Georgy Zhukov: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
ErikvanB (bicara | kontrib)
EmausBot (bicara | kontrib)
k Bot: Migrasi 59 pranala interwiki, karena telah disediakan oleh Wikidata pada item d:Q124617
Baris 81: Baris 81:
[[Kategori:Tokoh Rusia]]
[[Kategori:Tokoh Rusia]]
{{Link FA|vi}}
{{Link FA|vi}}

[[an:Georgi Zhukov]]
[[ar:غيورغي جوكوف]]
[[az:Georgi Jukov]]
[[be:Георгій Канстанцінавіч Жукаў]]
[[bg:Георгий Жуков]]
[[ca:Gueorgui Júkov]]
[[cs:Georgij Konstantinovič Žukov]]
[[cv:Жуков Георгий Константинович]]
[[da:Georgij Zjukov]]
[[de:Georgi Konstantinowitsch Schukow]]
[[el:Γκεόργκι Ζούκοφ]]
[[en:Georgy Zhukov]]
[[eo:Georgij Konstantinoviĉ Ĵukov]]
[[es:Gueorgui Zhúkov]]
[[et:Georgi Žukov]]
[[eu:Georgi Zhukov]]
[[fa:گئورگی ژوکوف]]
[[fi:Georgi Žukov]]
[[fr:Gueorgui Joukov]]
[[gl:Gueorgui Zhukov]]
[[he:גאורגי ז'וקוב]]
[[hr:Georgij Žukov]]
[[hu:Georgij Konsztantyinovics Zsukov]]
[[hy:Գեորգի Ժուկով]]
[[it:Georgij Konstantinovič Žukov]]
[[ja:ゲオルギー・ジューコフ]]
[[jv:Georgy Zhukov]]
[[ka:გიორგი ჟუკოვი]]
[[kk:Георгий Константинович Жуков]]
[[ko:게오르기 주코프]]
[[la:Georgius Žukov]]
[[lez:Георгий Константинович Жуков]]
[[lt:Georgijus Žukovas]]
[[lv:Georgijs Žukovs]]
[[mn:Георгий Жуков]]
[[ms:Georgi Zhukov]]
[[my:ဇူးကော့ဂျီ၊ ကေ]]
[[nl:Georgi Zjoekov (generaal)]]
[[nn:Georgij Zjukov]]
[[no:Georgij Zjukov]]
[[pl:Gieorgij Żukow]]
[[pnb:گیورگی زوکوف]]
[[ps:ګيورګې ژوکوف]]
[[pt:Gueorgui Jukov]]
[[ro:Gheorghi Jukov]]
[[ru:Жуков, Георгий Константинович]]
[[sh:Georgij Žukov]]
[[simple:Georgy Zhukov]]
[[sk:Georgij Konstantinovič Žukov]]
[[sl:Georgij Konstantinovič Žukov]]
[[sr:Георгиј Жуков]]
[[sv:Georgij Zjukov]]
[[th:เกออร์กี จูคอฟ]]
[[tr:Georgi Jukov]]
[[uk:Жуков Георгій Костянтинович]]
[[vi:Georgi Konstantinovich Zhukov]]
[[war:Georgy Zhukov]]
[[yi:געארגי זשוקאוו]]
[[zh:格奥尔基·康斯坦丁诺维奇·朱可夫]]

Revisi per 6 April 2013 05.05

Гео́ргий Константи́нович Жу́ков
Georgy Konstantinovich Zhukov
DikebumikanKremlin Wall Necropolis
PengabdianRusia Rusia (1915 – 1917)
 Uni Soviet (1917 – 1957)
Dinas/cabangTentara Kekaisaran Rusia
Tentara Merah
Lama dinas1915 – 1957
PangkatMarsekal Uni Soviet
KomandanDistrik Militer Kiev (20 Juni 1940 - Februari 1941)
Front Cadangan Soviet (Agustus 1941 - September 1941)
Front Leningrad (10 September 1941 - Oktober 1941)
Front Barat Soviet (13 Oktober 1941 - 26 Agustus 1942)
Front Ukraina Ke-1 (Maret 1944-Mei 1944)
Front Belarusia Ke-1 (November 1944-Juni 1945)
Perang/pertempuranPerang Dunia I
Perang Saudara Rusia
Perang Perbatasan Soviet-Jepang (Pertempuran Khalkhin Gol)
Perang Dunia II
PenghargaanHero of the Soviet Union (4)
Order of Lenin (6)
Order of the Red Banner
Order of the October Revolution (3)
Order of Suvorov, 1st Class (2)
Order of Victory (2)
Virtuti Militari
Order of the Bath
Legion of Merit
Cross of St. George (2)
Medal "Of XX of the years of RKKA"
Medal "for the defense of Moscow"
Medal "for the defense of Leningrad"
Medal "for the defense of Stalingrad"
Medal "for the defense of the Caucasus"
Medal "for the Liberation of Warsaw"
Medal "for the taking of Berlin"
Medal "for the victory over Germany in the Second World War 1941–1945 yr."
Medal "to the memory of the 800th anniversary of Moscow"
Medal "Of XXX of the years of the Soviet Army and Navy"
Medal "40 years of the Soviet Army and Navy"
Medal "50 years Armed Forces of the USSR"
Medal "in memory of 250 years—the anniversary of Leningrad"
Medal "Of XX years of Victory in the Second World War 1941–1945"
Medal "100th Anniversary of Lenin's Birth"
Pekerjaan lainMemoirs: Remembrances and Contemplations, 1969.

