Naskah sumber: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
TXiKiBoT (bicara | kontrib)
k bot Menambah: qu:Willay pukyu
MerlIwBot (bicara | kontrib)
k bot Menambah: eo:Teksta fonto, sv:Källmaterial Membuang: ja:資料 (strongly connected to id:Sumber primer)
Baris 20: Baris 20:


[[en:Source text]]
[[en:Source text]]
[[eo:Teksta fonto]]
[[fi:Tiedonlähde]]
[[fi:Tiedonlähde]]
[[it:Fonte testuale]]
[[it:Fonte testuale]]
[[ja:資料]]
[[pt:Texto fonte]]
[[pt:Texto fonte]]
[[qu:Willay pukyu]]
[[qu:Willay pukyu]]
[[sv:Källmaterial]]
[[zh:原文]]
[[zh:原文]]

Revisi per 26 September 2012 07.39

Naskah sumber atau teks sumber adalah suatu naskah dari mana suatu informasi atau ide diperoleh. Sumbernya biasanya tertulis, tapi kadang lisan. Historiografi membedakan tiga jenis naskah sumber:

  • Sumber primer adalah bukti-bukti tertulis tangan pertama mengenai sejarah yang dibuat pada waktu peristiwa terjadi oleh orang yang ada atau hadir pada peristiwa tersebut. Contohnya adalah catatan harian, korespondensi, dan surat kabar. Jenis ini dapat pula mencakup peninggalan atau naskah yang dibuat setelah kejadian oleh orang yang ada pada peristiwa tersebut. Validitas sumber ini lebih diragukan karena kemungkinan lupa atau kemungkinan adanya keinginan untuk menulis ulang sejarah. Harap dicatat bahwa sumber primer dapat pula berupa bukti-bukti yang tak tertulis seperti temuan arkeologis: gerabah, koin, dinding, dll.
  • Sumber sekunder adalah tulisan mengenai sejarah berdasarkan bukti-bukti dari sumber pertama. Sebagai contoh dalah tulisan pada buku sejarah berdasarkan buku harian atau arsip surat kabar.
  • Sumber tersier adalah kompilasi berdasarkan sumber primer dan sekunder. Jenis ini sering ditujukan untuk menampilkan informasi yang diketahui dengan cara nyaman tanpa klaim mengenai orisinalitasnya. Contoh umum adalah ensiklopedia dan buku teks.

Lihat pula

Pranala luar

  • (Indonesia) Wikisource, proyek Wikimedia yang mengumpulkan, menyunting, dan mengkatalogkan naskah sumber.