Liga Bola Basket Wanita Nasional Indonesia: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
Wildcat (bicara | kontrib)
Wildcat (bicara | kontrib)
Tidak ada ringkasan suntingan
Baris 17: Baris 17:


Liga ini didirikan tahun 2011, juara WNBL musim 2012-13 adalah [[Tomang Sakti Mighty Bees Jakarta]].
Liga ini didirikan tahun 2011, juara WNBL musim 2012-13 adalah [[Tomang Sakti Mighty Bees Jakarta]].

== Sejarah ==
WNBL Indonesia yang dikelola oleh [[DBL Indonesia]] ini merupakan jawaban atas dibubarkannya Kobanita (Kompetisi Bola Basket Wanita) oleh Perbasi di tahun 2009. Kobanita dibubarkan karena minimnya dana yang tersedia untuk menyelenggarakan liga bola basket wanita tertinggi di tanah air ini.

[[Mahaputri Britama Jakarta]] mendominasi Kobanita di era tahun 2000an dengan menjuarai liga ini tujuh kali berturut-turut dari tahun 2001-2008. Tim-tim yang pernah berlaga di Kobanita antara lain: [[Mahaputri Britama Jakarta]], [[Rajawali Sakti Surabaya]], [[Merah Putih Jakarta]], [[Scorpio Jakarta]], [[Bhinneka Sritex Solo]], [[Jayabaya Kediri]], [[Rajawali Bandung]], [[Tunas Bandung]], [[Sahabat Surabaya]], [[CLS Surabaya]], dan [[Iberchem Colony Jakarta]].


==Hasil Kompetisi==
==Hasil Kompetisi==

Revisi per 15 Juni 2013 05.10

Women's National Basketball League (WNBL) Indonesia
OlahragaBasket
Didirikan2011
Jumlah tim6 (Musim Kompetisi 2012-2013)
Negara Indonesia
BenuaFIBA Asia (Asia)
Juara
terkini
Tomang Sakti Mighty Bees Jakarta
Juara terbanyakNone
Situs web resmiWnblindonesia.com

Liga Bola Basket Wanita Nasional Indonesia (nama resmi: Women National Basketball League Indonesia, disingkat WNBL Indonesia) adalah liga bola basket secara profesional di Indonesia, yang pada musim perdananya (2011-2012) diikuti oleh 5 klub peserta dari seluruh Indonesia. DI musim keduanya, WNBL Indonesia diikuti oleh 6 tim. WNBL Indonesia dikelola oleh DBL Indonesia dan diatur oleh Perbasi.

Liga ini didirikan tahun 2011, juara WNBL musim 2012-13 adalah Tomang Sakti Mighty Bees Jakarta.

Sejarah

WNBL Indonesia yang dikelola oleh DBL Indonesia ini merupakan jawaban atas dibubarkannya Kobanita (Kompetisi Bola Basket Wanita) oleh Perbasi di tahun 2009. Kobanita dibubarkan karena minimnya dana yang tersedia untuk menyelenggarakan liga bola basket wanita tertinggi di tanah air ini.

Mahaputri Britama Jakarta mendominasi Kobanita di era tahun 2000an dengan menjuarai liga ini tujuh kali berturut-turut dari tahun 2001-2008. Tim-tim yang pernah berlaga di Kobanita antara lain: Mahaputri Britama Jakarta, Rajawali Sakti Surabaya, Merah Putih Jakarta, Scorpio Jakarta, Bhinneka Sritex Solo, Jayabaya Kediri, Rajawali Bandung, Tunas Bandung, Sahabat Surabaya, CLS Surabaya, dan Iberchem Colony Jakarta.

Hasil Kompetisi

Musim Kompetisi Juara Most Valuable Player Coach of The Year Rookie of The Year
2011-2012 Surabaya Fever Jacklien Ibo (Tomang Sakti Mighty Bees Jakarta Wempi Wiyanto (Sritex Dragons Solo) N/A
2012-2013 Tomang Sakti Mighty Bees Jakarta Gabriel Sophia (Surabaya Fever) Arifin (Rajawali Bandung) Yuni Anggraeni (Sahabat Semarang)

Klub musim kompetisi 2012-2013

Referensi

Pranala Luar