Karotena: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
Roscoe x (bicara | kontrib)
k typo
k terjemahkan beberapa istilah :)
Baris 1: Baris 1:
[[Image:CarrotDiversityLg.jpg|thumb|right|250px|'''Carotene''' is responsible for the orange colour of the [[carrot]]s and many other fruits and vegetables.]]
[[Image:CarrotDiversityLg.jpg|thumb|right|250px|'''Karoten''' memberikan warna oranye pada [[wortel]] dan berbagai buah-buahan serta sayuran lain.]]


Istilah '''karoten''' digunakan untuk menunjuk ke beberapa zat yang berhubungan yang memiliki formula C<sub>40</sub>H<sub>56</sub>. Karoten adalah [[pigmen fotosintesis]] berwarna [[oranye]] yang penting untuk [[fotosintesis]]. Zat ini membentuk warna oranye dalam [[wortel]] dan banyak buah dan sayur lainnya. Dia berperan dalam fotosintesis dengan menyalurkan energi cahaya yang dia serap ke [[klorofil]].
Istilah '''karoten''' digunakan untuk menunjuk ke beberapa zat yang berhubungan yang memiliki formula C<sub>40</sub>H<sub>56</sub>. Karoten adalah [[pigmen fotosintesis]] berwarna [[oranye]] yang penting untuk [[fotosintesis]]. Zat ini membentuk warna oranye dalam [[wortel]] dan banyak buah dan sayur lainnya. Dia berperan dalam fotosintesis dengan menyalurkan energi cahaya yang dia serap ke [[klorofil]].


Secara kimia, karoten adalah [[terpene]], disintesis secara biokimia dari delapan satuan [[isoprene]]. Dia ada dalam dua bentuk utama yang diberi karakter Yunani: alpha-karoten (α-carotene) dan beta-karoten (β-carotene). Gamma, delta, dan epsilon (γ, δ and ε-carotene) juga ada. Beta-karoten terdiri dari dua grup [[retinyl]], dan dipecah dalam [[mucosa]] dari ''[[intestine kecil]]'' oleh [[beta-karoten dioxygenase]] menjadi [[retinol]], sebuah bentuk dari [[vitamin A]]]. Karoten dapat disimpan dalam ''[[liver]]'' dan diubah menjadi vitamin A sesuai kebutuhan, dan membuatnya menjadi [[provitamin]].
Secara kimia, karoten adalah [[terpena]], disintesis secara biokimia dari delapan satuan [[isoprena]]. Dia ada dalam dua bentuk utama yang diberi karakter Yunani: alfa-karoten (α-karoten) dan beta-karoten (β-karoten). Gamma, delta, dan epsilon (γ, δ dan ε-karoten) juga ada. Beta-karoten terdiri dari dua grup [[retinil]], dan dipecah dalam [[mukosa]] dari [[usus kecil]] oleh [[beta-karoten dioksigenase]] menjadi [[retinol]], sebuah bentuk dari [[vitamin A]]]. Karoten dapat disimpan dalam [[hati]] dan diubah menjadi vitamin A sesuai kebutuhan, dan membuatnya menjadi [[provitamin]].


== Pranala luar ==
== Pranala luar ==
*[http://www.chm.bris.ac.uk/motm/carotene/beta-carotene_home.html Beta-carotene website by Martha Evens, School of Chemistry, University of Bristol]
*[http://www.berkeleywellness.com/html/ds/dsBetaCarotene.php Berkeley Wellness Guide to Dietary Supplements]
*[http://www.umm.edu/altmed/ConsSupplements/BetaCarotenecs.html Beta-carotene on University of Maryland]


* {{en}} [http://www.chm.bris.ac.uk/motm/carotene/beta-carotene_home.html Beta-carotene website by Martha Evens, School of Chemistry, University of Bristol]
[[Category:Vitamin]]
* {{en}} [http://www.berkeleywellness.com/html/ds/dsBetaCarotene.php Berkeley Wellness Guide to Dietary Supplements]
[[Category:Pewarna makanan]]
* {{en}} [http://www.umm.edu/altmed/ConsSupplements/BetaCarotenecs.html Beta-carotene on University of Maryland]
[[Category:Karotenoid]]

[[Kategori:Vitamin]]
[[Kategori:Pewarna makanan]]
[[Kategori:Karotenoid]]


[[ar:كاروتين]]
[[ar:كاروتين]]

Revisi per 20 Januari 2007 07.55

Karoten memberikan warna oranye pada wortel dan berbagai buah-buahan serta sayuran lain.

Istilah karoten digunakan untuk menunjuk ke beberapa zat yang berhubungan yang memiliki formula C40H56. Karoten adalah pigmen fotosintesis berwarna oranye yang penting untuk fotosintesis. Zat ini membentuk warna oranye dalam wortel dan banyak buah dan sayur lainnya. Dia berperan dalam fotosintesis dengan menyalurkan energi cahaya yang dia serap ke klorofil.

Secara kimia, karoten adalah terpena, disintesis secara biokimia dari delapan satuan isoprena. Dia ada dalam dua bentuk utama yang diberi karakter Yunani: alfa-karoten (α-karoten) dan beta-karoten (β-karoten). Gamma, delta, dan epsilon (γ, δ dan ε-karoten) juga ada. Beta-karoten terdiri dari dua grup retinil, dan dipecah dalam mukosa dari usus kecil oleh beta-karoten dioksigenase menjadi retinol, sebuah bentuk dari vitamin A]. Karoten dapat disimpan dalam hati dan diubah menjadi vitamin A sesuai kebutuhan, dan membuatnya menjadi provitamin.

Pranala luar