Swastika: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
M. Adiputra (bicara | kontrib)
kTidak ada ringkasan suntingan
EmausBot (bicara | kontrib)
k Bot: Migrasi 65 pranala interwiki, karena telah disediakan oleh Wikidata pada item d:Q45513
Baris 33: Baris 33:


{{Link FA|ka}}
{{Link FA|ka}}

[[als:Svastika]]
[[ang:Fylfōt]]
[[ar:صليب معقوف]]
[[az:Svastika]]
[[be:Свастыка]]
[[be-x-old:Свастыка]]
[[bg:Свастика]]
[[bo:གཡུང་དྲུང་།]]
[[bs:Svastika]]
[[ca:Esvàstica]]
[[cs:Svastika]]
[[da:Svastika]]
[[de:Swastika]]
[[el:Σβάστικα]]
[[en:Swastika]]
[[eo:Svastiko]]
[[es:Esvástica]]
[[et:Svastika]]
[[eu:Esbastika]]
[[fa:صلیب شکسته]]
[[fi:Hakaristi]]
[[fr:Svastika]]
[[gl:Esvástica]]
[[gu:સ્વસ્તિક]]
[[he:צלב קרס]]
[[hi:स्वस्तिक]]
[[hr:Svastika]]
[[hu:Szvasztika]]
[[hy:Սվաստիկա]]
[[it:Svastica]]
[[ja:卍]]
[[ka:სვასტიკა]]
[[kk:Свастика]]
[[ko:만자문]]
[[la:Crux gammata]]
[[lt:Svastika]]
[[lv:Svastika]]
[[mk:Свастика]]
[[mn:Хас]]
[[mr:स्वस्तिक]]
[[ms:Swastika]]
[[nl:Swastika (symbool)]]
[[nn:Svastika]]
[[no:Hakekors]]
[[pl:Swastyka]]
[[pt:Suástica]]
[[ro:Svastică]]
[[ru:Свастика]]
[[simple:Swastika]]
[[sk:Svastika]]
[[sl:Svastika]]
[[sq:Svastika]]
[[sr:Свастика (симбол)]]
[[sv:Svastika]]
[[szl:Hakynkrojc]]
[[ta:சுவசுத்திக்கா]]
[[te:స్వస్తిక్]]
[[th:สวัสติกะ]]
[[tr:Svastika]]
[[uk:Свастика]]
[[vi:Chữ Vạn]]
[[xal:Лүңтн]]
[[xmf:სვასტიკა]]
[[yi:האקנקרייץ]]
[[zh:卐]]

Revisi per 7 April 2013 02.03

Pahatan swastika searah jarum jam pada Sungkul Tangga rumah Banjar di Kalimantan Selatan. Hal ini tidak searah dengan filosofi thawaf dalam ibadah Haji yaitu mengelilingi Ka'bah dengan arus putaran yang berlawanan arah jarum jam.

Swastika (hanya 卐 tidak diperbolehkan 卍) merupakan salah satu simbol yang paling disucikan dalam tradisi Hindu, merupakan contoh nyata tentang sebuah simbol religius yang memiliki latar belakang sejarah dan budaya yang kompleks sehingga hampir mustahil untuk dinyatakan sebagai kreasi atau milik sebuah bangsa atau kepercayaan tertentu.

Diyakini sebagai salah satu simbol tertua di dunia, telah ada sekitar 4000 tahun lalu (berdasarkan temuan pada makam di Aladja-hoyuk, Turki), berbagai variasi Swastika dapat ditemukan pada tinggalan-tinggalan arkeologis ( koin, keramik, senjata, perhiasan atau pun altar keagamaan) yang tersebar pada wilayah geografis yang amat luas.

Wilayah geografis tersebut mencakup Turki, Yunani, Kreta, Siprus, Italia, Persia, Mesir, Babilonia, Mesopotamia, India, Tibet, Cina, Jepang, negara-negara Skandinavia dan Slavia, Jerman hingga Amerika.

