Wikipedia:ProyekWiki Peristiwa terkini: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
Jfkjaya (bicara | kontrib)
Baris 45: Baris 45:
* [[Pengguna:RafiHdwrd|RafiHdwrd]] ([[Pembicaraan Pengguna:RafiHdwrd|샤이니]]) 07:42, 18 Agustus 2012 (UTC)
* [[Pengguna:RafiHdwrd|RafiHdwrd]] ([[Pembicaraan Pengguna:RafiHdwrd|샤이니]]) 07:42, 18 Agustus 2012 (UTC)
* [[Pengguna:Irvan Ary Maulana|Irvan Ary Maulana]] ([[Pembicaraan Pengguna:Irvan Ary Maulana|bicara]]) 26 Agustus 2012 02.24 (UTC)
* [[Pengguna:Irvan Ary Maulana|Irvan Ary Maulana]] ([[Pembicaraan Pengguna:Irvan Ary Maulana|bicara]]) 26 Agustus 2012 02.24 (UTC)
*[[Pengguna:Jfkjaya|Jfkjaya]] ([[Pembicaraan Pengguna:Jfkjaya|bicara]]) 7 Desember 2012 06.08 (UTC)


==== Tim C ====
==== Tim C ====

Revisi per 7 Desember 2012 06.08

Hapus singgahan
Hapus singgahan
Selamat datang di ProyekWiki Peristiwa terkini!

ProyekWiki Peristiwa terkini bertujuan memelihara peristiwa terkini supaya tidak ketinggalan informasi. Anda dapat berpartisipasi dengan membubuhkan tanda tangan Anda ke bagian "Daftar partisipan".

Tujuan

Tujuan proyek ini adalah untuk memperbarui peristiwa terkini supaya tidak ketinggalan berita namun harus sesuai dengan tingkat kepentingannya. Berita yang dianggap tidak penting (namun layak) akan ditambahkan di arsip "peristiwa terkini" dan tidak akan dimunculkan di Halaman utama.

Partisipan

Tim A bertugas mencari berita dan menentukan berita mana yang layak ditampilkan ke halaman utama. Sementara Tim B hanya bertugas mencari berita dan memasukannya ke arsip berita. Tim C hanya bertugas untuk membuat artikel berita (bisa dikatakan membirukan pranala merah pada berita). Sementara itu, kadang banyak pengguna Wikipedia yang bukan anggota ProyekWiki ini menambahkan berita ke "Peristiwa terkini". Jika tidak dianggap layak, maka hapuslah berita itu. Jika dianggap layak, pindahkan ke arsip. Jika dianggap layak dan penting, salin & tempel (copy + paste) ke arsip.

Daftar partisipan

Para partisipan diharapkan untuk memantau halaman ini supaya dapat melihat pengumuman- pengumuman baru.

Silakan tambahkan tanda tangan Anda ke tim yang Anda inginkan.

Tim A

Bertugas mencari berita, memasukannya ke arsip berita dan menentukan berita mana yang layak ditampilkan ke halaman utama.

Tim B

Bertugas mencari berita dan memasukannya ke arsip berita.

Tim C

Fokus ke pembuatan artikel berita (membirukan pranala merah pada berita). Kadang- kadang mencari berita dan memasukannya ke arsip berita.

Berita

Berita layak

Berita layak adalah berita yang layak dimasukkan ke arsip bulanan namun tidak layak tampil ke halaman utama.Berita layak bukanlah berita tentang hal- hal kecil yang hanya penting untuk segelintir orang saja. Berita layak bukan termasuk : berita ekonomi (tentang perubahan nilai saham, nilai kurs, dll.; kecuali ada sesuatu yang sangat mendunia misalnya krisis global); berita olahraga (kecuali awal dan akhir acara olahraga internasional); berita lokal.

Berita penting

Berita penting adalah berita yang nantinya akan ditampilkan ke halaman utama. Berita penting dapat didefinisikan sebagai berita yang relevan dengan dunia, dan pada khususnya para penutur bahasa Indonesia yang mayoritas tinggal di Indonesia. Berita yang akan ditampilkan ke halaman utama itu adalah berita yang bersifat netral/ tidak memihak.

