Prefektur: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
Tidak ada ringkasan suntingan
Tidak ada ringkasan suntingan
Baris 30: Baris 30:


[[en:Prefecture]]
[[en:Prefecture]]
[[es:Prefectura]]
[[de:Präfektur]]
[[de:Präfektur]]
[[fr:Préfecture]]
[[fr:Préfecture]]

Revisi per 18 Mei 2005 17.05

Prefektur ialah sebuah istilah untuk menyatakan suatu wilayah yang memiliki kekuasaan tersendiri atau wilayah sejak jaman Constantine I. yang membagi Kerajaan Romawi menjadi empat wilayah. Prefektur mirip seperti negara bagian atau kota yang dipimpin oleh pemimpin tunggal.

Makna prefektur di China

Makna lama

Xian

Jika digunakan pada konteks sejarah China, terutama sebelum dinasti Tang, kata "prefektur" digunakan untuk menterjemahkan Xian (县/縣), suatu unit administrasi.

Zhou

Jika digunakan pada konteks sejarah China pada saat atau sesudah dinasti Tang, kata "prefektur" digunakan untuk menterjemahkan Zhou (州).

Makna baru

Di Republik Rakyat China, prefektur (地区; pinyin: dìqū) ialah sebuah pembagian wilayah administrasi tingkat dua dari tingkatan administrasi.

Makna prefektur di Jepang

Di sistem Jepang, kata prefektur digunakan untuk menterjemahkan wilayah administrasi, ken (県), yang kurang lebih seperti sebuah negara bagian.

Makna prefektur di Perancis

Di Perancis, sebuah prefektur ialah sebuah ibukota dari sebuah département. Di Perancis terdapat 100 prefektur.

Makna prefektur di Yunani

Yunani modern, berdasar pada konstitusi 1975, Yunani dibagi menjadi 51 nomoi (Bahasa Yunani: νομοί) yang merupakan bentuk dari pemerintahan lokal. Setiap nomos dipimpin oleh nomarch yang dipilih menggunakan pemilihan suara.

Lihat pula