Lin (marga): Perbedaan revisi

Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
1 bita ditambahkan ,  8 tahun yang lalu
k
tidak ada ringkasan suntingan
k
[[Raja Zhou (Dinasti Shang)|Raja Zhou]] (berkuasa 1154 SM - 1122 SM), raja terakhir dari [[Dinasti Shang]], memiliki tiga paman sebagai pengurus dan penasehat, diantaranya adalah [[Dewa Kesejahteraan (Chai Sen)|Bi Gan]], Qi Zi dan Wei Zi. Bi Gan adalah putera dari Pangeran Ding, putera dari Raja Shang, kakek dari Raja Zhou.
 
Rakyat Dinasti Shang sangat menderita dibawah kekuasaaan Raja Zhou, ketiga pamannya mencoba untuk membujuk Raja Zhou untuk merubahmengubah cara pemerintahannya. Ketika merasa telah gagal membujuk raja, Wei Zi mengundurkan diri, Qi Zi berpura - pura gila dan diberhentikan dari jabatannya, sedangkan Bi Gan tetap melanjutkan misinya. "Hamba yang takut dibunuh dan menolak untuk menyatakan hal yang sebenarnya adalah tidak bijaksana", tutur Bi Gan.
 
Namun Raja Zhou sangat keras kepala dan menolak saran dari Bi Gan, dan memerintahkan untuk ditangkap, diberhentikan dari jabatannya dengan alasan melakukan pemberontakan. Ketika mengetahui hal tersebut, istri dari Bi Gan yang bermarga Chen sedang hamil tua melarikan diri ke dalam hutan untuk melindungi anaknya dari kematian yang masih di dalam kandungan. Karena dia tahu bahwa Raja Zhou akan memenggal Bi Gan dan seluruh keluarganya. Sendirian tanpa bantuan, istri Bi Gan merangkul dua batang pohon dan melahirkan bayi laki-laki di dalam hutan dan diberi nama Jian. Setelah mencapai kota terdekat, dia menamai anaknya dengan marga "Lin".
178

suntingan

Menu navigasi