Logika kabur: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
Fabi Fuu 76 (bicara | kontrib)
Baris 5: Baris 5:


== Derajat kebenaran ==
== Derajat kebenaran ==
Logika fuzzy dan logika probabilitas secara matematis sama - keduanya mempunyai [[nilai kebenaran]] yang berkisar antara 0 dan 1 - namun secara konsep berbeda. Logika fuzzy berbicara mengenai "derajat kebenaran", sedangkan logika probabilitas mengenai "[[peluang (matematika)|probabilitas]], kecenderungan". Karena kedua hal itu berbeda, logika fuzzy dan logika probabilitas mempunyai contoh penerapan dalam dunia nyata yang berbeda...i#ALIH[[]]
Logika fuzzy dan logika probabilitas secara matematis sama - keduanya mempunyai [[nilai kebenaran]] yang berkisar antara 0 dan 1 - namun secara konsep berbeda. Logika fuzzy berbicara mengenai "derajat kebenaran", sedangkan logika probabilitas mengenai "[[peluang (matematika)|probabilitas]], kecenderungan". Karena kedua hal itu berbeda, logika fuzzy dan logika probabilitas mempunyai contoh penerapan dalam dunia nyata yang berbeda.


== Lihat pula ==
== Lihat pula ==

Revisi per 12 Januari 2013 12.29

Perbedaan temperatur dalam logika Fuzzy

Logika Fuzzy adalah peningkatan dari logika Boolean yang berhadapan dengan konsep kebenaran sebagian. Saat logika klasik menyatakan bahwa segala hal dapat diekspresikan dalam istilah biner (0 atau 1, hitam atau putih, ya atau tidak), logika fuzzy menggantikan kebenaran boolean dengan tingkat kebenaran.

Logika Fuzzy memungkinkan nilai keanggotaan antara 0 dan 1, tingkat keabuan dan juga hitam dan putih, dan dalam bentuk linguistik, konsep tidak pasti seperti "sedikit", "lumayan", dan "sangat". Logika ini berhubungan dengan set fuzzy dan teori kemungkinan. Logika fuzzy diperkenalkan oleh Dr. Lotfi Zadeh dari Universitas California, Berkeley pada 1965.

Derajat kebenaran

Logika fuzzy dan logika probabilitas secara matematis sama - keduanya mempunyai nilai kebenaran yang berkisar antara 0 dan 1 - namun secara konsep berbeda. Logika fuzzy berbicara mengenai "derajat kebenaran", sedangkan logika probabilitas mengenai "probabilitas, kecenderungan". Karena kedua hal itu berbeda, logika fuzzy dan logika probabilitas mempunyai contoh penerapan dalam dunia nyata yang berbeda.

Lihat pula

Bibliografi

  • Earl Cox, The Fuzzy Systems Handbook (1994), ISBN 0-12-194270-8
  • Frank Höppner, Frank Klawonn, Rudolf Kruse and Thomas Runkler, Fuzzy Cluster Analysis (1999), ISBN 0-471-98864-2
  • George Klir and Tina Folger, Fuzzy Sets, Uncertainty, and Information (1988), ISBN 0-13-345984-5
  • George Klir and Bo Yuan, Fuzzy Sets and Fuzzy Logic (1995) ISBN 0-13-101171-5
  • Ronald Yager and Dimitar Filev, Essentials of Fuzzy Modeling and Control (1994), ISBN 0-471-01761-2
  • Charles Elkan. The Paradoxical Success of Fuzzy Logic. November 1993. Available from Elkan's home page.

Pranala luar

Contoh aplikasi