Bandar Udara Internasional John F. Kennedy: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
EmausBot (bicara | kontrib)
AvocatoBot (bicara | kontrib)
Baris 260: Baris 260:
[[no:John F. Kennedy internasjonale lufthavn]]
[[no:John F. Kennedy internasjonale lufthavn]]
[[pl:Port lotniczy Nowy Jork-JFK]]
[[pl:Port lotniczy Nowy Jork-JFK]]
[[pnb:جان ایف کینیڈی انٹرنیشنل ہوائی اڈہ]]
[[pt:Aeroporto Internacional John F. Kennedy]]
[[pt:Aeroporto Internacional John F. Kennedy]]
[[ru:Международный аэропорт имени Джона Кеннеди]]
[[ru:Международный аэропорт имени Джона Кеннеди]]

Revisi per 17 Mei 2012 19.23

John F. Kennedy International Airport
Bandara Internasional John F. Kennedy
Gambar pada tanggal 8 April 1994
Informasi
JenisPublik
PemilikNew York City[1]
PengelolaPort Authority of New York and New Jersey[1]
MelayaniNew York City
LokasiJamaica, NY
Maskapai penghubung
Ketinggian dpl4 mdpl
Situs web[2]
Peta
FAA airport diagram as of 20 November 2008
FAA airport diagram as of 20 November 2008
JFK di New York City
JFK
JFK
Lokasi di New York City
Landasan pacu
Arah Panjang Permukaan
kaki m
4L/22R 11,351 3,460 Aspal
4R/22L 8,400 2,560 Aspal
13L/31R 10,000 3,048 Aspal
13R/31L 14,572 4,423 Beton
Helipad
Nomor Panjang Permukaan
kaki m
H1 60 18 Aspal
H2 60 18 Aspal
H3 60 18 Aspal
H4 60 18 Aspal
Statistik (2010)
Pergerakan pesawats (ACI)[3]399,626
Jumlah penumpang (ACI)[3]46,514,154

|}

Bandara Internasional John F. Kennedy (IATA: JFK, ICAO: EWR) adalah bandara internasional yang terletak di Jamaica, Queens kota New York, negara bagian New York, Amerika Serikat.

Bandara ini merupakan salah satu gerbang masuk ke Amerika Serikat dan merupakan penghubung utama JetBlue Airways yang terletak di Terminal 6. JFK juga dipakai sebagai penghubung kedua American Airlines yang terletak di Terminal 8 dan 9. Delta Air Lines memakai bandara ini sebagai penghubung keempat terbesar mereka di Terminal 2 dan 3. British Airways memakai bandara ini sebagai penghubung kota London dengan frekuensi penerbangan 8 kali sehari dan United Airways memakainya dengan frekuensi penerbangan 16 kali sehari.

Bandara ini dioperasikan oleh Port Authority of New York and New Jersey. Port Authority of New York and New Jersey juga mengoperasikan Bandara Internasional Newark Liberty, Bandara LaGuardia, dan Bandara Teterboro.

Sejarah

Konstruksi JFK dimulai pada tahun 1942. Hanya dengan 1000 area bandara ini mulai dibuat. Bandara ini dibuat di atas lapangan gold Idlewild, karena itu akhirnya bandar ini diberi nama Bandara Idlewild.

Penerbangan komersial pertama dimulai pada tanggal 1 Juli 1948. Nama bandara ini diubah menjadi Bandara Internasional New York pada tanggal 31 Juli 1948, tetapi masih dengan kode IATA yang sama seperti sebelumnya, yaitu IDL.

Dengan semakin berkembangnya penerbangan, bandara ini pun ikut berkembang. 4000 are dan 8 terminal ditambahkan untuk memperluas bandara ini. Bandara ini sempat menjadi penghubung banyak perusahaan penerbangan, seperti Pan American World Airways, TWA, dan Eastern Air Lines.

Pada tahun 1957 dibuka Bangunan Kedatangan Internasional (International Arrivals Building)> Kedelapan terminal lainnya dibuat dari tahun 1958 sampai 1971.

Pan Am Worldport, yang sekarang dikenal dengan Terminal 3, dibuka pada tahun 1962. Terminal ini merupakan terminal yang memperkenalkan sebuah jembatan khusus yang menghubungkan terminal dengan pesawat terbang, sehingga penumpang tidak perlu untuk menaiki tangga lagi.

