Sekolah Tinggi Theologia Abdiel: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
Tidak ada ringkasan suntingan
Agus Santoso (bicara | kontrib)
Tidak ada ringkasan suntingan
Baris 10: Baris 10:
|-
|-
| style="background-color:#888888; color:#FFFFFF" | '''Tahun didirikan'''
| style="background-color:#888888; color:#FFFFFF" | '''Tahun didirikan'''
| style="background-color:#efefef" | [[1966]]
| style="background-color:#efefef" | [[1967]]
|-
|-
| style="background-color:#888888; color:#FFFFFF" | '''Tempat'''
| style="background-color:#888888; color:#FFFFFF" | '''Tempat'''
Baris 31: Baris 31:
'''Sekolah Tinggi Theologia Abdiel''' ('''STT [[Abdiel]]''') adalah [[perguruan tinggi]] [[teologi]] yang terletak di [[Ungaran]], [[Indonesia]].
'''Sekolah Tinggi Theologia Abdiel''' ('''STT [[Abdiel]]''') adalah [[perguruan tinggi]] [[teologi]] yang terletak di [[Ungaran]], [[Indonesia]].
<!--Jl. Diponegoro 233 Ungaran 50512.-->
<!--Jl. Diponegoro 233 Ungaran 50512.-->



==Sejarah Singkat==
==Sejarah Singkat==

Revisi per 26 Januari 2007 17.24

Sekolah Tinggi Theologia Abdiel
Lambang STT Abdiel
Data-data
Semboyan Pengetahuan dan Kuasa
Tahun didirikan 1967
Tempat Ungaran - Jawa Tengah - Indonesia)
Tipe Sekolah Tinggi Teologi
Jurusan 3
Ketua Drs. Slamet Santoso,M.Th.
Alamat Jl. Diponegoro 233 Ungaran 50512
Situs resmi abdiel.1.am


Sekolah Tinggi Theologia Abdiel (STT Abdiel) adalah perguruan tinggi teologi yang terletak di Ungaran, Indonesia.

Sejarah Singkat

Sekolah Tinggi Theologia (STT) ABDIEL adalah sebuah institusi pendidikan teologi milik Sinode Gereja Isa Almasih (GIA) yang didirikan pada tanggal 16 Januari 1967.

Pada awalnya institusi ini bernama Lembaga Pendidikan Theologia (LPTh) ABDIEL. Yang menjadi tujuan awal didirikannya LPTh ABDIEL adalah untuk memenuhi kebutuhan tersedianya rohaniwan-rohaniwan gereja. Institusi ini merupakan sebuah lembaga pendidikan teologi non-gelar dan berlokasi di kompleks GIA Pringgading 13 Semarang. Pada tanggal 17 Juli 1971 LPTh ABDIEL tercatat pada Departemen Agama c.q. Direktorat Jendral Bimbingan Masyarakat (Kristen) Protestan dengan nomor Dd/P/VII/46/561/71. Seiring dengan perkembangan kebutuhan dan pelayanan, maka pada tahun 1974 LPTh ABDIEL pindah lokasi ke Ungaran dengan menempati lahan seluas 13.327 m2.

Pada tahun 1986 status LPTh ABDIEL ditingkatkan menjadi Institut Theologia ABDIEL (ITA) yang merupakan sebuah institusi pendidikan teologi dengan program gelar B.Th. Dan pada tahun 1991 sekali lagi terjadi perubahan nama dari ITA menjadi STT ABDIEL. Pada saat itulah mulai diadakan program gelar S.Th. (S1). Pada tanggal 16 Januari 1991 STT ABDIEL memperoleh status TERDAFTAR berdasarkan Surat Keputusan Direktorat Jendral Bimbingan Masyarakat (Kristen) Protestan Departemen Agama Republik Indonesia.

Pada tahun 1991 dalam program S1 dibuka dua jurusan baru, yaitu Jurusan Pendidikan Agama Kristen (PAK) dan Jurusan Musik Gereja. Dengan demikian program S1 STT ABDIEL telah memiliki tiga jurusan, yaitu Jurusan Teologi, Jurusan PAK dan jurusan Musik Gereja. Selain program gelar S1, pada tahun 2000 juga telah dibuka program Diploma Teologi dan program S2 (M.Th.) Misiologi.

Pada tanggal 17 Mei 2005 program S1 Jurusan Teologi, PAK dan Musik Gereja telah memperoleh status DIAKUI berdasarkan Surat Keputusan Direktorat Jendral Bimbingan Masyarakat (Kristen) Protestan Departemen Agama Republik Indonesia dengan nomor DJ.III/Kep/HK00.5/110/1359/2005.

Status Akademis

Berdasarkan penilaian Tim Akreditasi Departemen Agama Republik Indonesia tahun 2005, maka secara resmi pada pada tanggal 17 Mei 2005 STT Abdiel ditetapkan mendapat status ‘DIAKUI’ , berdasarkan Surat Keputusan Direktorat Jendral Bimbingan Masyarakat (Kristen) Protestan Departemen Agama Republik Indonesia nomor DJ.III/Kep/HK00.5/110/1359/2005.

Dalam hubungannya dengan sekolah-sekolah Teologia yang ada di seluruh Indonesia ini, STT “Abdiel” juga merupakan anggota dari PASTI yaitu Persekutuan Antar Sekolah Teologia Injili dan PERSETIA (Perhimpunan Sekolah Teologi di Indonesia).

Program Pendidikan

Untuk menjawab tantangan jaman dengan segala kompleksitasnya, STT Abdiel menyelenggarakan beberapa Program Pendidikan sbb:

1. Program Diploma Teologi atau D2

Program ini memberikan penekanan pada pembentukan keahlian professional sebagai hamba Tuhan yang siap melayani baik di desa maupun pedalaman luar jawa. Bahkan telah menghasilkan lulusan-lulusan yang telah terjun ke medan pelayanan, memimpin jemaat ataupun merintis jemaat sampai ke luar jawa. Program ini diselenggarakan selama 3 tahun yaitu, 2 tahun masa pendidikan di kampus dan 1 tahun masa pendidikan di lapangan/ praktek lapangan. Program ini menerima calon siswa minimal lulus dari SLTP/ SMP atau yang sederajat.

2. Program Sarjana (S1) Teologia yang terdiri dari 3 buah jurusan, yaitu:

  • Jurusan Teologi/ Kependetaan
  • Pendidikan Agama Kristen dan
  • Musik Gereja.

Untuk menjawab kebutuhan Gereja masa kini STT Abdiel membuka program Akademik ini dengan 3 jurusan, yaitu Teologi, Pendidikan Agama Kristen dan Musik Gereja. Program ini telah menghasilkan banyak lulusan yang telah melayani/terjun di medan pelayanan di seluruh penjuru Indonesia, bahkan sampai ke luar negeri seperti USA, Korea, Australia, Jerman, dan Austria. Program ini dibuka bagi mereka yang telah menyelesaikan jenjang pendidikan SLTA/SMA/SMU atau yang sederajat.

3. Program S2 Magister Teologi jurusan Misiologi.

Program ini bertujuan untuk memperlengkapi dan memperdalam pemahaman pada bidang teologi secara khususnya misiologi. Program ini dibuka bagi mereka yang telah menyelesaikan pendidikan S1 Teologi atau S1 Umum yang bersedia mengikuti matrikulasi yang diselenggarakan oleh STT ABDIEL.

Lihat pula

Gereja Isa Almasih

Pranala Luar

Home page STT Abdiel: [http://Abdiel.1.am] atau [http://abdiel.2.ag]