Georgy Konstantinovich Zhukov (Sirilik: Гео́ргий Константи́нович Жу́ков) (1 Desember 1896 – 18 Juni 1974), adalah komandan militer Uni Soviet dan juga seorang politikus, dan merupakan salah seorang jenderal yang terkenal lewat jasanya yang besar di Perang Dunia II.

Awal karier

Terlahir dari keluarga petani di Strelkovka, Maloyaroslavets Raion, Kaluga Guberniya (sekarang Zhukovo Raion Kaluga Oblast), Zhukov kemudian hijrah ke Moskow, dan pada tahun 1915, Zhukov menjalani wajib militer di Tentara Kekaisaran Rusia. Semasa Perang Dunia I, Zhukov mendapat anugerah berupa medali penghargaan Salib Santo Georgius sebanyak dua kali dan dipromosikan pada jabatan opsir non-komisioner atas keberaniannya di medan perang. Dia kemudian bergabung dengan Partai Bolshevik tidak lama setelah terjadinya Revolusi Oktober, dan latar belakang kehidupannya yang miskin menjadi semacam aset baginya di dalam badan partai. Setelah sembuh dari tifus, dia bertempur dalam Perang Saudara Rusia dari 1918 sampai 1920, dan mendapatkan penghargaan Order of the Battle Red Banner karena berhasil membungkam pemberontakan rakyat yang dipicu oleh orang-orang non-komunis (Rusia Putih).

Pada 1923 Zhukov menjadi komandan yang mengepalai sebuah resimen, dan pada 1930, memimpin sebuah brigade. Dia sangat berhasrat dan tertarik dengan teori baru dalam pertempuran, yakni pertempuran tank (armoured warfare) dan juga terkenal karena perencanaannya yang matang, dan disiplin yang tinggi. Dia selamat dari pembunuhan besar-besaran pada masa Stalin (dalam bahasa Inggris Great Purge) yang terjadi di kalangan Tentara Merah pada 1937-1938.

Pada 1938 Zhukov ditunjuk untuk memimpin Pasukan Soviet-Mongolia Pertama, dan terlibat dalam pertempuran melawan Tentara Kwantung milik Jepang di perbatasan antara Mongolia dengan Manchukuo yang dikuasai Jepang yang berlangsung dari 1938 sampai 1939 yang dimulai dengan patroli perbatasan rutin yang dilakukan pihak Jepang, tetapi melewati perbatasan Uni Soviet, dan makin memuncak hingga terjadi perang secara besar-besaran dimana pihak Jepang mengerahkan 80.000 tentara, 180 kendaraan lapis baja dan 450 pesawat tempur.

Konflik itu mencapai puncaknya pada Pertempuran Khalkhin Gol. Zhukov meminta bala bantuan dalam skala besar, dan pada 15 Agustus 1939, dia memerintahkan serangan secara frontal pada pihak Jepang. Namun Zhukov berhasil memukul mundur dua brigade tank Jepang lewat manuver yang dinilai berani dan membuahkan hasil, lalu memerintahkan pasukannya agar maju dan mengapit musuh dari dua sisi medan pertempuran. Didukung infantri dan artileri, dua grup tempur mobil berhasil mengepung Pasukan Jepang Keenam dan berhasil merebut tempat logistik dan suplai pasukan Jepang. Alhasil, kurang dari seminggu, moral pasukan Jepang rontok dan dikalahkan dengan mudah oleh Tentara Merah.

Atas kemenangan melawan Jepang ini, Zhukov dianugerahi medali penghargaan Pahlawan Uni Soviet. Di luar Uni Soviet, pertempuran ini kurang begitu terdengar gaungnya, karena pada saat bersamaan, Perang Dunia II baru saja dimulai. Zhukov memperkenalkan metode pertempuran yang mengandalkan pasukan lapis baja gerak cepat (mobile armored troops) pada Uni Soviet maupun Sekutu Barat, tetapi tidak begitu diterima, dan sebagai konsekuensinya, Blitzkrieg yang dilancarkan oleh Jerman Nazi kepada Perancis pada 1940 tidak terelakkan dan Perancis kalah telak dalam hitungan hari.

