:Kelahiran 797]]
[[Kategori:Kelahiran 797]]
[[Category:Kematian 838]]
[[Kategori:Kematian 838]]

Revisi per 29 Juni 2013 18.29

Sekeping Dinar Pepin I dari Aquitania (817–838). Tulisan itu dibaca Pippinus rex.

Pepin I (797 – 13 Desember 838) merupakan seorang Raja Aquitania.

Biografi

Ia adalah putra kedua Kaisar Louis yang Saleh dan istri pertamanya, Ermengarde dari Hesbaye.

Ketika ayahnya menetapkan masing-masing anak sebuah kerajaan (di antara Kekaisaran) pada bulan Agustus 817, ia menerima Aquitania, yang merupakan anak kerajaan Louis selama pemerintahan ayahnya Charlemagne. Ermoldus Nigellus adalah seorang pujangga istananya dan menemaninya ke dalam Bretagne pada tahun 824.

Pepin memberontak pada tahun 830 atas desakan penasihat kakandanya Lothaire Wala. Ia mengambil pasukan Gascon dengannya dan berbaris ke segala arah menuju Paris, dengan dukungan Neustria. Ayahnya berbaris kembali dari kampanye di Bretagne segala arah ke Compiègne, dimana Pepin mengepung dan menangkapnya. Namun pemberontakan itu pecah.

Pada tahun 832, Pepin memberontak lagi dan saudaranya Louis orang Jerman segera mengikuti. Louis yang Saleh berada di Aquitania untuk menundukkan pemberontakan apapun, namun dipukul mundur oleh pemberontakan Bayern Louis yang lebih muda. Pepin mengambil Limoges dan wilayah-wilayah kerajaan lainnya. Tahun berikutnya, Lothaire bergabung di dalam pemberontakan, dan dengan bantuan Ebbo, Uskup Agung Reims, anak-anak yang memberontak itu menggulingkan ayah mereka pada tahun 833. Perilaku Lothaire kemudian mengasingkan Pepin, dan ia berada di pihak ayahnya ketika status Louis yang Saleh dipulihkan pada tanggal 1 Maret 834. Status Pepin dipulihkan seperti semula.

Pepin meninggal hampir 4 tahun kemudian dan dimakamkan Sainte-Croix di Poitiers.

Pada tahun 822, ia menikahi Ingeltrude[1], putri Theodobert, Pangeran Madrie, dengan siapa ia memiliki 2 orang putra: Pepin (823-setelah 864), dan Charles (825-830 - 4 Juni 863), yang menjadi Uskup Agung Mainz.

Keduanya masih bocah ketika Pepin wafat, sehingga Louis yang Saleh menganugerahkan Aquitania kepada putranya yang bungsu, saudara tiri Pepin Charles yang Botak. Namun masyakarat Aquitania memilih putra Pepin sebagai Pepin II. Charles juga secara singkat menuntut kerajaan itu. Keduanya meninggal tanpa keturunan.

Silsilah

Catatan

  1. ^ Also called Engelberga, Rigarde, Hringard, or Ringart.

Sumber

  • Collins, Roger. "Pippin I and the Kingdom of Aquitaine." Charlemagne's Heir: New Perspectives on the Reign of Louis the Pious, edd. P. Godman and Roger Collins. Oxford: Oxford University Press, 1990. Reprinted in Law, Culture and Regionalism in Early Medieval Spain. Variorum, 1992. ISBN 0-86078-308-1.


Pippin I dari Aquitaine
Lahir: 797 Meninggal: 838
Didahului oleh:
Louis I
Raja Aquitania
817–838
Diteruskan oleh:
Charles II,
ditentang oleh Pepin II