Dr. No (film): Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
ZéroBot (bicara | kontrib)
TjBot (bicara | kontrib)
k r2.7.2) (bot Menambah: mr:डॉ. नो
Baris 84: Baris 84:
[[lv:Doktors Nē]]
[[lv:Doktors Nē]]
[[mk:Доктор Но]]
[[mk:Доктор Но]]
[[mr:डॉ. नो]]
[[my:ဒေါက်တာနိုး (ရုပ်ရှင်)]]
[[my:ဒေါက်တာနိုး (ရုပ်ရှင်)]]
[[nds:Dr. No (Film)]]
[[nds:Dr. No (Film)]]

Revisi per 28 November 2012 13.22

Dr. No
Poster film Dr. No di Amerika Serikat.
SutradaraTerence Young
ProduserHarry Saltzman
Albert R. Broccoli
SkenarioRichard Maibaum
Johanna Harwood
Berkely Mather
Berdasarkan
Dr. No oleh
Ian Fleming
PemeranSean Connery
Joseph Wiseman
Ursula Andress
Jack Lord
John Kitzmiller
Penata musikMonty Norman
SinematograferTed Moore
PenyuntingPeter R. Hunt
Perusahaan
produksi
DistributorUnited Artists
Tanggal rilis
  • 5 Oktober 1962 (1962-10-05)
Durasi109 menit
NegaraTemplat:Film UK
AnggaranUS$ 1.000.000

Dr. No (1962) yang dibintangi oleh Sean Connery adalah film James Bond pertama. Film ini didasarkan pada novel berjudul sama karya Ian Fleming yang terbit pada tahun 1958 yang kemudian diadaptasikan ke layar lebar oleh Richard Maibaum, Johanna Harwood, dan Berkely Mather. Film ini disutradarai oleh Terence Young serta diproduseri oleh Harry Saltzman dan Albert R. Broccoli, kerja sama yang nantinya akan terus berlanjut sampai tahun 1975.

Dalam film ini, dikisahkan James Bond dikirim ke Jamaika untuk menginvestigasi sebab kematian seorang agen rahasia Inggris. Jejak-jejak pembunuhan membawanya ke tempat persembunyian Dr. No yang berencana untuk menggagalkan rencana peluncuran roket Amerika Serikat dengan senjata pancaran gelombang radioaktif. Film ini tidak menjelaskan bagaimana Bond memperoleh status 00-nya yang memberinya izin untuk membunuh, tetapi justru menunjukkan bahwa Bond adalah seorang veteran yang berpengalaman.

Dr. No diproduksi dengan dana yang relatif kecil, tetapi berhasil meraup keuntungan berlipat ganda, membuatnya menjadi tonggak awal serial film yang masih berlanjut hingga kini. Dr. No juga berhasil meluncurkan tema "agen rahasia" yang sukses besar pada tahun 1960-an. Kebanyakan ciri khas film James Bond pertama kali diperkenalkan dalam film ini, misalnya pada adegan gun barrel yang memperkenalkan karakter di awal film.

Pemeran

  • Sean Connery sebagai James Bond: Agen MI6 007.
  • Ursula Andress sebagai Honey Ryder (dialog disulih suara oleh Nikki van der Zyl; adegan menyanyi disulih suara oleh Diana Coupland): Wanita yang biasa pergi ke Pulau Crab Key untuk mencari kerang.
  • Joseph Wiseman sebagai Dr. Julius No: Tokoh antagonis utama anggota SPECTRE, ia menggunakan Pulau Crab Key dan kepandaiannya dalam bidang tenaga nuklir untuk membalas dendam ke dunia Barat dengan menggagalkan peluncuran roket Amerika Serikat dari Cape Canaveral yang terletak tidak jauh dari pulau itu.
  • Jack Lord sebagai Felix Leiter: Agen CIA yang dikirim untuk bekerja sama dengan Bond selama berada di Kingston.
  • Bernard Lee sebagai M: Kepala Agen Rahasia Inggris. Ia mengirim Bond ke Kingston untuk menginvestigasi kasus hilangnya John Strangways dan sekretarisnya. Ini adalah film pertama dari sebelas film yang menampilkan Lee sebagai pemeran tokoh ini.
  • Anthony Dawson sebagai Profesor R.J. Dent: Ahli metalurgi di Kingston, ia adalah tangan kanan Dr. No yang ditugasi untuk membunuh Bond sebelum ia berhasil mempelajari kasus hilangnya Strangways.
  • John Kitzmiller sebagai Quarrel: Penduduk lokal yang sebelumnya dipekerjakan oleh John Strangways untuk pergi diam-diam ke Crab Key guna mengumpulkan sampel bebatuan. Quarrel selanjutnya membantu Bond untuk menyusup ke Crab Key.
  • Zena Marshall sebagai Miss Taro: Sekretaris Mr. Pleydell-Smith di Government House, Kingston, yang diam-diam bekerja untuk Dr. No.
  • Eunice Gayson sebagai Sylvia Trench: Trench pertama kali bertemu Bond di Klub Le Cercle. Selanjutnya ia menjadi pacar Bond dan nantinya akan kembali muncul dalam film From Russia with Love.
  • Lois Maxwell sebagai Miss Moneypenny: Sekretaris M. Ini adalah kali pertama dari 14 film di mana Maxwell memerankan tokoh ini.
  • Peter Burton sebagai Major Boothroyd: Kepala Bagian Q, Boothroyd dibawa masuk oleh M untuk mengganti pistol milik Bond dari yang sebelumnya Beretta menjadi Walther PPK. Dalam film selanjutnya, tokoh ini lebih dikenal sebagai Q.
  • Timothy Moxon sebagai John Strangways (sulih suara oleh Robert Rietty): Strangways adalah Kepala Cabang Agen Rahasia Inggris di Kingston. Ia dibunuh oleh anak buah Dr. No.
  • Reginald Carter sebagai Mr. Jones: Penjahat yang disuruh oleh Dr. No untuk menjemput 007 di Bandara Palisadoes.
  • Marguerite LeWars sebagai fotografer lepas: Salah satu anak buah Dr. No yang memata-matai Bond.

Pranala luar

Templat:Link GA