Zhukov kemudian dipromosikan pada jabatan marsekal. Pada tahun 1940, Zhukov langsung menjadi Kepala Staf Tentara Merah pada Januari - Juli 1941 sebelum akhirnya digantikan oleh Marsekal Boris Shaposhnikov karena bertentangan dengan Stalin dalam beberapa hal.

Perang Dunia II

Setelah invasi Jerman ke Uni Soviet pada Juni 1941, Zhukov tidak takut mengemukakan ketidaksetujuan maupun kritik kepada Stalin dan para petinggi militer Soviet lainnya. Alhasil, dia dilepas dari jabatannya semula dan dikirim ke Distrik Militer Leningrad untuk menyusun pertahanan kota tersebut. Dia berhasil memukul mundur laju gerakan pasukan Jerman di selatan Leningrad pada musim gugur 1941.

Pada Oktober 1941, ketika pasukan Nazi makin mendekati Moskwa, Zhukov menggantikan posisi Marsekal Semyon Timoshenko untuk memimpin pasukan di front pusat dan ditunjuk untuk mengatur pertahanan kota Moskwa. Dia jugalah yang mengatur pengiriman pasukan dari Siberia, dimana terdapat pasukan AD Soviet dalam jumlah masif. Serangan balasan Soviet yang sukses pada Desember 1941 berhasil meluluhlantakkan pasukan Jerman dan menjauhkan mereka dari ibukota Soviet.

Pada saat itu, Zhukov sangat dihargai oleh Stalin atas segala kesuksesannya di medan perang, juga atas kejujuran dan keterbukaan dalam berpendapatnya. Kesediaan Stalin untuk menerima kritik dan pendapat dari para jenderal Tentara Merah tentunya juga merupakan kontribusi yang tidak kecil sehingga dirinya, dan Uni Soviet, bisa memenangkan Perang Dunia II - bertolak belakang dengan Hitler yang kerap membungkam dan memecat jenderal yang berani memprotes rencananya, dimana hal itu juga menjadi kelemahan Hitler.

Pada 1942, Zhukov menjadi Wakil Kepala Komandan Lapangan dan dikirim ke front barat daya untuk memegang kendali atas pertahanan kota Stalingrad. Dibawah kepemimpinan Vasilievsky disana, dia memperkirakan pengepungan dan penangkapan Pasukan Jerman Keenam pada 1943 akan mengorbankan banyak jiwa manusia, mungkin mencapai 1 juta. Selama bertugas di Stalingrad, Zhukov menghabiskan banyak waktu untuk serangan-serangan yang konon tidak berhasil di Rzhev, Sychevka dan Vyazma, disebut Pelumat Daging Rzhev ("Ржевская мясорубка"). Bagaimanapun, Zhukov mengklaim bahwa segala usahanya selama di Stalingrad sukses, yang menyebabkan Stalin berpendapat soal tindakan Zhukov:

"Berlawanan dengan klaim Zhukov, dia sama sekali tidak berkaitan dengan rencana penaklukan pasukan Jerman di Stalingrad; karena rencana tersebut dikembangkan dan mulai dijalankan pada musim dingin 1942, dan saat itu Zhukov sedang bertempur di front lain yang jauh dari Stalingrad."

Pada Januari 1943, dialah yang membuat rencana serangan guna menerobos blokade pasukan Jerman pada kota Leningrad. Zhukov juga menjadi koordinator STAVKA pada Pertempuran Kursk, Juli 1943, memainkan peranan penting dalam perencanaan pertempuran defensif Soviet dan operasi-operasi ofensif yang mencapai kesuksesan besar. Pertempuran di Kursk menjadi kekalahan besar pertama Jerman pada musim panas itu dan muncul klaim bahwa pertempuran Kursk sama menentukannya dengan pertempuran di Stalingrad.

Menyusul kegagalan Marsekal Kliment Voroshilov, Zhukov yang menggantikannya sukses mengakhiri kepungan Nazi atas kota Leningrad pada Januari 1944. Zhukov juga memimpin laju pasukan Soviet pada 1944 serta serangan terakhir pada Jerman pada 1945, merebut kota Berlin pada April 1945, dan menjadi petinggi militer Soviet pertama yang memerintah wilayah pendudukan Soviet di Jerman. Sebagai komandan militer Soviet paling berjasa pada perang melawan Nazi, Zhukov ditunjuk menjadi inspektur upacara pada Parade Kemenangan Uni Soviet di Lapangan Merah tahun 1945.

