.40 S&W: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
EmausBot (bicara | kontrib)
k r2.6.4) (bot Mengubah: pl:Nabój .40 S&W
k WPCleaner v1.20 - Pranala luar tanpa keterangan (Fixed using Wikipedia:ProyekWiki Cek Wikipedia)
Baris 32: Baris 32:
== Sejarah ==
== Sejarah ==


Asal muasal dari peluru ini adalah kebutuhan aparat kemanan Amerika Serikat '''FBI''' yang membutuhkan peluru dengan kecepatan 9 mm tetapi mempunyai daya rusak peluru 10 mm dan dapat digunakan pada pistol dengan kaliber 9 mm. Hal ini diinginkan setelah kejadian tembak menembak antara agen FBI dengan perampok bank berantai <ref>http://en.wikipedia.org/wiki/1986_FBI_Miami_shootout</ref>. Kebutuhan ini disambut baik oleh perusahaan senjata [[Smith & Wesson]] dengan melakukan tes <ref>http://www.sixguns.com/tests/tt40sw.htm</ref> pada peluru tipe '''9 mm''', peluru '''.45 ACP''' dan peluru '''10 mm''' . Kelebihan dan kekurangan dari ketiga peluru diatas digabungkan menjadi satu menjadi tipe peluru '''.40 S&W'''.
Asal muasal dari peluru ini adalah kebutuhan aparat kemanan Amerika Serikat '''FBI''' yang membutuhkan peluru dengan kecepatan 9 mm tetapi mempunyai daya rusak peluru 10 mm dan dapat digunakan pada pistol dengan kaliber 9 mm. Hal ini diinginkan setelah kejadian tembak menembak antara agen FBI dengan perampok bank berantai <ref>[http://en.wikipedia.org/wiki/1986_FBI_Miami_shootout FBI]</ref>. Kebutuhan ini disambut baik oleh perusahaan senjata [[Smith & Wesson]] dengan melakukan tes <ref>[http://www.sixguns.com/tests/tt40sw.htm Test]</ref> pada peluru tipe '''9 mm''', peluru '''.45 ACP''' dan peluru '''10 mm''' . Kelebihan dan kekurangan dari ketiga peluru diatas digabungkan menjadi satu menjadi tipe peluru '''.40 S&W'''.


== Catatan kaki ==
== Catatan kaki ==

Revisi per 20 November 2012 08.54

Templat:Kotakinfo peluru

Peluru .40 S&W merupakan 'hasil penggabungan' peluru JHP 10 mm yang mempunyai proyektil dengan berat antara 170 - 180 gram dengan peluru 9 mm yang hanya memiliki berat antara 7 - 9 gram. Peluru 10 mm ini kemudian diperpendek menjadi 9 mm dengan desain rimless. Ukuran selongsong yang lebih pendek dan proyektil yang lebih berat dari peluru 9 mm dan menggunakan proyektil tipe berongga (hollow) maka terciptalah peluru .45 S&W yang mempunyai karakteristik cepat, dengan daya penetrasi dan rusak yang besar.

Sejarah

Asal muasal dari peluru ini adalah kebutuhan aparat kemanan Amerika Serikat FBI yang membutuhkan peluru dengan kecepatan 9 mm tetapi mempunyai daya rusak peluru 10 mm dan dapat digunakan pada pistol dengan kaliber 9 mm. Hal ini diinginkan setelah kejadian tembak menembak antara agen FBI dengan perampok bank berantai [1]. Kebutuhan ini disambut baik oleh perusahaan senjata Smith & Wesson dengan melakukan tes [2] pada peluru tipe 9 mm, peluru .45 ACP dan peluru 10 mm . Kelebihan dan kekurangan dari ketiga peluru diatas digabungkan menjadi satu menjadi tipe peluru .40 S&W.

Catatan kaki

Referensi