Jika ada yang kurang jelas, boleh ditanyakan di Pembicaraan Wikipedia:ProyekWiki Peristiwa terkini‎. Anda dipersilakan menyempurnakan definisi "berita penting".

Ringkasan

Berita yang layak ditampilkan ke Halaman Utama adalah berita yang:

  1. Netral, artinya tidak memihak negara maupun organisasi manapun.
  2. Internasional, artinya berita yang mendunia, yang diketahui banyak orang, atau yang merupakan acara tahunan yang diikuti banyak negara. (seperti berita musibah besar (contoh: Kecelakaan pertambangan Copiapó 2010 atau Gempa bumi dan tsunami Sendai 2011) ataupun acara yang mendunia (contoh: Piala Dunia FIFA 2010 atau Penghargaan Nobel))
  3. Dapat diterima dengan baik oleh komunitas Wikipedia bahasa Indonesia.

Metode

Petunjuk umum

Cari berita
  1. Cari berita di :
  2. Masukkan ke arsip "peristiwa terkini"
  3. Jika lolos kriteria "berita penting", maka seseorang (dalam hal ini anggota Tim A) akan menampilkannya ke Halaman Utama
    Tips : Cari berita pada malam hari, maka Anda dapat menemukan berita yang terjadi Hari Ini (yang terjadi pada pagi hari maupun yang terjadi pada siang hari)
Penerjemahan berita
  1. Kunjungi Wikipedia bahasa Inggris
  2. Terjemahkan berita di bagian "In the News"
  3. Cari sumber di GoogleWarta
  4. Tambahkan ke arsip "peristiwa terkini"
  5. Munculkan ke Halaman Utama (karena berita yang ditampilkan di "In the News" sudah pasti dapat ditampilkan ke Halaman Utama-nya Wikipedia bahasa Indonesia)
  6. Selesai.
Petunjuk umum berita
  • Untuk "kapan", itu sudah jelas ditunjukkan oleh letak berita. Lihat arsip berita bulan ini
  • Hanya cantumkan "mengapa" & "bagaimana" jika diperlukan.
  • Sumber berita : minimal 1 tetapi maksimal 5.
  • Direkomendasikan membuat berita yang memiliki artikelnya sendiri. Misalnya berita tentang gempa bumi di Sumatera pada April 2010 : Gempa bumi Sumatera April 2010.
    Artikel yang aktual harus diberi templat {{aktualitas|<tanggal>}} dan templat itu akan dilepas 2 sampai 3 hari setelah kejadian itu lewat.

Format

Memakai {{Berita}}

Laporan

Laporan lengkap berada di halaman laporan

Berikut ini adalah laporan hasil ProyekWiki setiap bulan.

Waktu 2010 2011
Nov Des Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Agu Sep Okt Nov Des
Jumlah berita 36 43
Rata-rata berita per hari 1.2 1.3871
Jumlah hari tanpa berita 6 11
Jumlah hari dengan berita terbanyak 4 1
Jumlah berita pada hari dengan berita terbanyak 3 7
Kesimpulan Steady Steady

Penghargaan

Untuk meningkatkan keaktifan para anggota, maka anggota yang aktif akan diberi sebuah BintangWiki yaitu BintangWiki Peristiwa terkini. {{BintangWiki Peristiwa|<pesan Anda>}}

Hasilnya :


BintangWiki Peristiwa terkini
"BintangWiki Peristiwa terkini" diberikan kepada ProyekWiki Peristiwa terkini yang telah memberikan sumbangan berharga pada halaman "Peristiwa terkini" Wikipedia bahasa Indonesia.

Peristiwa terkini

Balai Kota Crocus pada 2013
Balai Kota Crocus

Arsip bulan ini

Maret 2024

ProyekWiki lainnya ProyekWiki lainnya

 

Mutakhirkan Mutakhirkan halaman ini