Japan Railways: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
Amirobot (bicara | kontrib)
k bot Menambah: fa:جی‌آر
Luckas-bot (bicara | kontrib)
k r2.7.1) (bot Menambah: he:ג'פאן ריילוויז
Baris 32: Baris 32:
[[fi:Japan Railways]]
[[fi:Japan Railways]]
[[fr:Japan Railways]]
[[fr:Japan Railways]]
[[he:ג'פאן ריילוויז]]
[[it:Japan Railways Group]]
[[it:Japan Railways Group]]
[[ja:JR]]
[[ja:JR]]

Revisi per 1 Mei 2012 14.44

Logo JR

Japan Railways—biasa disingkat JR (JR, Jeiāru)—adalah sekelompok perusahaan yang sejak 1 April 1987 mengambil alih sebagian besar aset dan usaha perusahaan kereta api Jepang Japanese National Railways. JR merupakan operator kereta kecepatan tinggi Shinkansen dan sejumlah besar jasa perkeretaapian antarkota.

Japanese National Railways yang merupakan BUMN terpaksa dipecah karena terlilit utang. Sembilan perusahaan yang dikelompokkan dalam grup Japan Railways masing-masing merupakan perusahaan independen, namun jaringan perkeretaapian masih digunakan bersama oleh seluruh anggota grup. Dari sembilan perusahaan tersebut, tujuh merupakan operator jasa perkeretaapian dan dua lainnya adalah perusahaan riset dan teknologi. Salah satu dari tujuh operator jasa perkeretaapian tersebut merupakan perusahan kargo, sedangkan enam perusahaan sisanya dibagi berdasarkan wilayah yang dilayani.

Tiga perusahaan dalam grup JR—JR East, JR Central, JR West—telah masuk bursa. Perusahaan lainnya masih dimiliki Badan Pembangunan, Transportasi, dan Teknologi Jalur Kereta Api Jepang (JRTT), yang merupakan lembaga independen milik pemerintah.

Daftar perusahaan dalam grup JR

Pranala luar