Pernyataan Umum tentang Hak-Hak Asasi Manusia: Perbedaan revisi

Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
== Penyusunan ==
Setelah terjadinya berbagai kejahatan kemanusiaan yang dilakukan oleh [[Nazi Jerman]] [[setelah Perang Dunia II]], terdapat sebuah konsensus umum dalam komunitas dunia bahwa [[Piagam PBB]] tidak secara penuh mendefinisikan hak-hak yang disebutkan. Sebuah pernyataan umum yang menjelaskan hak-hak individual diperlukan. [[John Peters Humphrey]] dipanggil oleh [[Sekretariat Jenderal PBB]] untuk bekerja dalam suatu proyek dan menjadi penyusus pernyataan umum tersebut. Humphrey juga dibantu oleh [[Eleanor Roosevelt]] dari [[Amerika Serikat]], [[Jacques Maritain]] dari [[Perancis]], [[Charles Malik]] dari [[Lebanon]], and [[P. C. Chang]] dari [[Republik Cina]], dan lainnya. Proklamasi ini diratifikasi sewaktu Rapat Umum pada tanggal 10 Desember 1948 dengan hasil perhitungan suara 48 menyetujui, 0 keberatan, dan 8 abstain (semuanya adalah blok negara Soviet, Afrika Selatan, dan Arab Saudi).<ref>See [http://www.unac.org/rights/question.html] under "Who are the signatories of the Declaration?"</ref> Walaupun peran penting dimainkan oleh John Humphrey, warga negara Kanada, Pemeritah Kanada pada awalnya abstain dalam perhitungan suara tersebut, namun akhinya menyetujui pernyataan tersebut di Rapat Umum. (Lihat:[http://www.journal.law.mcgill.ca/abs/vol43/2schab.pdf])
 
==Isi Pernyataan Pernyataan Umum tentang Hak-Hak Asasi Manusia ==
''Universal Declaration of Human Rights'' (Isi Pernyataan Pernyataan Umum tentang Hak-Hak Asasi Manusia) antara lain mencantumkan, bahwa setiap orang mempunyai hak :
# Hidup
# Kemerdekaan dan keamanan badan
# Diakui kepribadiannya
# Memperoleh pengakuan yang sama dengan orang lain menurut hukum untuk mendapat jaminan hokum dalam perkara pidana, seperti diperiksa di muka umum, dianggap tidak bersalah kecuali ada bukti yang sah
# Masuk dan keluar wilayah suatu Negara
# Mendapatkan asylum
# Mendapatkan suatu kebangsaan
# Mendapatkan hak milik atas benda
# Bebas mengutarakan pikiran dan perasaan
# Bebas memeluk agama
# Mengeluarkan pendapat
# Berapat dan berkumpul
# Mendapat jaminan sosial
# Mendapatkan pekerjaan
# Berdagang
# Mendapatkan pendidikan
# Turut serta dalam gerakan kebudayaan dalam masyarakat
# Menikmati kesenian dan turut serta dalam kemajuan keilmuan
 
== Sambutan ==
38.767

suntingan

Menu navigasi