Selametan: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
Tidak ada ringkasan suntingan
EmausBot (bicara | kontrib)
k Bot: Migrasi 1 pranala interwiki, karena telah disediakan oleh Wikidata pada item d:Q7538596
Baris 26: Baris 26:


[[Kategori:Budaya Jawa]]
[[Kategori:Budaya Jawa]]

[[en:Slametan]]

Revisi per 6 April 2013 17.09

Acara Selamatan di sebuah masjid di Cibodas , dengan tumpeng sebagai menu utamanya pada tahun 1907

Selamatan atau selametan adalah sebuah tradisi ritual yang dilakukan oleh masyarakat Jawa. Selamatan juga dilakukan oleh masyarakat Sunda dan Madura . Selamatan adalah suatu bentuk acara syukuran dengan mengundang beberapa kerabat atau tetangga . Secara tradisional acara syukuran dimulai dengan doa bersama, dengan duduk bersila diatas tikar, melingkari nasi tumpeng dengan lauk pauk. [1]

Praktik upacara selamatan sebagaimana yang diungkapkan oleh Hildred Geertz tersebut pada umumnya dianut oleh kaum Islam Abangan, sedangkan bagi kaum Islam Putihan (santri) praktik selamatan tersebut tidak sepenuhnya dapat diterima, kecuali dengan membuang unsur-unsur syirik yang menyolok seperti sebutan dewa-dewa dan roh-roh. Karena itu bagi kaum santri, selamatan adalah upacara do’a bersama dengan seorang pemimpin atau modin yang kemudian diteruskan dengan makan-makan bersama sekedarnya dengan tujuan untuk mendapatkan keselamatan dan perlindungan dari Allah Yang maha Kuasa. [2]

Slametan dilakukan untuk merayakan hampir semua kejadian, termasuk kelahiran, kematian pernikahan, pindah rumah, dan sebagainya. Geertz mengkategorikan mereka ke dalam empat jenis utama:

  • Yang berkaitan dengan kehidupan: kelahiran, khitanan, pernikahan, dan kematian
  • Yang terkait dengan peristiwa perayaan Islam
  • Bersih Desa ("pembersihan desa"), berkaitan dengan integrasi sosial desa.
  • Kejadian yang tidak biasa misalnya berangkat untuk perjalanan panjang, pindah rumah, mengubah nama , kesembuhan penyakit, kesembuhan akan pengaruh sihir, dan sebagainya.

Asal kata

Slametan berasal dari kata slamet (Arab: salamah) yang berarti selamat,bahagia, sentausa. Selamat dapat dimaknai sebagai keadaan lepas dariinsiden-insiden yang tidak dikehendaki. Sementara itu, Clifford Geertz slamet berarti gak ana apa-apa (tidak ada apa-apa)

Upacara selamatan merupakan salah satu tradisi yang dianggap dapat menjauhkan diri dari mala petaka. Slametan adalah konsep universal yang di setiap tempat pasti ada dengan nama yang berbeda. Hal ini karena kesadaran akan diri yang ³lemah´ di hadapan kekuatan-kekuatan di luar diri manusia.

Catatan Kaki

  1. ^ "Upacara selamatan". 8 August 2012. 
  2. ^ "Unsur dalam Upacara selamatan". 8 August 2012. 

Referensi

  • H.Th. Fischer, Pengantar Anthropologi Kebudayaan Indonesia, terj. Anas Makruf (Jakarta: Pustaka Sardjana, 1953)
  • Koentjaraningrat, Kebudayaan Jawa (Jakarta: Balai Pustaka, 1984)
  • Geertz, Clifford. The Religion of Java . Glencoe, IL: The Free Press, 1960.