Liga Utama Sepak Bola Amerika Serikat: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
Baris 121: Baris 121:
MLS menarik perhatian internasional pada tahun [[2004]] dengan debut 14 tahun [[Freddy Adu]] untuk [[D.C. United]], yang masuk liga dengan banyak kemeriahan dan digembar-gemborkan sebagai salah satu pemain terbaik dalam sejarah sepak bola Amerika.
MLS menarik perhatian internasional pada tahun [[2004]] dengan debut 14 tahun [[Freddy Adu]] untuk [[D.C. United]], yang masuk liga dengan banyak kemeriahan dan digembar-gemborkan sebagai salah satu pemain terbaik dalam sejarah sepak bola Amerika.


MLS mengalami transisi yang signifikan di tahun-tahun menjelang [[Piala Dunia FIFA 2006]]. Setelah memperkenalkan diri melalui para pemain berbakat Amerika, liga menyaksikan beberapa bintang domestik bergabung dengan liga-liga terkenal di [[Eropa]]. [[Tim Howard]] kiper untuk [[MetroStars]], dijual ke [[Manchester United]] dan menjadi salah satu kesepakatan kontrak yang paling menguntungkan dalam sejarah liga. [[DaMarcus Beasley]] dari [[Chicago Fire]] berangkat ke [[PSV Eindhoven]], sementara [[Landon Donovan]] setelah dipinjamkan ke [[Bayer Leverkusen]], dipanggil kembali ke [[Jerman]]. Donovan di Jerman hanya bermain dalam waktu singkat, sebelum dimulainya musim MLS [[2005]] ia dijual kembali ke MLS untuk bermain bersama [[Los Angeles Galaxy]].
MLS mengalami transisi yang signifikan di tahun-tahun menjelang [[Piala Dunia FIFA 2006]]. Setelah memperkenalkan diri melalui para pemain berbakat Amerika, liga menyaksikan beberapa bintang domestik bergabung dengan liga-liga terkenal di [[Eropa]]. [[Tim Howard]] kiper untuk [[New York Red Bulls|MetroStars]], dijual ke [[Manchester United]] dan menjadi salah satu kesepakatan kontrak yang paling menguntungkan dalam sejarah liga. [[DaMarcus Beasley]] dari [[Chicago Fire]] berangkat ke [[PSV Eindhoven]], sementara [[Landon Donovan]] setelah dipinjamkan ke [[Bayer Leverkusen]], dipanggil kembali ke [[Jerman]]. Donovan di Jerman hanya bermain dalam waktu singkat, sebelum dimulainya musim MLS [[2005]] ia dijual kembali ke MLS untuk bermain bersama [[Los Angeles Galaxy]].


== Format kompetisi ==
== Format kompetisi ==

Revisi per 7 Desember 2012 06.24

Major League Soccer
Berkas:MLS Logo.svg
Negara Amerika Serikat (16 klub)
 Kanada (3 klub)
KonfederasiCONCACAF
Dibentuk13 Desember 1993
Jumlah tim19
Tingkat pada piramida1 (USA), 1 (CAN)
Piala domestikPiala Terbuka U.S Lamar Hunt
Kejuaraan Kanada
Piala internasionalLiga Champions CONCACAF
Juara bertahan ligaLos Angeles Galaxy
(gelar ke-3)
(2011)
Klub tersuksesD.C. United (4 gelar)
Televisi penyiarESPN
NBC Sports
Galavisión
TSN
RDS
Situs webwww.mlssoccer.com
Major League Soccer 2012

Liga Sepak Bola Utama Amerika Serikat (Inggris: Major League Soccer atau biasa disingkat MLS) adalah liga sepak bola profesional tingkat tertinggi di Amerika Serikat dan Kanada. Liga ini didukung oleh Federasi Sepak Bola Amerika Serikat (US Soccer). Liga ini terdiri dari 19 klub yang terdiri dari 16 klub berasal dari Amerika Serikat dan 3 klub berasal dari Kanada.

Major League Soccer didirikan pada tahun 1993 sebagai bagian dari tawaran Amerika Serikat untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia FIFA 1994.[1] Liga ini dioperasikan bukan sebagai asosiasi yang berdiri sendiri, MLS adalah satu kesatuan di mana setiap klub dimiliki dan dikendalikan oleh investor liga.[2]. MLS adalah sebuah liga tertutup sehingga menjadikannya sebagai salah satu dari beberapa liga di dunia sepak bola yang tidak menggunakan promosi dan degradasi.

