Franz Ferdinand dari Austria: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
EmausBot (bicara | kontrib)
k r2.7.2+) (bot Mengubah: jv:Franz Ferdinand saka Austria
Xqbot (bicara | kontrib)
Baris 79: Baris 79:
[[uk:Франц Фердинанд]]
[[uk:Франц Фердинанд]]
[[vi:Thái tử Franz Ferdinand của Áo]]
[[vi:Thái tử Franz Ferdinand của Áo]]
[[war:Arkoduke Franz Ferdinand han Austrya]]
[[war:Franz Ferdinand han Austrya]]
[[zh:弗朗茨·斐迪南大公]]
[[zh:弗朗茨·斐迪南大公]]

Revisi per 1 Desember 2012 21.12

Franz Ferdinand dari Austria

Franz Ferdinand von Habsburg (18 Desember 1863 – 28 Juni 1914) ialah archduke (adipati utama) dari Austria-Hongaria dan pewaris Kekaisaran Austria-Hongaria. ia dibunuh pada 1914 di Sarajevo oleh Gavrilo Princip yang merupakan anggota Tangan Hitam, kelompok nasionalis Serbia. Peristiwa ini meletuskan Perang Dunia I; namun, banyak alasan lain penyebab perang itu. Orang Austria menyatakan perang terhadap Serbia akibat pembunuhan itu.

Franz Ferdinand ialah keponakan Kaisar Franz Josef dari Austria. Ia menjadi pewaris kekaisaran itu setelah sepupunya Putra Mahkota Ludwig bunuh diri dan kematian ayahandanya Karl Ludwig. Ia menikahi Putri Sophie Cothek. Pernikahan mereka ditentang karena Sophie berasal dari kalangan yang lebih rendah. Pernikahan mereka diizinkan atas pertimbangan anak-anaknya takkan menjadi kaisar masa depan. Pamandanya, Kaisar Franz Joseph, tidak datang ke pesta pernikahannya. Istrinya dibunuh bersama-sama dengan suaminya.

Peluru yang ditembakkan Gavrilo Princip dalam pembunuhan Archduke, kadang-kadang disebut sebagai "peluru yang memulai Perang Dunia I", disimpan sebagai pameran museum di Kastil Konopiště di kota Konopiště, Republik Ceko.