Avatar (film): Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
k r2.7.3) (bot Menambah: hy:Ավատար (ֆիլմ, 2009)
Xqbot (bicara | kontrib)
Baris 122: Baris 122:
[[sv:Avatar (film)]]
[[sv:Avatar (film)]]
[[ta:அவதார் (2009 திரைப்படம்)]]
[[ta:அவதார் (2009 திரைப்படம்)]]
[[te:అవతార్ (2009 చిత్రం)]]
[[tg:Аватар (2009 филм)]]
[[tg:Аватар (2009 филм)]]
[[th:อวตาร (ภาพยนตร์)]]
[[th:อวตาร (ภาพยนตร์)]]

Revisi per 28 Februari 2013 20.27

Avatar
SutradaraJames Cameron
ProduserJames Cameron
Jon Landau
Ditulis olehJames Cameron
PemeranSam Worthington
Zoë Saldaña
Sigourney Weaver
Michelle Rodriguez
Stephen Lang
Joel David Moore
Giovanni Ribisi
CCH Pounder
Dileep Rao
Matt Gerald
Laz Alonso
Peter Mensah
Wes Studi
Penata musikJames Horner
SinematograferMauro Fiore
PenyuntingJohn Refoua
Stephen E. Rivkin
Perusahaan
produksi
Distributor20th Century Fox
Tanggal rilis
Seluruh Dunia:
16 Desember 2009[1]
 Australia dan  Selandia Baru:
17 Desember 2009[1]
 Amerika Serikat:
18 Desember 2009[1]
Durasi162 menit [2]
Negara Amerika Serikat
BahasaInggris
Anggaran$237 juta
Pendapatan
kotor
$2.209.268.605[3]

Avatar adalah film fiksi ilmiah 3-D yang disutradarai oleh James Cameron. Film ini dirilis pada 16 Desember 2009 di seluruh dunia[1][4] oleh 20th Century Fox. Film ini berkisah mengenai konflik di dunia yang bernama Pandora, di saat manusia dan penduduk asli Pandora terlibat dalam perang. Film ini dirilis dalam format 2D dan 3D, dan juga akan dirilis di teater IMAX 3D. Avatar masuk nominasi Oscar termasuk Best Picture dan Best Director dan menang tiga kategori, Best Visual Effect, Best Cinematography, dan Best Art Director. Avatar menjadikan film paling terlaris sepanjang masa sebesar $2,782,206,970 dolar. Rencananya, Avatar akan dibuat Trilogi-nya setelah filmnya sukses besar

Sinopsis

Jake Sully (Sam Worthington), mantan angkatan laut Amerika Serikat yang terluka dan cacat akibat perang. Ia terpilih untuk berpartisipasi dalam program Avatar, yang memungkinkannya bisa berjalan kembali. Jake menuju ke Pandora, sebuah hutan nan subur yang penuh dengan berbagai macam makhluk hidup yang baik dan yang mengerikan. Pandora juga rumah bagi suku Na’vi, makhluk yang mirip manusia dengan kehidupan primitif serta memiliki kemampuan seperti manusia. Saat manusia mencoba memasuki Pandora untuk menambang mineral yang ada di sana, suku Na’vi memerintahkan para prajuritnya untuk melindungi negerinya dari ancaman.

Jake direkrut untuk menjadi bagian dari proyek ini. Karena manusia tidak dapat menghirup udara di negeri Pandora, maka mereka menciptakan makhluk yang mirip suku Na’vi yang mereka sebut sebagai Avatar. Di Pandora, dengan tubuh Avatar, Jake dapat berjalan kembali. Di hutan Pandora, Jake melihat banyak keindahan dan bahaya. Ia juga bertemu dengan wanita muda Na’vi bernama Neytiri (Zoe Saldaña).

Seiring berjalannya waktu, Jake berbaur dengan suku Na’vi dan jatuh cinta kepada Adiliano . Pada akhirnya, Jake terjepit antara tujuannya dikirim oleh perusahaan tambang ke Pandora dan suku Na’vi, yang memaksanya untuk memihak pada satu pilihan yang akan menentukan nasib suku Na’vi dan manusia di Pandora.

Pandora

Pandora (pengucapan: /pænˈdɔərə/ pan-DOHR), adalah bulan fiksi pada film Avatar karya James Cameron dan seting pada permainan video Avatar. Bulan ini mengorbit planet raksasa gas yang bernama Polythemis. Pandora adalah bulan ekstraterestrial yang rindang dengan kehidupan yang unik. Pandora dihuni banyak makhluk cantik, tetapi banyak juga yang mengerikan. Pandora juga merupakan tempat tinggal suku Na’vi. Mereka adalah suku humanoid yang primitif, tetapi secara evolusi lebih maju dari manusia. Dengan tinggi tiga meter, dengan ekor dan kulit berwarna biru, Na’vi hidup dalam kedamaian.

Ciri paling penting Pandora adalah atmosfer berbasis amonianya. Manusia dapat bertahan di permukaan Pandora tanpa alat pelindung, namun mereka memerlukan persediaan oksigen atau mereka akan tewas. Ciri penting lain yang mengundang manusia datang ke tempat ini adalah mineral langka yang disebut "Unobtainium". Unobtainium memproduksi gaya magnetik yang kuat dan vital untuk memproduksi komponen kapal angkasa Bumi yang maju. Sementara Unobtainium sangat langka di bumi, tapi jumlah Unobtainium sangat banyak di Pandora.

Vertebrata di Pandora berevolusi hingga memiliki enam kaki (kecuali Na'vi). Hewan terbang memiliki dua sayap dan empat kaki.

Referensi

  1. ^ a b c d "Avatar International Release Dates". foxinternational.com. Diakses tanggal 2009-10-31. 
  2. ^ http://www.bfi.org.uk/whatson/bfi_imax/coming_soon/now_booking/avatar_an_imax_3d_experience_12a
  3. ^ "Avatar". Box Office Mojo. Diakses tanggal January 3, 2010. 
  4. ^ "Avatar (2009) - Release dates". IMDB.com. Diakses tanggal 2009-10-09. 

Pranala luar

Templat:Link FA Templat:Link GA Templat:Link GA