Etimologi

Kata Swastika terdiri dari kata Su yang berarti baik, kata Asti yang berarti adalah dan akhiran Ka yang membentuk kata sifat menjadi kata benda. Sehingga lambang Swastika merupakan bentuk simbol atau gambar dari terapan kata Swastyastu (Semoga dalam keadaan baik).

Swastika dalam berbagai bangsa

Simbol ini, yang dikenal dengan berbagai nama seperti misalnya Tetragammadion di Yunani atau Fylfot di Inggris, menempati posisi penting dalam kepercayaan maupun kebudayaan bangsa-bangsa kuno, seperti bangsa Troya, Het, Kelt serta Teuton. Simbol ini dapat ditemukan pada kuil-kuil Hindu, Jaina dan Buddha maupun gereja-gereja Kristen (Gereja St. Sophia di Kiev, Ukrainia, Basilika St. Ambrose, Milan, serta Katedral Amiens, Prancis), mesjid-mesjid Islam ( di Ishafan, Iran dan Mesjid Taynal, Lebanon) serta sinagog Yahudi Ein Gedi di Yudea.

Swastika pernah (dan masih) mewakili hal-hal yang bersifat luhur dan sakral, terutama bagi pemeluk Hindu, Jaina, Buddha, pemeluk kepercayaan Gallic-Roman (yang altar utamanya berhiaskan petir, swastika dan roda), pemeluk kepercayaan Celtic kuna (swastika melambangkan Dewi Api Brigit), pemeluk kepercayaan Slavia kuno (swastika melambangkan Dewa Matahari Svarog) maupun bagi orang-orang Indian suku Hopi serta Navajo (yang menggunakan simbol itu dalam ritual penyembuhan). Jubah Athena serta tubuh Apollo, dewa dan dewi Yunani, juga kerap dihiasi dengan simbol tersebut.

Di pihak yang lain, Swastika juga menempati posisi sekuler sebagai semata-mata motif hiasan arsitektur maupun lambing entitas bisnis, mulai dari perusahaan bir hingga laundry.

Bahkan, swastika juga pernah menjadi simbol dari sebuah kekejaman tak terperi saat Hitler menggunakannya sebagai perwakilan dari superioritas bangsa Arya. Jutaan orang Yahudi tewas di tangan para prajurit yang dengan bangga mengenakan lambang swastika (Swastika yang “sinistrovere”: miring ke kiri sekitar 45 derajat) di lengannya.


Swastika juga banyak mengadung arti, bila searah dengan arah jarum jam berarti mengadung hal - hal yang bersifat atau mengandung kebaikan. sedangkan bila berlawanan dengan arah jarum jam maka merupakan suatu bentuk kejelekan dan banyak digunakan oleh para penyihir - pentihir dizaman dahulu. Swastika yang searah jarum jam juga berarti mengikuti arus aturan dan kebiasaaan kehidupan yang berlaku di masyarakat pada umumnya (searah jarum jam = searah perputaran waktu kehidupan di bumi), sedangkan bila berlawanan dengan arah jarum jam maka merupakan suatu perbuatan yang berlawanan dari segala arus aturan dan kebiasaan yang berkembang di masyarakat, hal ini bisa berarti baik maupun buruk (berlawanan arah jarum jam = berlawanan arah dengan perputaran waktu bumi / berlawanan dengan segala hal yang biasa dalam kehidupan pada umumnya). Contohnya : Jika kita hidup di lingkungan yang buruk dan negatif maka merupakan suatu hal yang baik jika kita tidak mengikutinya, sebaliknya jika kita hidup di dalam lingkungan yang baik dan positif namun kita tidak mengindahkannya, berarti perbuatan kita adalah negatif. Sang Buddha Gautama saat membina diri juga menyadari bahwa pembinaan diri itu harus berlawanan dengan metode pembinaan diri yang berkembang di masanya, yaitu metode pembinaan yang menyiksa diri, sehingga Sang Buddha pun mengubah metode pertapaannya menjadi metode meditasi yang sederhana (tanpa menyiksa diri), dan ternyata justru berhasil mencapai tingkat pencerahan sempurna.

Templat:Link FA