Musim pertama dilaksanakan pada tahun 1996 dimulai dengan sepuluh tim. Setiap musim berjalan dari Bulan Maret hingga Desember, dengan setiap tim bermain 34 pertandingan di musim reguler. Format kompetisi liga ini hampir mirip dengan sistem olahraga di Amerika pada umumnya, yaitu menggunakan sistem dua wilayah, yaitu wilayah timur (Inggris: Eastern Conference) dan wilayah barat (Inggris: Western Conference). Dari semua tim yang berlaga di MLS, D.C. United menjadi tim yang paling dominan di MLS. Tim asal kota Washington DC tersebut merupakan pengumpul gelar terbanyak sepanjang sejarah di MLS dengan empat kali juara dari lima kali tampil di final.

Sejarah

Pembentukan

Pada tahun 1996, sepuluh klub mendirikan Major League Soccer yaitu; Columbus Crew, D.C. United, New England Revolution, NY/NJ MetroStars, Tampa Bay Mutiny, Colorado Rapids, Dallas Burn, Kansas City Wiz, Los Angeles Galaxy and San Jose Clash. Di tahun-tahun awal liga membentuk sebuah dinasti Bruce Arena yang memimpin D.C. United, menjuarai Piala MLS pada tiga musim pertama liga. Pada tahun 1998 Chicago Fire dan Miami Fusion bergabung dengan liga, dan meruntuhkan dominasi D.C. United.

Trofi utama juara MLS
Musim Piala MLS Supporters' Shield
1996 D.C. United Tampa Bay Mutiny
1997 D.C. United D.C. United
1998 Chicago Fire Los Angeles Galaxy
1999 D.C. United D.C. United
2000 Kansas City Wizards Kansas City Wizards
2001 San Jose Earthquakes Miami Fusion
2002 Los Angeles Galaxy Los Angeles Galaxy
2003 San Jose Earthquakes Chicago Fire
2004 D.C. United Columbus Crew
2005 Los Angeles Galaxy San Jose Earthquakes
2006 Houston Dynamo D.C. United
2007 Houston Dynamo D.C. United
2008 Columbus Crew Columbus Crew
2009 Real Salt Lake Columbus Crew
2010 Colorado Rapids Los Angeles Galaxy
2011 Los Angeles Galaxy Los Angeles Galaxy
2012 Los Angeles Galaxy San Jose Earthquakes

Setelah musim pertama, MLS menderita penurunan jumlah kehadiran penonton di stadion. Kualitas liga dipertanyakan ketika tim nasional pria AS, yang sebagian besar terdiri dari pemain MLS, tersingkir di babak pertama Piala Dunia FIFA 1998.

Liga mulai memasarkan diri melalui para pemain berbakat Amerika, baik veteran berpengalaman maupun bintang-bintang muda berbakat. Bintang muda yang timbul seperti DaMarcus Beasley dan Landon Donovan mulai tenar di MLS sebelum mencetak gol dan bermain untuk tim nasional AS, sementara pemain mapan seperti Brian McBride, Eddie Pope, dan Clint Mathis terus membuktikan kualitas mereka untuk kedua tim mereka di MLS dan tim nasional AS.

Masalah keuangan liga yang berlangsung pada tahun 1998 menyebabkan hengkangnya Komisaris Doug Logan setelah akhir musim 1998. Don Garber, seorang mantan eksekutif National Football League, menggantikannya sebagai komisaris dan berperan penting dalam menstabilkan masa depan liga. Pembangunan stadion khusus sepak bola, sebagian besar didanai oleh pemilik liga seperti Lamar Hunt dan Phil Anschutz, menjadi titik penekanan untuk membawa kesehatan liga dan menjamin kelangsungan hidup liga. Stadion Hunt milik Columbus Crew, dibangun pada tahun 1999 dan sering disebut sebagai stadion yang cocok untuk model liga.

Meskipun terjadi pergerakan penurunan jumlah penonton, MLS menghentikan kontrak dua waralaba asal Florida, Tampa Bay Mutiny dan Miami Fusion, hanya beberapa tahun setelah pendirian mereka karena masalah keungan. Hal ini menyebabkan liga hanya terdiri dari sepuluh klub, jumlah yang sama seperti ketika MLS dimulai. Liga juga mengalami penataan organisasi kembali dengan memakai dua format wilayah timur dan barat kembali, setelah selama dua musim dengan menggunakan format tiga wilayah dengan penambahan wilayah tengah.

