Bawang Merah Bawang Putih: Perbedaan revisi

Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
tidak ada ringkasan suntingan
'''Bawang Merah Bawang Putih''' adalah [[dongeng]] populer [[Suku Jawa|Jawa]] [[Kebudayaan Indonesia|Indonesia]] yang berasal dari [[Yogyakarta]]. Kisah ini bercerita mengenai dua orang gadis cantik kakak beradik yang memiliki sifat dan perangai sangat berbeda lagi bertolak belakang, serta mengenai seorang ibu tiri yang tidak adil dan pilih kasih. Dongeng ini memiliki tema dan pesan moral yang hampir sama dengan dongeng [[Cinderella]] dari Eropa.
 
== Jalan cerita ==
--[[Istimewa:Kontribusi pengguna/180.247.113.230|180.247.113.230]] 28 Juli 2012 06.13 (UTC)--[[Istimewa:Kontribusi pengguna/180.247.113.230|180.247.113.230]] 28 Juli 2012 06.13 (UTC)''''Teks miring''''''''Teks tebal''''''''== Jalan cerita ==
Alkisah di sebuah kampung, hiduplah seorang janda yang memiliki dua orang anak gadis yang cantik, '''Bawang Merah''' dan '''Bawang Putih'''. Ayah kandung Bawang Putih telah lama meninggal dunia. Bawang Merah dan Bawang Putih memiliki sifat dan perangai yang sangat berbeda dan bertolak belakang. Bawang Putih adalah gadis sederhana yang rendah hati, tekun, rajin, jujur dan baik hati. Sementara Bawang Merah adalah seorang gadis yang malas, sombong, suka bermewah-mewah, tamak dan pendengki. Sifat buruk Bawang Merah kian menjadi-jadi akibat ibunya selalu memanjakannya. Sang janda selalu memenuhi semua permintaan dan tuntutan Bawang Merah. Selain itu semua pekerjaan di rumah selalu dilimpahkan kepada Bawang Putih. Mulai dari mencuci pakaian, memasak, membersihkan rumah, hampir semua pekerjaan rumah selalu dikerjakan oleh Bawang Putih seorang diri, sementara Bawang Merah dan Ibu Tiri selalu berdandan dan bermalas-malasan. Jika mereka memerlukan sesuatu, tinggal menyuruh-nyuruh Bawang Putih.
 
Pengguna anonim

Menu navigasi