TWA Flight Center, yang sekarang dikenal dengan Terminal 5, juga dibuka pada tahun 1962. Terminal ini didesain oleh Eero Saarinen. Dengan berhentinya Trans World Airlines dari kegiatan operasional, maka terminal ini ditutup. JetBlue Airways telah mengumumkan untuk menyimpan terminal ini sebagai konstruksi ulang Terminal 5 Baru (New Terminal 5).

Untuk mengingat peristiwas pembunuhan presiden John F. Kennedy, bandara ini diberi nama Bandara Internasional John F. Kennedy pada tahun 1963. IATA memberi kode baru pada bandara ini, yaitu JFK. Kode ini menjadi terkenal di seluruh New York dan bandara ini lebih dikenal dengan sebutan JFK.

Pada 1970-an, Terminal 3 dan 5 dimodifikasi agar dapat menampung Boeing 747. Pada tahun 1988, AirTrain JFK dibangun. Kereta cepat tersebut menghubungkan setiap terminal dengan sistem kereta bawah tanah kota New York, kereta komuter Howard Beach, dan Jamaica, Queens.

Terminal 4 dibuka untuk menggantikan Bangunan Kedatangan Internasional pada tahun 2001. Proyek tersebut menghabiskan $1.4 milyar. Terminal-terminal lain juga mulai dibangun ulang, seperti Terminal 1 (selesai pada tahun 1998), Terminal 7 (renovasi gedung pada tahun 1991 dan 2003), dan Terminal 8 dan 9 (segera akan dirobohkan dan dibangun ulang).

JFK merupakan salah satu bandara di Amerika Serikat yang ditutup sementara setelah serangan 11 September 2001.

Terminal, Maskapai Penerbangan , dan Tujuan

Dua pasang landasan pacu paralel, empat semuanya, mengelilingi terminal bandara. Landasan pacu 13R-31L merupakan kedua yang terpanjang di Amerika Utara, dengan panjang 4441 meter.