Kebangkitan

Pada Piala Dunia FIFA 2002, Amerika Serikat membuat kejutan dengan lolos ke perempat final setelah mengalahkan Portugal dan Meksiko, menjadi awal kebangkitan sepak bola Amerika dan MLS. Pada Piala MLS tahun 2002 yang diadakan empat bulan setelah Piala Dunia 2002 berakhir, membuat rekor kehadiran penonton ketika 61.316 penonton di Stadion Gillette menyaksikan Los Angeles Galaxy memenangi gelar pertama mereka.[3]

MLS menarik perhatian internasional pada tahun 2004 dengan debut 14 tahun Freddy Adu untuk D.C. United, yang masuk liga dengan banyak kemeriahan dan digembar-gemborkan sebagai salah satu pemain terbaik dalam sejarah sepak bola Amerika.

MLS mengalami transisi yang signifikan di tahun-tahun menjelang Piala Dunia FIFA 2006. Setelah memperkenalkan diri melalui para pemain berbakat Amerika, liga menyaksikan beberapa bintang domestik bergabung dengan liga-liga terkenal di Eropa. Tim Howard kiper untuk MetroStars, dijual ke Manchester United dan menjadi salah satu kesepakatan kontrak yang paling menguntungkan dalam sejarah liga. DaMarcus Beasley dari Chicago Fire berangkat ke PSV Eindhoven, sementara Landon Donovan setelah dipinjamkan ke Bayer Leverkusen, dipanggil kembali ke Jerman. Donovan di Jerman hanya bermain dalam waktu singkat, sebelum dimulainya musim MLS 2005 ia dijual kembali ke MLS untuk bermain bersama Los Angeles Galaxy.

Format kompetisi

Musim reguler Major League Soccer berjalan dari bulan Maret sampai Oktober dengan 19 tim yang bermain 34 pertandingan dalam jadwal tidak seimbang.[4] Tim dibagi ke dalam wilayah timur dan barat. Pada pertengahan musim klub beristirahat dan diadakan pertandingan persahabatan antara pemain liga terbaik dan klub besar dari liga yang berbeda yang disebut dengan All-stat Game. Pada akhir musim reguler, tim dengan total poin tertinggi diberikan Perisai Suporter. Musim reguler ini diikuti juga oleh 10 tim Piala Play-off MLS dan diakhiri oleh pertandingan final Kejuaraan Piala MLS.

MLS memiliki tiga tempat tiket otomatis di Liga Champions CONCACAF untuk klub Amerika dengan tempat tambahan yang tersedia melalui Piala AS Terbuka. Sementara klub Kanada dapat memenuhi syarat untuk mendapatkan tempat tunggal melalui Kejuaraan Kanada. Untuk Liga Champions CONCACAF 2012-13, kualifikasi klub yang melalui Piala MLS 2011 juara Los Angeles Galaxy.

Daftar anggota tim MLS pada musim 2011

Eastern Conference

Western Conference

Penghargaan MLS

Ada 10 penghargaan yang diberikan oleh Major League Soccer setiap tahunnya, yaitu:

  • Major League Soccer MVP Award
  • MLS Best XI
  • MLS Coach of the Year Award
  • MLS Comeback Player of the Year Award
  • MLS Scudetto
  • MLS Defender of the Year Award
  • MLS Goalkeeper of the Year Award
  • MLS Golden Boot
  • MLS Newcomer of the Year Award
  • MLS Rookie of the Year Award

Referensi

  1. ^ "About Major League Soccer". MLSnet. September 5, 2008. Diarsipkan dari versi asli tanggal June 25, 2008. Diakses tanggal 4 Desember 2012. 
  2. ^ Fraser v. Major League Soccer, 01 F.3d 1296 (US 1st Cir. March 20, 2002). “MLS owns all of the teams that play in the league (a total of 12 prior to the start of 2002), as well as all intellectual property rights, tickets, supplied equipment, and broadcast rights. … However, MLS has also relinquished some control over team operations to certain investors. MLS contracts with these investors to operate…the league's teams”
  3. ^ "MLS Cup 2002". Major League Soccer. Diakses tanggal 7 Desember 2012. 
  4. ^ "Competition Rules and Regulations". Major League Soccer. Diakses tanggal 4 Desember 2012. 

Pranala luar