Orang bunian: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
EmausBot (bicara | kontrib)
k Bot: Migrasi 2 pranala interwiki, karena telah disediakan oleh Wikidata pada item d:Q4272213
Butanissa (bicara | kontrib)
Tidak ada ringkasan suntingan
Baris 1: Baris 1:
'''Orang bunian''' atau sekedar '''bunian''' adalah [[mitos]] sejenis [[makhluk halus]] dari wilayah [[Minangkabau]], [[Sumatera Barat]], [[Indonesia]]. Berdasar mitos tersebut, orang bunian berbentuk menyerupai [[manusia]] dan tinggal di tempat-tempat sepi, di [[rumah]]-rumah kosong yang telah ditinggalkan penghuninya dalam waktu lama.
'''Orang bunian''' atau sekedar '''bunian''' adalah [[mitos]] sejenis [[makhluk halus]] dari wilayah [[Minangkabau]], [[Sumatera Barat]], [[Indonesia]]. Berdasar mitos tersebut, orang bunian berbentuk menyerupai [[manusia]] dan tinggal di tempat-tempat sepi, -gunung,bukit&rimba.


== Latar belakang ==
== Latar belakang ==
Istilah ini dikenal di wilayah Istilah [[orang bunian]] juga kadang-kadang dikaitkan dengan istilah [[dewa]] di Minangkabau, pengertian "[[dewa]]" dalam hal ini sedikit berbeda dengan pengertian dewa dalam ajaran [[Hindu]] maupun [[Buddha]]. "Dewa" dalam istilah [[Minangkabau]] berarti sebangsa makhluk halus yang tinggal di wilayah [[hutan]], di [[rimba]], di pinggir [[bukit]], atau di dekat [[kuburan|pekuburan]]. Biasanya bila hari menjelang [[matahari terbenam]] di pinggir bukit akan tercium sebuah aroma yang biasa dikenal dengan nama "[[masakan]] [[dewa]]" atau "[[samba]] dewa". Aroma tersebut mirip bau [[kentang]] [[goreng]]. Hal ini dapat berbeda-beda namun mirip, berdasarkan kepercayaan lokal masyarakat Minangkabau di daerah berbeda. "Dewa" dalam kepercayaan Minangkabau lebih diasosiasikan sebagai ber[[gender]] [[perempuan]], yang [[cantik]] rupawan, bukan [[laki-laki]] seperti persepsi yang umum di kepercayaan lain.
Istilah ini dikenal di wilayah minang kabaw,Istilah [[orang bunian]] juga kadang-kadang dikaitkan dengan istilah [[orang halus]] di Minangkabau, pengertian "[[orang halus]]" dalam hal ini sedikit berbeda dengan pengertian jin&setan dalam istilah [[Minangkabau]]sibunian berarti sebangsa makhluk halus. yang tinggal di wilayah [[gunung]], di [[rimba]], di pinggir [[bukit]]yang hampir sama dengan manusia beraktifitas seperti kita tp mereka tak terliht,Biasanya bila hari menjelang [[matahari terbenam]] di pinggir bukit akan tercium sebuah aroma yang biasa dikenal dengan nama "[[masakan]]" atau "[[samba]] Aroma tersebut mirip bau [[kentang]] [[goreng]].kadang ada kala terdengar suara alat musik tradisional yang syup sayup dimalam hari,menurt cerita mereka sedang ada acara,menurut certa apa terdengar suara yang berdngung dari dalam pasar tu pertanda ada bunian yang berbelanja dipasar tersbut,,,,Hal ini dapat berbeda-beda namun mirip, berdasarkan kepercayaan lokal masyarakat Minangkabau di daerah berbeda.


Selain itu, masyarakat Minangkabau juga meyakini bahwa ada peristiwa orang hilang disembunyikan dewa / orang bunian. Ada juga istilah "orang dipelihara dewa", yang saat [[bayi]] telah dilarikan oleh dewa. Mitos ini masih dipercaya banyak masyarakat Minangkabau sampai sekarang.
Selain itu, masyarakat Minangkabau juga meyakini bahwa ada peristiwa orang hilang dilarikan orang bunian.dibawa kekampung mereka,,suatu sat mereka kadang pulang dan bisa pergi/hilang kembali,ada pulang yang tidak kembali tapi merka yang pulang dan tak hilang kembali kebanyakan tidak waras/tak sehat lagi pikiran y.


{{Mitos supernatural Indonesia}}
{{Mitos supernatural Indonesia}}

Revisi per 8 Mei 2013 12.33

Orang bunian atau sekedar bunian adalah mitos sejenis makhluk halus dari wilayah Minangkabau, Sumatera Barat, Indonesia. Berdasar mitos tersebut, orang bunian berbentuk menyerupai manusia dan tinggal di tempat-tempat sepi, -gunung,bukit&rimba.

Latar belakang

Istilah ini dikenal di wilayah minang kabaw,Istilah orang bunian juga kadang-kadang dikaitkan dengan istilah orang halus di Minangkabau, pengertian "orang halus" dalam hal ini sedikit berbeda dengan pengertian jin&setan dalam istilah Minangkabausibunian berarti sebangsa makhluk halus. yang tinggal di wilayah gunung, di rimba, di pinggir bukityang hampir sama dengan manusia beraktifitas seperti kita tp mereka tak terliht,Biasanya bila hari menjelang matahari terbenam di pinggir bukit akan tercium sebuah aroma yang biasa dikenal dengan nama "masakan" atau "samba Aroma tersebut mirip bau kentang goreng.kadang ada kala terdengar suara alat musik tradisional yang syup sayup dimalam hari,menurt cerita mereka sedang ada acara,menurut certa apa terdengar suara yang berdngung dari dalam pasar tu pertanda ada bunian yang berbelanja dipasar tersbut,,,,Hal ini dapat berbeda-beda namun mirip, berdasarkan kepercayaan lokal masyarakat Minangkabau di daerah berbeda.

Selain itu, masyarakat Minangkabau juga meyakini bahwa ada peristiwa orang hilang dilarikan orang bunian.dibawa kekampung mereka,,suatu sat mereka kadang pulang dan bisa pergi/hilang kembali,ada pulang yang tidak kembali tapi merka yang pulang dan tak hilang kembali kebanyakan tidak waras/tak sehat lagi pikiran y.