Elis: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
EmausBot (bicara | kontrib)
k r2.7.2+) (bot Menambah: vi:Ilida
EmausBot (bicara | kontrib)
k r2.7.2+) (bot Menambah: be:Эліда
Baris 17: Baris 17:
[[Kategori:Elis kuno| ]]
[[Kategori:Elis kuno| ]]


[[be:Эліда]]
[[bg:Елида]]
[[bg:Елида]]
[[br:Elis]]
[[br:Elis]]

Revisi per 26 Agustus 2012 13.57

Reruntuhan Kuil Zeus di Olympia.

Elis, atau Eleia (Yunani: Ήλιδα Ilida, Yunani kuno: Ἦλις Ēlis; Doria: Ἆλις Alis; Eleia: Ϝαλις Walis, etnonim: Ϝαλειοι) adalah distrik artifak kuno, yang wilayahnya kini termasuk dalam prefektur Illia modern. letaknya di Yunani selatan di semenanjung Peloponnesos, dibatasi di utara oleh Akhaia, di timur berbatasan dengan Arkadia, di selatan dengan Messenia, dan di barat dengan laut Ionia.

Festival Olimpiade pertama diselenggarakan di salah satu kota di Elis, yaitu Olympia, oleh pihak berwenang di Elis pada abad ke-8 SM- tanggal tradisionalnya adalah pada 776 SM. Hellanodikai, juri Olimpiade saat itu, adalah orang-orang Elis.

Nama lokalnya adalah Valis, atau Valeia, yang artinya adalah “tanah rendah”. Bentang alamnya mirip dengan Akhaia dan Arkadia; pegunungannya merupakan bagian dari dataran tinggi Arkadia, dan sungai-sungai utamanya mengalir dari mata air-mata air di Arkadia.

Menurut Strabo,[1] pemukiman pertama di Elis didirikan oleh Oksilos, orang Aitolia yang mendatangi tempat ini. Kotanya dibangun pada 471 SM dan memiliki wewenang atas Olimpiade serta dipercaya sebagai kota suci, sehingga tidak dilindungi oleh dinding pertahanan.

Catatan kaki

  1. ^ Strabo Geografika Buku 8.3.30

Pranala luar