Lompat ke isi

San Siro: Perbedaan antara revisi

990 bita ditambahkan ,  10 tahun yang lalu
tidak ada ringkasan suntingan
Tidak ada ringkasan suntingan
}}
 
[[Berkas:San_Siro_in_background.jpg|jmplthumb|ki|300px220px|Pemandangan kota [[Milan]] dengan San Siro di kejauhan]]
'''Stadion Giuseppe Meazza''' ([[bahasa Italia|nama Italia]]: '''Stadio Giuseppe Meazza''', juga dikenal dengan nama '''San Siro'''), adalah [[stadion]] [[sepak bola]] di [[Milan]], [[Italia]]. Stadion ini adalah kandang bagi dua tim [[Liga Italia]] dari [[Seri A]]: [[A.C. Milan]] dan [[Internazionale]].
 
Stadion Giuseppe Meazza mulai dibangun oleh [[Piero Pirelli]], presiden AC Milan saat itu, pada 1 Agustus 1925 dan selesai pada 15 September 1926 dengan nama ''Nuovo stadio Calcistico San Siro''. Pembangunan tersebut menghabiskan dana sekitar 5 juta [[lira]]. Stadion ini dibuka secara resmi pada tanggal 19 september 1926 dengan pertandingan derby antara AC Milan melawan Inter Milan, yang dimenangkan oleh Inter Milan dengan skor 6 - 3.
Dibangun pada [[1925]] di distrik San Siro di Milan, yang menjadi sumber nama aslinya, di [[1979]] stadion ini diubah namanya secara resmi menjadi "[[Giuseppe Meazza]]" untuk menghormati seorang pemain Inter pada tahun [[1920-an]], namun hingga kini bagi fans AC Milan namanya tetap "San Siro".
 
Pada awalnya Stadion ini adalah Stadion kandang bagi AC Milan, hingga pada tahun 1935 AC Milan mengalami kebangkrutan dan harus menjual stadion tersebut pada Pemerintah kota Milan. Inter Milan kemudian menyewa Stadion ini dari Pemerintah kota Milan pada tahun 1947, sejak saat itu stadion ini digunakan sebagai kandang bagi Inter Milan dan AC Milan. Jauh sebelum menggunakan Stadion Giuseppe Meazza, Inter selalu menggunakan Stadion Arena.
 
Nama Giuseppe Meazza dipilih sebagai nama Stadion pada tahun 1980 untuk menghormati pemain sepak bola legendaris yang membawa Italia menjuarai Piala Dunia 1934 dan 1938, sekaligus mantan pemain Inter dan Milan. Suporter AC Milan lebih suka menggunakan nama "San Siro" untuk menyebut nama stadion ini, karena Giuseppe Meazza lebih identik sebagai ikon Inter Milan walaupun pernah bermain untuk AC Milan.
 
Pada tahun [[1987]] dalam persiapan untuk [[Piala Dunia 1990|Piala Dunia]] pemerintah Italia memberikan dewan kota Milan $30 juta untuk memodernisasikan stadion tersebut, namun akhirnya ongkosnya membengkak dua kali lipat.
Pengguna anonim