MaskapaiTujuanTerminal(s)
Aer Lingus Dublin
Seasonal: Shannon
4
Aeroflot Moscow-Sheremetyevo 1
Aerogal Guayaquil 4
Aeroméxico Mexico City
Seasonal: Cancun [resumes July 2, 2012]
1
Aerosvit Airlines Kiev-Boryspil 4
Air Berlin Berlin-Brandenburg [begins June 3, 2012], Berlin-Tegel [ends June 2, 2012], Düsseldorf 8
Toronto-Pearson [begins May 3, 2012][5] 7
Air China Beijing-Capital 1
Air Europa Seasonal: Madrid 4
Air France Paris-Charles de Gaulle 1
Air India Delhi 4
Alitalia Milan-Malpensa, Rome-Fiumicino 1
All Nippon Airways Tokyo-Narita 7
American Airlines Antigua, Barbados, Barcelona, Bermuda, Boston, Brussels, Buenos Aires-Ezeiza, Cancún, Caracas, Chicago-O'Hare, Dallas/Fort Worth, Fort Lauderdale, Havana(Charter), Las Vegas, London-Heathrow, Los Angeles, Madrid, Manchester (UK), Miami, Milan-Malpensa, Orlando, Paris-Charles de Gaulle, Port-au-Prince, Providenciales, Punta Cana, Rio de Janeiro-Galeão, St. Kitts, St. Maarten, St. Thomas, San Diego, San Francisco, San Juan, Santiago de los Caballeros, Santo Domingo-Las Américas, São Paulo-Guarulhos, Seattle/Tacoma, Tampa, Tokyo-Haneda [resumes June 1, 2012], Tokyo-Narita [ends May 31, 2012], Zürich
Seasonal: Austin, Eagle/Vail, Rome-Fiumicino, San José (CR)
8
American Eagle Baltimore, Cincinnati/Northern Kentucky, Cleveland, Columbus (OH), Halifax [ends April 2, 2012], Indianapolis, Montréal-Trudeau, Nashville, Norfolk, Pittsburgh, Raleigh/Durham, Toronto-Pearson, Washington-National 8
Arik Air Lagos 4
Asiana Airlines Seoul-Incheon 4
Austrian Airlines Vienna 1
Avianca Bogotá, Medellín-Córdova [resumes June 1, 2012] 4
British Airways London-City, London-Heathrow 7
Brussels Airlines Brussels [begins June 1, 2012][6] 1
Caribbean Airlines Antigua, Grenada, Georgetown, Kingston, Montego Bay, Port of Spain, Tobago 4
Cathay Pacific Hong Kong, Vancouver 7
Cayman Airways Grand Cayman 1
China Airlines Osaka-Kansai, Taipei-Taoyuan 1
China Eastern Airlines Shanghai-Pudong 1
Copa Airlines Panama City 4
Delta Air Lines Abuja, Accra, Amsterdam, Antigua, Aruba, Athens, Atlanta, Austin [begins June 7, 2012], Barcelona, Bogotá, Boston, Brussels, Cincinnati/Northern Kentucky [resumes April 10, 2012], Dakar, Denver, Detroit, Dublin, Fort Lauderdale, Frankfurt, Georgetown, Grand Cayman, Grenada, Istanbul-Atatürk, Las Vegas, London-Heathrow, Los Angeles, Madrid, Mexico City, Miami, Milan-Malpensa, Minneapolis/St. Paul, Montego Bay, Moscow-Sheremetyevo, Orlando, Paris-Charles de Gaulle, Phoenix, Pittsburgh, Port-au-Prince, Portland (OR), Prague, Puerto Vallarta, St. Thomas, Salt Lake City, San Antonio, San Diego, San Francisco, San Juan, Santiago de los Caballeros, Santo Domingo-Las Américas, São Paulo-Guarulhos, Seattle/Tacoma, Tampa, Tel Aviv-Ben Gurion, Tokyo-Narita, Venice-Marco Polo
Seasonal: Copenhagen, Málaga, Nice, Pisa, Punta Cana, Reykjavík-Keflavík, Rome-Fiumicino, Shannon, Stockholm-Arlanda, Valencia, Zürich
2,3,4
Buffalo, Charlotte, Cleveland, Columbus (OH), Dayton [begins June 7, 2012], Louisville [begins July 11, 2012], Norfolk, Pittsburgh, Raleigh/Durham, Richmond, Rochester (NY), Syracuse, Washington-Dulles 2
  • Delta Connection
  • operated by Comair
Baltimore ,Boston, Burlington (VT), Chicago-O'Hare, Cincinnati/Northern Kentucky, Houston-Hobby, Nashville, Pittsburgh, Richmond, St. Louis, Washington-National
Seasonal: Charlottetown, Nantucket
2
Rochester (NY) [begins March 25, 2012] 2
Albany[Ends March 24, 2012] , Baltimore, Boston, Buffalo, Burlington (VT)[Ends March 24, 2012], Charlotte, Chicago-O'Hare, Cleveland, Columbus (OH), Dallas/Fort Worth, Detroit, Halifax, Indianapolis, Jacksonville (FL) [begins June 7, 2012], Kansas City (MO) [begins June 7, 2012], Milwaukee [begins June 7, 2012], Minneapolis/St. Paul, Montréal-Trudeau, New Orleans [begins June 7, 2012], Norfolk, Philadelphia, Pittsburgh, Richmond, Rochester (NY), Syracuse, Toronto-Pearson, Washington-Dulles, Washington-National
Seasonal: Martha's Vineyard
2
EgyptAir Cairo 4
El Al Tel Aviv-Ben Gurion 4
Emirates Dubai 4
Etihad Airways Abu Dhabi 4
EVA Air Taipei-Taoyuan1 1
Finnair Helsinki 8
Hawaiian Airlines Honolulu [begins June 5, 2012][7] 5
Iberia Madrid 7
Icelandair Reykjavík-Keflavík 7
Japan Airlines Tokyo-Narita 1
Jet Airways Brussels, Chennai 8
JetBlue Airways Aguadilla, Aruba, Austin, Barbados, Bermuda, Boston, Buffalo, Burbank, Burlington (VT), Cancún, Charlotte, Chicago-O'Hare, Denver, Fort Lauderdale, Fort Myers, Houston-Hobby, Jacksonville (FL), Kingston, La Romana, Las Vegas, Liberia, Long Beach, Los Angeles, Montego Bay, Nassau, New Orleans, Oakland, Orlando, Phoenix, Pittsburgh, Ponce, Portland (ME), Portland (OR), Providenciales, Puerto Plata, Punta Cana, Raleigh/Durham, Rochester (NY), Sacramento, St. Lucia, St. Maarten, Salt Lake City, San Diego, San Francisco, San Jose (CA), San Juan, Santiago de los Caballeros, Santo Domingo, Sarasota, Seattle/Tacoma, Syracuse, Tampa, Washington-Dulles, West Palm Beach
Seasonal: Martha's Vineyard, Nantucket
5
KLM Amsterdam 4
Korean Air Seoul-Incheon 1
Kuwait Airways Kuwait, London-Heathrow 4
LAN Airlines Lima, Santiago de Chile 8
LAN Ecuador Guayaquil 8
LAN Perú Lima [begins September 21, 2012] 8
LOT Polish Airlines Warsaw-Chopin 4
Lufthansa Frankfurt, Munich 1
Meridiana Fly Seasonal: Naples, Palermo 1
Pakistan International Airlines Karachi, Lahore 4
Qantas Sydney1 7
Qatar Airways Doha 8
Royal Air Maroc Casablanca 1
Royal Jordanian Amman-Queen Alia 8
Saudi Arabian Airlines Jeddah, Riyadh 1
Singapore Airlines Frankfurt, Singapore 4
Sky King, Inc. Havana 7
South African Airways Johannesburg 4
Sun Country Airlines Minneapolis/St. Paul 4
Swiss International Air Lines Geneva, Zürich 4
TACA Airlines San Salvador, San Pedro Sula 4
  • TACA Airlines
  • operated by Lacsa
San José (CR) 4
TAM Airlines Rio de Janeiro-Galeão, São Paulo-Guarulhos 4
Transaero AirlinesMoscow-Domodedovo 4
Turkish Airlines Istanbul-Atatürk 1
United Airlines Los Angeles, San Francisco 7
Washington-Dulles 7
US Airways Charlotte, Phoenix 7
Uzbekistan Airways Riga, Tashkent 4
Virgin America Las Vegas, Los Angeles, San Francisco 4
Virgin Atlantic Airways London-Heathrow 4
XL Airways France Seasonal: Paris-Charles de Gaulle 4

