Wallabha: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
Rubinbot (bicara | kontrib)
k r2.5.4) (bot Menambah: gu:વલ્લભાચાર્ય
TjBot (bicara | kontrib)
k r2.7.2) (bot Menambah: bn:বল্লভাচার্য
Baris 53: Baris 53:
[[Kategori:Filsuf Hindu]]
[[Kategori:Filsuf Hindu]]


[[bn:বল্লভাচার্য]]
[[en:Vallabha Acharya]]
[[en:Vallabha Acharya]]
[[es:Vallabha]]
[[es:Vallabha]]

Revisi per 20 Desember 2012 16.02

Sri Wallabhacarya.

Wallabha (1479–1531) adalah seorang filsuf Hindu, yang mendirikan sekte Pushti di India,[1] mengikuti filsafat Shuddha advaita[2][3] (Nondualisme murni). Wallabha menerima gelar 'Acarya' dari Wisnuswami Sampradaya (Rudra Sampradaya) atas permohonan Bilvamangala Acharya, acarya Wisnuswami Sampradaya terakhir sebelum Wallabha. Hal ini disebabkan karena Wallabha memenangkan debat tentang Brahmavad. Selain menjadi acarya Wisnuswami Sampradaya, Wallabha juga menyebarkan Pushtimarg atas perintah Dewa Kresna sehingga beliau tidak hanya menjadi acarya dalam Wisnuswami Sampradaya, namun juga Pushti Sampraday.

Ia merupakan Acarya dan Guru dalam tradisi Waisnawa seperti yang diajarkan dan ditentukan filsafat Wedanta. Dia dihubungkan dengan Wisnuswami,[4] acarya penting dari Rudra Sampradaya di antara salah satu sampradaya Waisnawa.[5] Dalam filsafat India, ia dikenal sebagai penulis enam belas 'stotra' (risalat) dan menciptakan beberapa tafsiran tentang Bhagawatapurana, yang menggambarkan berbagai lila (masa lalu) Kresna awatara. Wallabha menempati posisi unik dalam budaya India sebagai seorang sarjana, filsuf, dan pengajar bhakti. Ia dikenal luas sebagai yang terakhir di antara empat acarya Waisnawa teragung yang mendirikan berbagai aliran Waisnawa berdasarkan filsafat Wedanta, yang lainnya (sebelum dia) adalah Ramanuja, Madhwa, dan Nimbarka. Khususnya ia dikenal sebagai pecinta dan penyebar Bhagawata dharma. Ia lahir di Champaranya, India.

Catatan kaki

  1. ^ Shah, J.G. (1969). Shri Vallabhacharya: His Philosophy and Religion. Pushtimargiya Pustakalaya. 
  2. ^ "Shuddha-advaita Brahmvaad - Philosophy of Shree Vallabhacharyaji". Kankroli based Shri Vakpati Foundation. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2007-09-27. Diakses tanggal 2007-06-06.  Hapus pranala luar di parameter |publisher= (bantuan)
  3. ^ [Govardhana] (1993-01). Vedanta Cintamanih of Bharatamartanda Pandita. Param Publications. ISBN 8186045007.  Periksa nilai |author-link1= (bantuan);
  4. ^ Beck, G.U.Y.L. (2005). "Krishna as Loving Husband of God". Alternative Krishnas: Regional and Vernacular Variations on a Hindu Deity. SUNY Press. ISBN 9780791464151. Diakses tanggal 2008-04-12. 
  5. ^ Sharma, V.P. (1998). The Sadhus and Indian Civilisation. Anmol Publications PVT. LTD.