Jenderal Eisenhower, panglima tertinggi pasukan Sekutu di front Eropa Barat, adalah seorang pengagum Zhukov, dan mereka berdua mengunjungi berbagai tempat di penjuru Uni Soviet secara bersama tidak lama setelah kemenangan pihak Sekutu dan Uni Soviet atas Nazi Jerman.

Karier pasca-perang

Sebagai seorang pahlawan perang dan tokoh militer yang sangat populer, Zhukov semakin dianggap berbahaya oleh Stalin. Alhasil, pada 1947, dia dipindahkan untuk bertugas di distrik militer Odessa (yang tentunya jauh dari Moskwa). Setelah Stalin meninggal dunia pada 1953, Zhukov kembali ke Moskwa dan menjadi Wakil Menteri Pertahanan pada 1953, dan kemudian menjadi Menteri Pertahanan pada 1955.

Pada 1953, Zhukov mendukung keputusan Partai Komunis Soviet pasca-Stalin untuk menangkap (dan kemudian mengeksekusi) Lavrenty Beria, kepala kepolisian negara Uni Soviet pada waktu itu. Beberapa rumor menyebutkan bahwa Zhukov sendirilah yang memimpin penangkapan tokoh 'pembelot' itu sementara Politburo sedang mengadakan pertemuan di Kremlin membahas tentang Beria.

Zhukov sebagai Menteri Pertahanan Uni Soviet, bertanggung jawab atas invasi Soviet kepada Hungaria pada Oktober 1956, dan memang benar, dialah yang mengusulkan invasi itu kepada Khruschev.

Pada 1957, Zhukov mendukung pihak Nikita Khrushchev dalam persaingan politis dengan para oposisi yang konservatif, yang dikenal dengan sebutan Grup Anti-Partai yang dipimpin Vyacheslav Molotov. Pidato Zhukov pada rapat pleno Komite Pusat sangatlah berpengaruh - karena secara langsung dia mendukung upaya De-Stalinisasi yang dilakukan Khrushchev dan menentang para Stalinis.

Pada Juni 1957, dia diangkat menjadi anggota Presidium Komite Pusat Partai Komunis Uni Soviet. Bagaimanapun, dia mempunyai beberapa ketidakcocokan yang cukup signifikan berkaitan dengan masalah politik dengan Khrushchev dalam hal kebijakan militer. Karena Khrushchev berniat mengurangi jumlah personel militer AD dan AL Soviet, sementara mematok kekuatan nuklir strategis sebagai fokus utama kemiliteran Uni Soviet. Hal itu agar lebih banyak sumber daya manusia maupun SDA di Soviet dapat digunakan untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi rakyat Soviet.

Zhukov mendukung pihak militer dan menolak kebijakan Khrushchev tersebut. Khrushchev pun menunjukkan bahwa seharusnya Partai Komunis yang mendominasi atas kemiliteran Tentara Merah, dan bukan sebaliknya, lalu memberhentikan Zhukov dari jabatannya dan mengeluarkannya dari Komite Pusat Partai Komunis Uni Soviet pada Oktober 1957. Dalam memoirnya, Khrushchev mengklaim bahwa dia percaya Zhukov merencanakan suatu kudeta terhadap dirinya.

Setelah Khrushchev lepas dari tampuk kekuasaan pada Oktober 1964, pemimpin baru Uni Soviet yakni Leonid Brezhnev serta Alexei Kosygin mengembalikan Zhukov, walaupun bukan untuk menduduki kembali segala jabatannya terdahulu. Brezhnev juga marah ketika pada perayaan Dua Puluh Tahun Kemenangan Uni Soviet atas Nazi Jerman, Zhukov mendapat penghargaan dan penghormatan lebih besar daripada dirinya selaku pemimpin Soviet di masa itu. Karena sebenarnya pada masa Perang Dunia II, Brezhnev hanya seorang komissar junior.

Zhukov terus menjadi figur yang populer di Uni Soviet sampai ketika beliau wafat pada 1974. Ia dimakamkan dengan upacara kemiliteran penuh penghormatan.

Penghargaan

Zhukov telah menerima berbagai macam penghargaan. Khususnya, dia adalah penerima penghargaan "Hero of the Soviet Union" sebanyak 4 kali. Disamping dia, hanya Leonid Brezhnev yang juga telah memperoleh 4 kali gelar tersebut. Zhukov juga menerima gelar "Order of Victory". Selain itu, juga dianugerahi dengan penghargaan Virtuti Militari dari Polandia.

Lain-lain

Asteroid 2132 yang ditemukan oleh para astronom Soviet kemudian diberi nama Zhukov. Pada 1995, sewaktu perayaan Ulang Tahun Zhukov ke-100, Pemerintahan Federasi Rusia membuat 2 jenis penghargaan baru, yakni Zhukov Order dan Zhukov Medal. Templat:Link FA