Tujuan dan Penerbangan Baru

Kargo

JFK mempunyai terminal kargo yang didedikasikan untuk Continental Airlines, Emirates SkyCargo, Evergreen International Airlines, EVA Air, Fed Ex, Japan Airlines, Korean Air, Nippon Cargo Airlines, Northwest Airlines, United Airlines, dan UPS.

Transportasi Darat

Lokasi JFK (1), LaGuardia (2) dan Newark (3).

Kereta

JFK dihubungkan dengan kereta bawah tanah New York dan kereta komuter oleh AirTrain JFK. AirTrain berhenti di setiap terminal, persewaan mobil, dan dua stasiun kereta bawah tanah. Tarif:

  • Gratis dalam bandara
  • $5 untuk mencapai stasiun kereta bawah tanah

Bus

Berbagai bus menghubungkan kereta bawah tanah New York dan Jalur Kereta Long Island, dengan transfer gratis yang disediakan untuk koneksi kereta bawah tanah.


Taksi

Taksi kuning kota New York ini dioperasikan oleh New York Taxi & Limousine Commission. Tarif tetap sebesar $45 (tahun 2005) digunakan sebagai patokan dari JFK ke Manhattan, tidak termasuk tip dan top. Tarif tersebut hanya berfungsi pada perjalanan JFK-Manhattan. Perjalanan Manhattan-JFK menggunakan tarif meteran.

Helikopter

Transportasi helikopter oleh U.S. Helicopter juga disediakan ($159 untuk JFK-Manhattan). Perjalanan memakan waktu kurang dari 10 menit dan tersedia setiap jam.

Lihat pula

Pranala luar

  • [1]-JFK (situs ofisial)

Referensi

  1. ^ a b Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama panynj_pr
  2. ^ "John F. Kennedy International Airport". Panynj.gov. Diakses tanggal 2010-03-11. 
  3. ^ a b Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama ACI
  4. ^ FAA Airport Master Record untuk JFK (Form 5010 PDF). Federal Aviation Administration. August 27, 2009.
  5. ^ http://aircanada.mediaroom.com/index.php?s=43&item=505
  6. ^ http://atwonline.com/airports-routes/news/brussels-airlines-begins-service-us-0105
  7. ^ http://investor.hawaiianairlines.com/phoenix.zhtml?c=82818&p=irol-newsArticle&ID=1630932&highlight=

Templat:Link GA